Tak Banyak yang Tahu, Oseteoporosis Bukan Hanya Akibat Kurang Kalsium

  • Whatsapp
Cara Lain Mencegah Osteoporosis pada Wanita: Latihan Melompat 5 Menit!
Megaluh.com – Selama ini banyak orang mengggap bahwa osteoporisis hanya disebabkan oleh kurangnya asupan kalsium. Tapi, yang tidak banyak diketahui bahwa kurangya kalsium hanya merupakan salah satu faktor penyebab osteoporosis.

“Pasien sering bertanya, susu apa yang harus diminum untuk mengatasi osteoporosis. Padahal osteoporosis bukan (hanya) disebabkan kekurangan kalsium, ada kondisi lain yang perlu diperbaiki,” ujar Dokter spesialis ortopedi dan traumatologi dari Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk dr Karina Besinga SpOT (K), dalam keterangannya baru-baru ini.

Read More

Karina menjelaskan bahwa ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya osteoporosis. Beberapa di antanya ialah jenis kelamin, usia, riwayat keluarga, dan bentuk tungkai tubuh.

Untuk faktor penyebab tadi, lanjut Karina, ialah deretan yang tidak bisa diubah. Sementara itu yang bisa diubah ialah dengan memperbanyak gerak dan aktivitas olahraga.

Baca Juga:
Mesti Dihindari, Ini Makanan yang Bisa Sebabkan Osteoporosis, Apa Saja?

Makanan kaya kalsium. (Shutterstock)

“Cara diet yang salah dan berat badan di bawah normal juga semakin memperbesar risiko seorang terkena osteoporosis,” ujar Karina.

Selain itu, hormon seks yang berkurang seperti estrogen pada perempuan dan testosteron pada laki-laki juga makin meningkatkan risiko osteoporosis.

Karina menegaskan mengenali faktor risiko menjadi cara penting untuk terhindar dari osteoporosis. Hal ini karena osteoporosis sering disebut silent disease.

“Karena menyerang secara diam-diam tanpa ada tanda-tanda khusus, apabila dibiarkan kedepannya dapat menimbulkan masalah pada fisik seperti rasa nyeri, patah tulang hingga membutuhkan ostheoarthritis advance,” ujar dia.

“Hal ini tentunya dapat menurunkan kualitas hidup seseorang yang dapat menganggu sistem tubuh yang lainnya termasuk jantung, paru-paru,”

Baca Juga:
Tak Ada Gejala Spesifik, Penderita Osteoporosis Rentan Alami Patah Tulang


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *