Telaga Cebong Dieng Wonosobo, Keindahan Menakjubkan Dibalik Bukit Sikunir

  • Whatsapp
Telaga Cebong Dieng Wonosobo, Keindahan Menakjubkan Dibalik Bukit Sikunir

Lokasi: Desa Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
Map: KlikDisini
HTM: Rp10.000,-
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon:

foto by instagram.com/arrrggg_/

Telaga Cebong Dieng Wonosobo merupakan kawasan wisata yang berada di Desa Sembungan yakni desa tertinggi di pulau Jawa. Karena letaknya di ketinggian, udaranya pastilah sangat sejuk dan udaranya pun segar.

Read More

Objek wisata ini menawarkan keindahan lingkungan yang asri, pokoknya pemandangannya benar-benar memanjakan mata dan pikiran. Bentuk telaga yang unik menghadirkan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Wisata alami ini memiliki akses cukup sulit, sehingga masih jarang mendapat perhatian wisatawan yang melakukan tour ke Dieng. Namun, sebenarnya kawasannya sangat menakjubkan dan bisa menjadi rekreasi berkesan saat menghabiskan waktu liburan.

Sejarah Tentang Telaga Cebong Dieng Wonosobo

Telaga Cebong Dieng Wonosobo, Keindahan Menakjubkan Dibalik Bukit Sikunir 1
foto by instagram.com/haikukau/

Kawasan wisata telaga cebong mempunyai nuansa berbeda. Letaknya yang berada di ketinggian, membuat tempat ini begitu spesial. Telaga ini terbentuk dari bekas kawah purba, dulu luasnya kurang lebih 18 ha, tapi lama-kelamaan luasnya menyempit sampai sekarang tersisa 12 ha.

Tak hanya sebagai destinasi wisata, telaga cebong juga sebagai sumber pengairan sawah para petani sekitar.

Beberapa tahun lalu, kawasan ini dikeruk menggunakan alat berat untuk perluasan sisi-sisi telaga yang sudah ditumbuh gambut dan tersedimentasi.

Telaga Cebong Dieng Wonosobo, Keindahan Menakjubkan Dibalik Bukit Sikunir 2
foto by instagram.com/puncaksikunir/

Dalam proses pengerukan, ditemukan kayu-kayu sangat besar. Kayu tersebut sebenarnya bisa dijadikan sebagai bahan penelitian dan pembelajaran generasi sekarang. Namun, akibat keserakahan orang-orang tak bertanggung jawab, kayunya di potong-potong untuk tujuan komersil.

Padahal kayu itu cukup langka ditemukan pada kawasan Dieng. Warna kayu hitam, keras sekali, beratnya seperti besi. Sebetulnya ada 2 telaga, selain telaga cebong, ada telaga lagi (paku baja) yang terletak di puncak gunung pakuwojo.

Tepat disekitar gunung, ada batu dengan bentuk mirip paku, warga setempat menyebutnya pakuwojo. Ada kisah legenda atau sejarah terjadinya dua telaga di Desa Sembungan ini. Cerita mitos tersebut masih dipercaya hingga sekarang.

Telaga Cebong Dieng Wonosobo, Keindahan Menakjubkan Dibalik Bukit Sikunir 3
foto by instagram.com/wisata.dieng/

Kisahnya tersebar dari mulut ke mulut, tapi belum diketahui benar atau tidaknya. Dalam kisah ini memberikan pesan moral tentang rasa kekeluargaan, persaingan, kontruksi bangunan, cara mencapai tujuan dan lain sebagainya.

Daya Tarik Telaga Cebong Dieng Wonosobo

Pertama kali saat kamu tiba di Telaga Cebong Dieng akan merasakan hawa dingin. Kamu akan melihat dan menikmati kabut, tempat ini benar-benar sangat dingin. Jika sedang musim dingin tiba suhu bisa mencapai 0 celcius bahkan minus.

Telaga Cebong Dieng Wonosobo, Keindahan Menakjubkan Dibalik Bukit Sikunir 4
foto by instagram.com/elbanditos/

Bentuknya yang menyerupai berudu atau kecebong, cebongan atau cebong, sehingga diberikan nama telaga cebong. Di pagi hari, airnya tampak berkilauan bagaikan minyak kalau dilihat dari jalan ke Gunung Sikunir. Hal ini menjadi view terbaik dan sering diabadikan oleh para wisatawan.

Menikmati suasana sekitar, terasa menyegarkan pikiran. Bunuh hawa dinginnya dengan menyaksikan pemandangan alam dan saling berkenalan maupun berbincang-bincang satu sama lain. Perjalanan menuju Telaga Cebong pasti lebih asyik, seru serta bersemangat.

Selain bentuknya mirip kecebong, telaga ini dikelilingi ladang sawah milih petani-petani setempat. Sehingga, bagus sekali sebagai latar foto. Kamu bisa selfie atau mengabadikan gambar telaga cebong yang unik.

Telaga Cebong Dieng Wonosobo, Keindahan Menakjubkan Dibalik Bukit Sikunir 5
foto by instagram.com/francismamahit/

Kalau ingin menyaksikan hal menakjubkan, menginaplah di sekitar kawasan wisata. Bisa mendirikan camping atau memilih penginapan terdekat. Bukit Sikunir juga menawarkan pemandangan Golden Sunrise yang melegenda. Agar sampai kesana, lakukan trekking.

Selama perjalanan, kamu akan menemukan panorama alam yang benar-benar menakjubkan. Meski dingin, kamu tetap akan menikmati aktivitas trekkingnya. Trekking mulai pukul 03.30 WIB, sekitar satu jam akan tiba pada puncak pertama.

Telaga Cebong Dieng Wonosobo, Keindahan Menakjubkan Dibalik Bukit Sikunir 6
foto by instagram.com/puncaksikunir/

Sedangkan untuk sampai pada puncak kedua, lanjutkan trekking sekitar setengah jam lagi. Setelah sampai di puncaknya, tunggulah. Matahari secara perlahan terbit dari timur ditemani oleh awan tebal, menunjukkan pesona terbaiknya.

Tak kalah menyenangkannya, dapat melihat petani berangkat ke ladang mereka. Pemandangan itu tidak akan kamu temukan ketika berada di kota.

Telaga Cebong Dieng Wonosobo, Keindahan Menakjubkan Dibalik Bukit Sikunir 7
foto by instagram.com/weekend_aerial/

Fasilitas Telaga Cebong Dieng Wonosobo

Sebagai wisata alam dengan banyak pesona, tentulah selalu ramai dikunjungi. Untuk mendukung kegiatan wisatawan, telaga cebong memiliki fasilitas lengkap. Terdapat area parkir kendaraan, kamar mandi, mushola, tempat istirahat, warung-warung dan masih banyak lagi.

Telaga Cebong Dieng Wonosobo, Keindahan Menakjubkan Dibalik Bukit Sikunir 8
foto by instagram.com/zarina.adt_store/

Terdapat beberapa homestay tempat kamu menginap seperti homestay cahaya, homestay sikunir, karunia homestay dan lainnya. Harga penginapan cukup terjangkau, fasilitasnya lengkap serta menawarkan view menarik.

Letak dan Cara Menuju Telaga Cebong Dieng Wonosobo

Alamat objek wisata Telaga Cebong adalah di Desa Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum saat kesana. Jika menggunakan kendaraan pribadi bisa mengandalkan google maps.

Telaga Cebong Dieng Wonosobo, Keindahan Menakjubkan Dibalik Bukit Sikunir 9
foto by instagram.com/anthony_touying/

Kalau dengan kendaraan umum, berhenti di terminal bus Kejajar. Lalu, lanjutkan perjalanan menggunakan ojek ke lokasinya.

Sekarang kalian sudah tahu bagaimana keindahan alam telaga cebong dieng wonosobo, wisata pelengkap menuju bukit sikunir. Rencanakan liburan bersama orang-orang tercinta, terutama yang mempunyai hobi trekking. Jangan lupa bawa kamera agar dapat mengabadikan momen bahagia saat berkunjung ke objek wisata ini.

Sumber: jejakpiknik.com

Loading...

Related posts

Komentar