Toleransi Tingkat Dewa, Polisi Kristen Galang Dana Miliaran Bangun Masjid Megah

  • Whatsapp
Toleransi Tingkat Dewa, Polisi Kristen Galang Dana Miliaran Bangun Masjid Megah
IDTODAY.CO – Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Pahae Jae-Polres Taput, Bripka Pol Junior Hutabarat patut dijadikan teladan dalam hal toleransi beragama. Sebagai seorang penganut agam Kristen, Junior Hutabarat “sempat-sempatnya” kepikiran untuk membangun masjid yang jelas-jelas tempat ibadah umat Islam.

Bripka Junior Hutabarat bahkan rela menggalang danana sebesar 2 miliar untuk pembangunan Masjid Al-Huda Simajambu, di Dusun III Simajambu di Desa Simangumban Jae, Kecamatan Simangumban, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatra Utara (Sumut).

Read More

Baca Juga: Sering Taruh Kerupuk Ditengah Jalan, Pedagang Stres di Jombang Meresahkan Pengendara

Kini, pembangunan Masjid Al-Huda Simajambu dalam tahap penyelesaian, sudah tuntas 95 persen. Karenanya, warga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Bripka Junior Hutabarat.

Fenomena tersebut diamini Tokoh Masyarakat Desa Simangumban Jae Samsir Ritonga, kepada wartawan Selasa (27/4/2021).

Maasjid tersebut pertama kali didirikan pada tahun 1806 oleh Raja Panusunan Burung. Dialah yang pertama membuka kampung ini dan mendirikan Masjid Al Huda.

“Bangunannya masih berbentuk panggung dari bahan kayu dan ukurannya masih kecil. Masjid ini dulunya hanya digunakan oleh warga muslim berjumlah 12 kepala keluarga,” jelasnya, sebagaimana dikutip dari Smartnews Tapanuli (29/4/21).

Samsir Ritonga menerangkan, pada tahun 1980, masjid tersebut direnovasi lagi menjadi semi permanen, dan hingga saat ini kembali direnovasi berdiri dengan megah karena jamaah sudah mulai banyak. “Saat ini jumlah jamaah mencapai 100 KK lebih,” kata Samsir.

Tokoh Pemuda Muslim Desa Simangumban Jae yang juga Ketua Panitia Pembangunan Masjid Al Huda, Pardamean Simanjuntak mengatakan, awal pembangunan atau renovasi masjid ini masalah dana.

“Kami panitia dan Bripka Pol Bripka Junior Hutabarat berdiskusi untuk merundingkan masalah dana ini. Kemudian, Bripka Pol Junior Hutabarat langsung melakukan penggalangan dana. Dan terkumpullah dana sampai 2 miliar,” ungkapnya.

“Atas kegigihan dari pak Junior inilah menggalang dana, pembangunan masjid ini pun bisa tuntas dibangun,” jelas Pardamean Simanjuntak.

Bripka Pol Junior Hutabarat merupakan seorang yang gemar bergaul dengan siapapun tanpa melihat perbedaan agama dan suku.

“Pak Junior Hutabarat ini bergaul dengan masyarakat tidak memandang agama dan suku. Yang sangat diapresiasi masyarakat dari Pak Junior Hutabarat ini, dirinya beragama Kristen, namun perhatiannya untuk pembangunan Masjid Al Huda ini sangat luar biasa,” sambung Pardamean.

“Pak Junior ini membantu melakukan penggalangan dana untuk pembangunan masjid ini. Pak Junior langsung membimbing kami membuat proposal permohonan bantuan kepada donatur dari pengusaha dan perantau,” tuturnya.

Bahkan, Bripka Junior juga sering menyempatkan diri ikut bekerja membantu proses pembangunan masjid.

Baca Juga: PNS Super Tajir, Sederet Mobil Premium hingga Harley-Davidson Hiasi Garasinya

“Tidak hanya itu saja, Pak Junior ini sering menyumbangkan tenaga bekerja selama pembangunan masjid ini. Kamipun begitu juga, umat muslim yang ada di desa ini pun tidak ada memandang agama maupun suku, ” bebernya.

