Tingkatkan Kekebalan Tubuh, Jangan Lupa Tambahkan 5 Rempah Ini Saat Memasak

  • Whatsapp
5 Rempah Ini Berkhasiat Tingkatkan Imunitas Tubuh, Yuk Dicoba!

Megaluh.com – Makanan Indonesia memiliki ciri khas yang kaya dengan aneka bumbu dan rempah. Tak hanya menjadi penyedap rasa, rempah juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, salah satunya untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Read More

Selain harganya yang terjangkau, Anda tentu tak sulit mendapatkan rempah-rempah di pasar. Jadi tidak ada alasan untuk melewatkan aneka rempah-rempah ini pada setiap masakan.

Apalagi selama di rumah, tak sedikit orang yang jadi gemar memasak. Sebelum mencoba resep baru, ada baiknya Anda memastikan lima rempah berikut selalu tersedia di dapur. Dikutip dari Medical daily, ini lima rempah yang dipercaya bisa menjadi pendongkrak kekebalan tubuh.

1. Sereh

Sereh semakin populer sejak dijadikan campuran pada minuman teh. Jadi, Anda bisa mengolahnya bukan hanya pada masakan. Sereh dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena sifat antioksidan yang dimilikinya. Selain itu, dapat juga digunakan untuk mengobati gejala demam dan pilek serta infeksi lambung dan saluran kemih.

Baca Juga:
Ternyata Barang-barang Dapur Ini Bisa Berbahaya Bagi Imunitas Tubuh

2. Jahe

Sama halnya dengan sereh. Jahe juga kerap menjadi campuran bahan pada minuman, termasuk teh dan jamu. Jahe dipercaya punya banyak khasiat untuk membantu memerangi kedinginan, demam, menangkal virus, bahkan mengobati sembelit. Selain itu, jahe juga dapat menghentikan sakit tenggorokan dan memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan.

3. Kunyit

Baca Juga:
Ketahui 7 Tanda Stres yang Tak Biasa, Salah Satunya Sering Lupa

Kunyit juga kerap diolah bersama asam menjadi minuman asam kunyit yang populer sebagai minuman kesehatan. Kandungan kurkumin pada kunyit memiliki efek antioksidan dan antimikroba yang dapat menghentikan pertumbuhan mikroba dan bakteri. Kandungan itu juga melindungi Anda dari penyakit radang lambung, meningkatkan respons kekebalan tubuh, dan menjadi obat malaria.

4. Lada

Lada terkenal karena mampu menghentikan sinusitis dan hidung tersumbat, berkat khasiat ekspektorannya yang membantu memecah lendir dan dahak di saluran pernapasan yang terinfeksi. Lada juga memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi.

5. Bawang putih

Bawang putih dipercaya sebagai perangsang kekebalan tubuh yang sangat efektif. Selain itu bawang putih juga memiliki sifat antimikroba dan antijamur.


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *