Punya Anak Indigo, Ini yang Baiknya Dilakukan oleh Orangtua

  • Whatsapp
Heboh Kasus Guru Honorer Threesome di Bali, Begini Cara Jelaskan ke Anak

Megaluh.com – Punya Anak Indigo, Ini yang Baiknya Dilakukan oleh Orangtua

Read More

Loading...

Memiliki anak dengan kemampuan spesial seperti indigo dapat membuat orangtua kewalahan. Di satu sisi, orangtua ingin memberikan yang terbaik kepada buah hatinya, tapi di sisi lain, orangtua juga kerap kebingungan dengan apa yang terjadi dengan buah hatinya yang indigo.

Itulah mengapa, kata psikolog keluarga, Gisella Tani Pratiwi, M.Psi, orangtua jangan diam saja dan berlaku proaktif untuk mencari ‘sumber konsultasi‘ yang tepat bagi anak.

“Ketika melihat anak memiliki kebutuhan yang berbeda kita sebagai orangtua harus sensitif. Ada orangtua yang malah jadi takut karena kemampuan anaknya sangat sensitif. Padahal orangtua perlu proaktif mencari sumber konsultasi,” katanya saat menjadi pembicara dalam acara peluncuran buku karya sosok Indigo, Lona Kharisma, bertajuk “Antar Aku Pulang” di Depok, Jawa Barat, Minggu, (19/1/2020).

Ia mengatakan, pentingnya orangtua untuk memberikan kesejahteraan mental dan tumbuh kembang fisik serta psikologis yang memadai pada anak.

Apalagi, beberapa anak dengan kemampuan spesial tersebut merasa tidak spesial sama sekali bahkan cenderung merasa terlahir jadi sosok yang aneh dan terpinggirkan.

“Makanya banyak anak indigo, di usia muda, memiliki nuansa bahwa dirinya berbeda dan keinginan untuk menekan atau menutupi diri sendiri. Ada rasa bersalah dan tertekan dan bahkan mempertanyakan kewarasannya,” tambahnya.

Maka dari itu, lanjut Gisella, penting bagi anak spesial diberi support yang baik oleh kekuarga maupun lingkungan sekitar. “Meski kita tidak memahami masalah mereka, tapi kita harus memahami bahwa setiap orang memiliki perjuangan masing-masing,” tutupnya.


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

loading...

Komentar