Viral Video Pasien Bermain Biola saat Operasi Otak

  • Whatsapp

Megaluh.com – Buat kalian pecinta musik, pasti ada hasrat yang menggebu-gebu saat melihat orang bermain musik.

Read More

Tapi pernah nggak sih terpikirkan melihat seorang pasien menjalani operasi otak dalam keadaan sadar, bahkan sambil bermain musik.

Inilah yang dialami oleh Rodger Frisch, pemain biola profesional di Minnesota Orchestra selama lebih dari 40 tahun. Ia memainkan biola saat operasi otak dan dalam keadaan sadar pada 2010.

Video yang memperlihatkan Rodger Frisch bermain biola saat operasi otak pun sempat viral beberapa waktu lalu.

Pada awalnya di 2009, Rodger menyadari tangannya bergetar beberapa kali. Akibat getaran ini sebagai pemain biola permainannya sangatlah menganggu, sehingga Rodger tidak lagi bisa memainkan biola. Setelah diperiksa oleh dokter, ternyata Rodger didiagnosis menderita kelainan saraf.

Lalu dokter pun memberitahunya untuk diberikan stimulasi otak bagian dalam, yang dilakukan dalam prosedur bedah saraf yang menempatkan neurostimulator untuk menyembuhkan gangguan pergerakan seperti tremor, parkison, distonia melalui elektroda implan.

Operasi pun dilakukan di Laboratorium Teknik Saraf Mayo Clinic si AS.

Tantangan terbesar para ahli bedah saraf adalah menemukan saraf otak yang menyebabkan tremor ringan yang ternyata lebih sulit untuk ditemukan.

Akhirnya, para ahli bedah ini pun menilai Frisch haruslah sadar dan memainkan biola untuk membantu dokter menemukan saraf yang bermasalah, hingga dokter menemukan getaran di otaknya.

Kesadaran saat operasi Frisch disebut berbeda bukan sadar seutuhnya dan tanpa rasa sakit.

Akselerometer tiga sumbu pun dipasang pada tangan yang mengesek biola, untuk membantu dokter memantau otak Frisch secara real time.

Setelah elektroda dimasukkan, para dokter kemudian memantau tremor dan melakukan hal-hal yang diperlukan.

Operasi pun berjalan sukses dan berhasil, kini Frisch bisa kembali menggesekkan biolanya dengan lancar dan tanpa kendala.

Namun sebelum bermain, ia akan lebih dulu menyalakan alat pancu jantung dengan bantuan pengontrol yang disediakan dokter.


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Komentar