Tiga Cara Mengobati Sembelit Saat Di Rumah Aja, Nggak Perlu Ke Dokter!

  • Whatsapp
Saat Sembelit, Ini Hitungan Waktu yang Tepat Minun Obat Pencahar
Megaluh.com – Tiga Cara Mengobati Sembelit Saat Di Rumah Aja, Nggak Perlu Ke Dokter!

Beberapa orang mungkin mengalami sembeli selama masa isolasi mandiri. Untuk itu, ketahui cara mengobati sembelit berikut ini ya!

Read More

Sembeli juga bisa terjadi karena kebiasaan sehari-hari yang berubah total selama pandemi. Terlalu lama duduk diam dan pola makan tidak benar selama pandemi bisa menjadi penyebabnya.

Selain itu dilansir oleh Times of India, sembelit juga bisa disebabkan oleh ritme sikardian, yakni jam alami tubuh yang merupakan proses alami di otak untuk mengatur siklus tidur dan bangun.

Usus besar sendiri bisa terganggu oleh kurangnya aktivitas fisik, siklus tidur, kebiasaan makan dan stres selama pandemi virus corona Covid-19. Tetapi, ada beberapa cara yang bisa membantu Anda mengatasi masalah sembelit selama masa karantina.

Ilustrasi cara mengobati sembelit (Sumber: Shutterstock)

1. Aktif secara fisik

Mulailah berolahraga rutin di dalam rumah, seperti jalan cepat di balkon atau halaman rumah, Anda juga bisa berdansa dengan pasangan atau sendiri dengan alunan musik. Latihan fisik ringan selama 100-300 menit seminggu bisa membantu meringankan sembelit.

2. Atur pola makan

Selama masa isolasi mandiri atau bekerja dari rumah membuat orang lebih banyak ngemil dan kurang mengontrol makanan. Sebaiknya, tambahkan lebih banyak makanan kaya serat ke dalam diet Anda untuk meringankan sembelit.

Makanan kaya serat juga membuat kotoran lebih lembut dan bisa melewati usus dengan lancar. Serat juga membantu menggembungkan tinja dan membantunya bergerak lebih cepat.

Ilustrasi Makan Sayur cara mengobati sembelit. (Shutterstock)
Ilustrasi Makan Sayur cara mengobati sembelit. (Shutterstock)

Jangan lupa untuk mengonsumsi sayuran hijau, buah, kacang-kacangan, biji-bijian dan lentil yang kaya serat. Sehingga Anda tidak akan mengalami sembeli selama pandemi.

3. Menjaga hidrasi tubuh

Selama masa isolasi mandiri sangat penting untuk menjaga hidrasi tubuh sepanjang hari. Minumlah air putih, air kelapa atau jus detoksifikasi yang bisa membantu mengatasi dan mencegah sembelit. Sebaliknya, jangan terlalu banyak minum alkohol dan soda karena bisa menyebabkan dehidrasi.


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *