Terus Meningkat, Kasus Malnutrisi di Yaman Bikin PBB Khawatir

  • Whatsapp
Angka Malnutrisi Tinggi, Covid-19 Mengintai Anak-Anak di Indonesia

Megaluh.com – Tingkat malnutrisi di Yaman yang terus meningkat membuat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) khawatir terkait keamanan pangan negara tersebut.

Read More

Dilansir ANTARA, faktor pendorong semakin memburuknya malnutrisi di Yaman pada 2020 adalah pandemi virus corona, penurunan ekonomi, banjir, konflik yang meningkat, dan kekurangan dana yang signifikan dari respons bantuan tahun ini.

Situasi kelaparan yang suram di negara itu dipicu perang yang sudah berlangsung hampir enam tahun.

“Kami telah memperingatkan sejak Juli bahwa Yaman berada di ambang krisis keamanan pangan yang dahsyat. Jika perang tidak berakhir sekarang, kita mendekati situasi yang tidak dapat diubah dan berisiko kehilangan seluruh generasi anak-anak Yaman,” kata Koordinator Kemanusiaan PBB untuk Yaman Lise Grande.

Baca Juga:
Istana Bata Lumpur Seiyun Berwarna Putih Cerah di Hadramaut Terancam Rubuh

Menurut analisis malnutrisi Fase Keamanan Pangan Terpadu (IPC) PBB di Yaman selatan, kasus malnutrisi akut pada anak balita telah meningkat sekitar 10 persen pada 2020, menjadi lebih dari setengah juta kasus.

Kasus anak dengan gizi buruk akut meningkat 15,5 persen, dan sedikitnya seperempat juta ibu hamil atau menyusui juga membutuhkan penanganan gizi buruk.

Sekitar 1,4 juta anak di bawah usia 5 tahun tinggal di Yaman selatan, yang berada di bawah kendali pemerintah Yaman yang diakui secara internasional.

Data IPC terkait Yaman utara, tempat sebagian besar warga Yaman tinggal dan yang dikendalikan oleh otoritas Houthi yang berpihak kepada Iran, belum tersedia.

Kelaparan tidak pernah diumumkan secara resmi di Yaman. PBB mengatakan negara itu mengalami krisis kemanusiaan terbesar di dunia, dengan 80 persen populasinya bergantung pada bantuan kemanusiaan.

Baca Juga:
Protein hingga Vitamin A, Kenali 5 Kekurangan Nutrisi Paling Umum

Gizi dan berbagai layanan lain yang mencegah jutaan orang dari kelaparan dan penyakit secara bertahap ditutup di Yaman, di tengah parahnya kekurangan dana tahun ini.


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *