Solusi IoT Telkomsel Maksimalkan Sistem Operasional Bisnis Ritel

  • Whatsapp
Solusi IoT Telkomsel Maksimalkan Sistem Operasional Bisnis Ritel
Megaluh.com – Telkomsel mengumumkan kerja sama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (Alfamart) dalam pengadaan solusi berbasis Internet of Things (IoT).

Melalui kolaborasi ini, Telkomsel diberi mandat untuk mentransformasi jaringan operasional wide area network (WAN) milik Alfamart melalui solusi IoT Managed Service Software-Defined Wide Area Network (SD-WAN).

Read More

Telkomsel IoT Managed Service SD-WAN [virtual presscon].

“Kami menyambut baik kolaborasi bersama Alfamart sekaligus mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan terhadap solusi inovatif bisnis korporasi berbasis IoT dari Telkomsel. Kami juga melihat langkah strategis ini dapat mengakselerasi digitalisasi lintas sektor yang akan memperkuat komitmen Indonesia menuju Revolusi Industri 4.0,” jelas Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro pada Jumat (26/6/2020).

Solusi Managed Service SD-WAN milik Telkomsel IoT diharapkan bisa mentransformasi infrastruktur WAN yang dikelola Alfamart dengan menghubungkannya ke sistem cloud, sehingga sistem operasional jaringannya dapat terotomatisasi dan terintegrasi secara end-to-end.

Selain itu, solusi SD-WAN ini juga dilengkapi dengan fitur Zero Touch Provisioning (ZTP) yang memungkinkan perangkat keras di dalam lingkup WAN yang telah dimiliki oleh Alfamart dapat terkonfigurasi secara otomatis ke dalam ekosistem baru berbasis cloud sehingga meminimalkan terjadinya kendala teknis oleh para pekerja.

Baca Juga:
Cross Audience, Begini Cara Dyandra Promosindo Gelar Event Otomotif

Garis besarnya, Managed Service SD-WAN Telkomsel menawarkan empat manfaat utama bagi Alfamart. Pertama, solusi ini membuat perangkat keras yang digunakan di gerai atau kantor cabang Alfamart dapat tersambung langsung ke data center pusat perusahaan melalui cloud, sehingga tidak membutuhkan data center penghubung lagi seperti pada WAN konvensional.

Kedua, Alfamart tidak perlu lagi menggunakan leased line dalam menghubungkan data center pusat, hub data center, dan gerai atau kantor cabang.

Ketiga, koneksi langsung antara data center pusat dengan perangkat keras di gerai atau kantor cabang juga dapat membuat Alfamart menghindari gangguan teknis pada hub data center yang mampu mengganggu operasional secara luas.

Baca Juga:
Kawasaki Ninja ZX-25R Dipastikan Meluncur di Indonesia 10 Juli

Sedangkan manfaat keempat adalah seluruh pengelolaan manajemen solusi SD-WAN yang akan dilakukan oleh Telkomsel, sehingga Alfamart tidak perlu lagi menjalankan pengendalian perangkat hingga pengamanan jaringan secara mandiri yang tentunya membutuhkan biaya operasional yang tinggi.

Keseluruhan manfaat ini akan menghadirkan sistem operasional terpadu yang lebih efisien dan efektif, yang akan meningkatkan produktivitas Alfamart secara keseluruhan.


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Komentar