Potret Singapura, Kota Termahal di Dunia

  • Whatsapp
Potret Singapura, Kota Termahal di Dunia

Singapura pasti menjadi salah satu negara yang sudah tidak asing lagi bagi kamu. Meski belum sempat mengunjunginya, namun negara yang terkenal dengan patung Merlionnya ini namanya sudah sangat melekat di hati masyarakat, khususnya Indonesia.

Apalagi letaknya yang sama-sama masih berada di kawasan Asia Tenggara dan tidak jauh dari Tanah Air, membuat kota Singapura sering disambangi masyarakat Indonesia. Entah itu untuk traveling, belanja atau pengobatan.

Read More

Meski begitu, apakah kamu sudah bisa jelaskan tentang profil negara kota Singa ini dan mengapa banyak masyarakat senang berkunjung kesana? Nah, agar lebih jelas kita akan ulas pada artikel kali ini.

Sejarah Singkat

Foto By inet.detik.com

Konon katanya, pada zaman dahulu kala, Singapura dikenal dengan nama Sea Town atau Kota Laut. Meski catatan sejarah awalnya belum dapat dipastikan keabsahannya, namun sebuah catatan dari bangsa Tionghoa pada abad ke-3 menyebutnya “Pu-lo-chung” atau pulau di ujung semenanjung.

Dan pada tahun 1819, Singapura resmi didirikan dengan dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles, beliau sekaligus merupakan pendiri kota Merlion tersebut.

Kemudian setelah itu, Singapura disebut dengan “Temasek” yang artinya Kota Laut, saat pemukiman pertama dibangun pada tahun 1298-1299 setelah masehi.

Lalu pada abad ke-14, pulau kecil berlokasi strategis tersebut mendapat sebuah julukan baru. Menurut legenda, Sang Nila Utama, yaitu seorang pangeran dari Palembang sedang berburu ketika beliau melihat seekor hewan yang belum pernah dilihatnya sebelumnya.

Menganggapnya sebagai hal bagus, beliau kemudian mendirikan kota dimana hewan tersebut ditemukan dan menamainya kota Singa atau Singapura, yang diambil dari bahasa sanskerta yakni “simha” artinya singa, sementara “pura” adalah kota.

Namun begitu, negara yang sering dijadikan tempat transit ini masih sering berganti nama. Misalnya pada saat Perang Dunia II, ketika pendudukan Jepang, berubah nama menjadi “Synonanto” yang artinya “Light of the South” atau cahaya dari selatan.

Setelah kependudukan Jepang, kemudian berubah nama lagi menjadi Singapura. Dan selain itu, negara tersebut juga mulai mendapat banyak julukan dari orang-orang, terutama para traveler, yaitu “The Fine City”.

Julukan tersebut bahkan terpampang di kaos-kaos yang kerap dijadikan souvenir atau merchandise oleh para turis. Menurut cerita, julukan ini berasal dari banyaknya aturan serta denda yang diterapkan oleh negara Singapura.

Profil Singkat

Potret Singapura, Kota Termahal di Dunia 1
Foto By @kurukkans

Singapore adalah negara pulau yang terletak di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya dan terpisah dari Malaysia oleh Selat Johor serta Kepulauan Riau, Indonesia oleh Selat Singapura.

Negara tersebut adalah pusat keuangan urutan ketiga terdepan di dunia dan termasuk kota kosmopolitan yang memainkan peranan penting dalam perdagangan internasional. Bahkan pelabuhannya didapuk sebagai satu dari lima pelabuhan tersibuk di muka bumi ini.

Penduduknya yang beragam dan berjumlah sekitar 6 juta jiwa terdiri dari orang Melayu, Tionghoa, India, Arab, Asia serta Kaukasoid.

Geografi Kota

Potret Singapura, Kota Termahal di Dunia 2
Foto By ilmugeografi.com

Negeri Singa tersebut terdiri dari 63 pulau dan memiliki banyak proyek reklamasi tanah yang diperoleh dari bukit, dasar laut serta negara tetangga. Dimana luas wilayahnya sekitar 704 kilometer persegi untuk saat ini.

Diperkirakan kedepannya masih akan bertambah lagi. Untuk iklimnya, negara ini beriklim tropik khatulistiwa dengan suhu 22°C sampai dengan 34°C.

Kota Termahal

Potret Singapura, Kota Termahal di Dunia 3
Foto By @seasea.overseas

Baru-baru ini, negeri Singa tersebut dinobatkan sebagai negara termahal di dunia oleh Unit Ahli Ekonomi dan negara kosmopolitan tersebut termasuk daerah yg paling padat penduduknya.

