Pusat dan Daerah Tak Pernah Sinkron soal Anggaran, Sri Mulyani Putar Otak

  • Whatsapp
Pusat dan Daerah Tak Pernah Sinkron soal Anggaran, Sri Mulyani Putar Otak

Megaluh.com – Keluhan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang menemukan banyaknya ketidaksinkronan penggunaan anggaran baik di pusat dan daerah, membuat dirinya berencana untuk melakukan redesain sistem anggaran untuk tahun 2021.

Read More

Tujuannya, Sri Mulyani menginginkan output atau hasil dari penggunaan anggaran negara jadi lebih optimal dan efektif bagi rakyat.

Hal tersebut dikatakan Sri Mulyani saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Selasa (23/6/2020).

“Sebenarnya sudah dimulai tahun ini, cuma karena ada pandemi Corona, jadi ada disrupsi yang sangat besar. Makanya, ini akan dimulai pada 2021,” kata Sri Mulyani.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan sebenarnya konsep ini bukanlah barang baru, dia menyebut kebijakan ini sama dengan money follow program, dimana nantinya ada kejelasan dari sisi penganggarannya.

Baca Juga:
Sri Mulyani Ngeluh Koordinasi Pusat dan Daerah Sering Tak Sinkron

“Jadi tujuan kita untuk meredesain sistem penganggaran adalah bagaimana bisa mengakselerasi apa yang sudah diinisiatifkan selama ini yaitu membangun money follow program,” ucapnya.

Wanita kelahiran Lampung ini menambahkan ada sejumlah aspek yang ingin dicapai oleh pemerintah dari proses redesain anggaran.

Dua di antaranya adalah memperkuat penerapan anggaran berbasis kinerja serta konvergensi program dan kegiatan kementerian lembaga.

Baca Juga:
Sri Mulyani Yakin 2021 Ekonomi RI Rebound Sampai 5,5 Persen

“Jadi programnya jelas sehingga uangnya jelas dia kenapa dianggarkan sekian. Nah masalahnya sering program itu tidak hanya di satu unit eselon satu atau di satu kementerian,” pungkasnya.


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *