Produk Olahan Jadi Kakao Wisata Rumah Coklat Trenggalek, Tembus Pasar Internasional

  • Whatsapp
Produk Olahan Jadi Kakao Wisata Rumah Coklat Trenggalek, Tembus Pasar Internasional
TRENGGALEK, Megaluh.com – Wisata rumah coklat yang berada di Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, merupakan lokasi wisata yang sangat cocok untuk dikunjungi.

Wisatawan dipastikan akan merasa betah dan puas dengan keindahan alam yang disuguhkan. Apalagi di tempat tersebut, para pengunjung juga bisa langsung menikmati rasa cokelat asli produk Rumah Coklat.

Rumah Coklat juga berfungsi sebagai budidaya, pengelolaan, produksi, hingga pengemasan produk olahan cokelat.

Pengelola Galeri Rumah Coklat, Selly Kusuma Ningrum mengatakan, puluhan pohon kakao ditanam di area wisata Rumah Coklat.

Biji-biji dari buah kakao, akan di proses hingga menjadi produk. Mulai dari permen, bubuk, hingga minuman cokelat.

“Kalau di sini sebenarnya mengutamakan fermentasi. Hasil dari biji cokelat yang dihasilkan meliputi lemak cokelat, pasta cokelat, dan bubuk cokelat,” ucapnya, Minggu (13/10/2019).

Dijelaskan Selly, Rumah Coklat mulai beroperasi secara penuh sekitar 2017 lalu. Dan saat ini, Rumah Coklat mampu memproduksi sekitar 5 kilogram bubuk cokelat jadi dan sekitar 10 kilogram permen cokelat dalam sepekan.

“Hasil produk jadi cokelat ini, selain dijual di wilayah Trenggalek serta kota-kota sekitarnya, juga ada beberapa jenis olahan kakao yang dikirim ke Jakarta, bahkan sampai luar negeri. Untuk biji kakao khusus organik kami kirimkan ke Korea,” terangnya.

Rumah Coklat, lanjut Selly, awalnya memang dibangun untuk menampung hasil panen petani kakao di Trenggalek. Tujuannya, untuk meningkatkan nilai jual kakao dan mensejahterakan petaninya.

Selain salah satu tempat wisata di Trenggalek, Rumah Coklat bisa juga digunakan untuk pembelajaran bagi siswa-siswi di Trenggalek.

“Di Rumah Coklat ini, produksi dari biji kakao menjadi produk, harus melewati beberapa tahapan. Mulai pemilahan ukuran biji kakao, penyangraian, pemisahan kulit, hingga nanti menjadi cokelat sesuai yang diinginkan,” pungkasnya.

Sumber: FaktualNews.co

Loading...

Related posts

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *