Video Gerakan Yoga untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

  • Whatsapp
Video Gerakan Yoga untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh
Megaluh.com – Tak hanya menjaga pola makan sehat dengan gizi seimbang, serta menjauhkan diri dari kebiasaan buruk, latihan fisik seperti yoga ternyata juga bisa menjaga sekaligus membantu imunitas tubuh.

Seperti diketahui, imunitas tubuh memang sangat penting dilakukan untuk mencegah risiko berbagai penyakit, termasuk virus Corona atau Covid-19 yang hingga kini jadi pandemi.

Read More

Instruktur yoga Christ Setiadarma mengatakan yoga dan meditasi memang dapat meningkatkan imunitas tubuh, karena kemampuannya melepas ketegangan yang ada di dalam pikiran.

“Ini membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks dan terhindar dari stres. Hal tersebut, pada akhirnya membuat tubuh bekerja lebih optimal dan melepaskan hormon-hormon baik yang dapat meningkatkan imunitas,” jelas Christ yang juga pemilik First Yoga Studio pada Suara.com, beberapa waktu lalu.

Baca Juga:
Coba Yoga, Dapat Bantu Atasi Krisis Kesehatan Mental Saat di Rumah Aja

Lebih lanjut, dia mengatakan jika ada beberapa gerakan pada yoga yang dapat meningkatkan imunitas, seperti twisting (ardha matsyendrasana) dan uttanasana (melipat badan ke bawah atau mencium lutut).

Instruktur yoga Christ Setiadarma melakukan gerakan yoga yang bermanfaat untuk menjaga sekaligus meningkatkan imunitas tubuh. (Screenshot YouTube First Yoga Studio)

Dua gerakan ini membantu melancarkan aliran darah dan memperbaiki sistem pencernaan.

Chris mengatakan di sistem pencernaan terkadang banyak terdapat racun yang berbahaya bagi tubuh atau imunitas tubuh.Nah, racun atau toksin ini harus dikeluarkan, salah satunya lewat yoga.

Baca Juga:
Yoga Setiap Hari, 7 Hal Ini Akan Terjadi pada Tubuh Anda

“Apalagi dengan gerakan yoga ditambah dengan pranayama (pernafasan), maka ini akan lebih membantu melepas toksin dari dalam tubuh,” ungkap dia.

Anda yang tertarik yoga untuk menjaga imunitas tubuh, sebelum melakukannya, perlu melakukan persiapan, yakni menyiapkan alas atau matras untuk berlatih, ruangan yang cukup agar leluasa bergerak, gunakan baju yang nyaman.

Kolase Instruktur yoga Christ Setiadarma melakukan gerakan yoga yang bermanfaat untuk menjaga sekaligus meningkatkan imunitas tubuh. (Screenshot YouTube First Yoga Studio)
Kolase Instruktur yoga Christ Setiadarma melakukan gerakan yoga yang bermanfaat untuk menjaga sekaligus meningkatkan imunitas tubuh. (Screenshot YouTube First Yoga Studio)

Tak hanya itu, Anda juga disarankan untuk makan sejam sebelum berlatih dan usahakan tubuh dalam keadaan bersih atau mandi agar terasa lebih nyaman.

“Biasanya di dalam satu sesi kelas yoga akan terdiri dari pemanasan, latihan inti dan pendinginan. Gerakan pemanasan bertujuan untuk mempersiapkan otot dan sendi untuk berlatih dan gerakan pendinginan lebih bersifat untuk menenangkan dan membawa nafas detak jantung untuk kembali netral,” jelas Christ merinci.

Gerakan yoga ini bisa dilakukan setiap hari atau 2 sampai 3 kali dalam seminggu dengan durasi sekitar 30-60 menit setiap kali latihan.

“Untuk waktunya sendiri, hal ini dapat disesuaikan dengan jenis latihan yang kamu pilih. Misalnya, jika melakukan pada pagi hari, biasanya gerakannya akan lebih diarahkan untuk menaikkan mood, uplifting, dan energize. Kalau malam hari biasanya akan lebih menenangkan dan merilekskan untuk mengembalikan tenaga setelah seharian beraktivitas,” tutup Chris.


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Komentar