Pardamean mengungkapkan, berkat ide dari Bripka Pol Junior Hutabarat, panitia pembangunan masjid langsung mendirikan spanduk dan memberikan proposal. Akhirnya semakin banyak donatur yang memberikan bantuan dana untuk pembangunan Masjid Al Huda di Dusun III Simajambu ini.

“Masjid ini awalnya direncanakan tidak semegah ini karena khawatir dana tidak mencukupi. Namun, masjid sebesar ini yang menghabiskan dana 2 miliar lebih, akhirnya bisa berdiri megah. Jamaah pun merasa terharu. Hal ini tidak terlepas dari dukungan moral Bripka Pol Junior Hutabarat dalam memberikan motivasi dan berkata tidak ada yang tidak mungkin bila Tuhan berkehendak, pasti semua terlaksana,” kata Pardamean.

Dia menuturkan, pengumpulan dana yang dilakukan Bripka Pol Junior Hutabarat dari Pendeta dan dari gereja, dan donatur lainnya.

“Semua dana ada dari Muslim dan ada dari agama lain untuk pembangunan Masjid kami ini. Kemudian ada dari putra perantau di Kecamatan Simangumban ini memberikan bantuan sebesar 70 juta,” imbuhnya.

Kades Simangumban Jae, Musbarin Butarbutar yang diwawancarai wartawan mengatakan, perhatian dari Bripka Pol Junior Hutabarat kepada masyarakat sangat luar biasa.

“Selama bertugas di Kecamatan Simangumban ini, masyarakat sangat mengapresiasi kinerja dari Bripka Pol Junior Hutabarat. Perhatiannya kepada masyarakat sangat luar biasa. Bila ada masyarakat yang sakit, sikap sosialnya sangat tinggi. Dia langsung menjenguk dan memberikan bantuan. Jadi harapan kami, pak Junior Hutabarat bisa mendapatkan perhatian Pak Kapolri dan jangan tetap bertugas di Kecamatan Simangumban ini,” katanya.

Kades Simangumban Julu, Bosur Gultom juga mengungkapkan, selama bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Kecamatan Simangumban ini menjadi panutan bagi masyarakat.

“Tiap ada persoalan masyarakat yang terjadi di desa saya, pak Junior ini bisa menyelesaikannya. Masyarakat pun terus dibimbingnya dan terus diberikan pengarahan. Setiap ada kegiatan masyarakat baik itu kegiatan gotong royong, kegiatan keagamaan dan pesta adat, pak Junior ini terus hadir,” jelasnya.

Ia juga menuturkan, kepedulian Junior Hutabarat kepada masyarakat sangat luar biasa.

“Di desa kami kemarin ada warga yang mengidap penyakit kanker, pak Junior langsung turun menjenguk dan memberikan bantuan kepada warga yang sakit itu. Makanya kami sangat cinta kepada pak Junior ini. Dia adalah panutan bagi kami,” ungkapnya.

Sementara itu, Bripka Pol Junior Hutabarat menyatakan, dalam hidup ini dirinya mempunyai prinsip, harus bisa bermanfaat bagi orang lain.

“Saya termotivasi dari bantuan mantan Kapolres Taput AKBP Horas Marasi Silaen yang memberikan bantuan saat pembangunan Masjid Al Huda ini baru dimulai tahun 2018. Dari situlah, saya bersama panitia pembangunan Masjid langsung musyawarah melakukan penggalangan dana,” ungkapnya saat dikonfirmasi wartawan

Bripka Junior mengaku sangat mengapresiasi kegigihan masyarakat setempat untuk memiliki tempat ibadah yang layak.

“Saya bisa diterima oleh semua elemen masyarakat. Saya bertugas di Kecamatan Simangumban ini sudah hampir 5 tahun sebagai Bhabinkamtibmas di 8 desa. Selama saya bertugas di Kecamatan Simangumban ini, saya akan terus berikan hal-hal yang baik dan terus memberikan pembinaan serta pemberdayaan kepada masyarakat,” terang Bripka Junior.

Baca Juga: Baca Al-Qur’an Karena Ingin Cari-cari Kesalahan, drg Carissa Justru Mantap Pilih Islam

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *