Rutin Mencuci Hidung Bisa Cegah Tertular Corona? Ini Penjelasan Dokter

  • Whatsapp
Rutin Mencuci Hidung Bisa Cegah Tertular Corona? Ini Penjelasan Dokter
Megaluh.com – Mencuci tangan sudah menjadi protokol kesehatan yang wajib dilakukan untuk mencegah virus corona atau Covid-19. Bagaimana dengan mencuci tangan?

Pakar mengatakan hidung adalah salah satu organ yang bisa menjadi salah satu pintu masuk virus, sehingga perlu dijaga kebersihannya.

Read More

Mencuci hidung tidak serta merta bisa mencegah virus corona. Akan tetapi rutin mencuci hidung bisa meningkatkan ketahanan tubuh untuk menangkal virus, termasuk virus corona.

Dipaparkan oleh Dr. dr. Retno S. Wardani, SpTHT-KL(K) dari Divisi Rinologi, Departemen THT-KL FKUI-RSCM kepada Suara.com, sejak 2013 sudah lama dikampanyekan untuk merutinkan kebiasaan mencuci hidung.

Kebiasaan mencuci hidung dianalogikan dengan menggosok gigi.

Baca Juga:
Bukan Hidung, Penelitian Ungkap Virus Corona Masuk ke Tubuh Lewat Mata

“Gigi hanya digunakan tiga kali sehari, tapi tidak pernah lupa dibersihkan. Sementara hidung yang setiap detik bekerja kok nggak dibersihkan. Itu edukasi saya,” lanjutnya, pada Kamis (18/6/2020).

Pada prinsipnya, dr Danni menyebut mencuci hidung sama seperti berwudu dalam agama Islam. Yakni istinsyaq atau menghirup air ke dalam hidung lalu diikuti dengan istintsar atau mengeluarkan air dar dalam hidung.

Ilustrasi mencuci hidung dengan obat semprot. (Shutterstock)

Akan tetapi, bagian yang dicuci adalah bagian belakang hidung yang disebut nasofaring. Nasofaring merupakan area semua deposit partikel berkumpul.

Baca Juga:
Kocak! Curhat Bocah Saat Pakai Masker: Hidung Pesek Tidak Bisa Nafas!

Terkait dengan virus corona, ada sebuah penelitian yang menyebut bahwa mencuci hidung akan meningkatkan enzim yang disebut sebagai lisozim dan protein yang bernama laktoferin.

Laktoferin ini sama seperti lakto atau air susu ibu (ASI), memiliki sifat untuk mengeliminasi. Saat virus menempel di hidung, enzim tersebut akan keluar.

“Kalau memang sudah terbiasa mencuci hidung, bahkan sebelum virusnya itu menginvasi ke dalam tubuh, enzim itu bisa keluar. Enzim ini ada di selaput lendir,” tutup dr Danni.


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *