Tinggi Lemak, 4 Makanan ini Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

  • Whatsapp
Tinggi Lemak, 4 Makanan ini Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan
Megaluh.com – Makanan berlemak sering kali disalahkan sebagai penyebab berbagai penyakit, mulai dari kegemukan, kolesterol, hingga darah tinggi. Padahal makanan berlemak tinggi juga ada yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan Anda.

Dilansir dari Healthline, Ahli nutrisi Kris Gunnars, BSc, membagikan beberapa makanan berlemak yang nyatanya baik untuk kesehatan, antara lain:

Read More

1. Alpukat

Berbeda dari kebanyakan buah lainnya, alpukat mengandung sekitar 77 persen lemak dan kalori yang menjadikan alpukat lebih tinggi lemak daripada kebanyakan makanan hewani.

Tetapi asam lemak utama dalam alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal yang disebut asam oleat. Lemak ini sama dengan asam lemak dominan dalam minyak zaitun yang terkait dengan berbagai manfaat kesehatan.

Baca Juga:
Berlebihan Mengonsumsi Makanan Sehat Justru Tidak Baik, Berikut 4 Contohnya

Alpukat adalah salah satu sumber kalium terbaik dalam makanan, bahkan mengandung 40 persen lebih banyak kalium daripada pisang.

Buah satu ini juga merupakan sumber serat dan penelitian telah menunjukkan bahwa alpukat dapat menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida, sambil meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik).

Meskipun mereka tinggi lemak dan kalori, satu penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan alpukat cenderung memiliki berat badan dan memiliki lemak perut lebih sedikit daripada mereka yang tidak mengonsumsinya.

Baca Juga:
Wajib Tahu, 7 Makanan Sehat untuk Jantung dan Kendalikan Kolesterol

2. Keju

Keju adalah makanan berlemak namun memiliki sumber kalsium, vitamin B12, fosfor, selenium, dan mengandung jenis nutrisi lainnya.

Keju juga sangat kaya protein di mana sepotong keju tebal yang mengandung 6,7 gram protein sama dengan segelas susu. Seperti produk susu lainnya, keju juga mengandung asam lemak kuat yang bermanfaat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

3. Cokelat Hitam

Cekelat memang sangat tinggi lemak, dengan kandungan sekitar 65 persen kalori. Namun, cokelat hitam juga mengandung serat 11 persen dan lebih dari 50 persen zat besi dan magnesium.

Cokelat hitam merupakan salah satu makanan dengan skor tertinggi yang memiliki antioksidan, bahkan melebihi blueberry. Beberapa antioksidan di dalamnya memiliki aktivitas biologis yang kuat, dapat menurunkan tekanan darah dan melindungi kolesterol LDL dalam darah agar tidak teroksidasi.

Studi juga menunjukkan bahwa orang yang makan cokelat hitam 5 kali atau lebih per minggu bisa mengurangi risiko meninggal karena penyakit jantung.

Ada juga beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat meningkatkan fungsi otak dan melindungi kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Ilustrasi fillet ikan salmon. (Shutterstock)

4. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, trout, mackerel, sarden, dan herring menjadi salah satu produk hewani berlemak yang dianggap sehat.

Jenis-jenis ikan tersebut sarat dengan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung, mengandung protein berkualitas tinggi, dan segala macam nutrisi penting.

Studi menunjukkan bahwa orang yang makan ikan cenderung lebih sehat dengan risiko penyakit jantung, depresi, demensia, dan segala macam penyakit umum yang lebih rendah.


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Komentar