Selain itu juga didapuk menjadi kota paling kaya di muka bumi. Sebab negara Merlion tersebut dihuni oleh ratusan jutawan. Hal tersebut juga menjadi alasan mengapa dijuluki sebagai negara terkaya di dunia.

Fakta Unik

Potret Singapura, Kota Termahal di Dunia 4
Foto By @sihitammaniis90

Membahas tentang keistimewaan serta keunikan kota Singa adalah hal yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Bagaimana tidak, negeri yg memiliki luas hampir sma dengan DKI Jakarta ini mampu menempatkan dirinya sebagai negara maju.

Kota yang terkenal dengan kemajuan teknologi serta kehidupan modern ini kerap menjadi perbincangan banyak orang dan bahkan sering kali dijadikan sebagai tujuan liburan keluarga.

Dan inilah beberapa keistimewaan yang membuat Singapore semakin unggul di depan.

  • Singapura hanya terdiri dari 1 pulau utama dan 63 pulau kecil.
  • Negara kecil namun padat penduduk ini termasuk surganya kebun hijau dan taman yang sangat bersih.
  • Merlion, seekor ikan berkepala singa adalah simbol kebanggaan mereka.
  • The Night Safari atau kebum binatang malam hari pertama di dunia, terletak di Negeri Merlion
  • Bangunan disini tidak boleh lewat dari 280 meter.
  • Air terjun tertinggi buatan manusia terletak di Jurong Birdpark, tidak jauh dari kawasan industri di sana.
  • Air mancur terbesar di dunia berlokasi di Suntec City.
Potret Singapura, Kota Termahal di Dunia 5
Foto By @viagemegurismo
  • Bandaranya dinobatkan sebagai airport terbaik di dunia selama 16 kali berturut-turut.
  • Singapura melarang masyarakat untuk mengonsumsi maupun menjual permen karet dan tidak boleh merokok di ruang publik.
  • Akan dikenai sanksi bila membuang sampah sembarangan.
  • Termasuk negara paling sehat di dunia.
  • Negeri super lengkap
  • Pelabuhannya adalah terramai di dunia
  • Dan angka kriminalitasnya sangat rendah.

Nah, merujuk lada brainly, sejumlah keunikan tersebut termasuk kehadiran patung Merlionnya membuat beberapa kota di Indonesia tertarik membuat replika mini lambang ikonik dari negara Singa ini loh, seperti di Surabaya, Medan, dll.

Tempat Wisata Terkini

Potret Singapura, Kota Termahal di Dunia 6
Foto By @amadeux_x

Sejumlah tempat wisata di Singapura telah lama menjadi favorit para wisatawan Indonesia. Selain karena jaraknya yang dekat, biayanya juga lebih murah. Bahkan keindahan pemandangan kotanya bisa dilihat dari Batam.

Tempat wisata di sana juga mudah dijangkau dan mempunyai banyak spot instagramable yang bisa feed sosial media kamu semakin kece.

Dan berikut beberapa daftar tempat wisata yang recommended untuk kamu kunjungi di Negeri Merlion.

Taman ikonik dan terkenal satu ini bisa dikunjungi siapapun dengan gratis. Berkunjung ke Singapore, katanya kurang afdol kalau belum foto di spot yang gambarnya bertebaran di internet dan bisa di download dengan bebas tersebut.

Potret Singapura, Kota Termahal di Dunia 7
Foto By @serendipity_in_chaos

Mau mengunjungi spot instagramable lainnya? Datanglah ke Marina Bay Sands. Dijamin, poto-poto hasil jepretanmu akan mendapat banyak like. Pemandangan yang kamu lihat dari atas objek ini sangat indah, apalagi kalau malam hari.

Mau berburu coklat enak buat oleh-oleh? Nah, Orchad Road adalah tempatnya. Kamu pun bisa hunting foto kece sekaligus, sebab ada banyak spot instagramable dan lucu di sini yang bisa dijadikan latar.

  • Universal Studio Singapore

Potret Singapura, Kota Termahal di Dunia 8
Foto By @isabelabizetti

Belum lengkap rasanya ke negeri Singa tapi tidak menginjakkan kaki di Universal Studio Singapore. Ya, ini merupakan wahana bermain dengan tema film terkenal dari Hollywood.

  • Museum Madam Tussauds Singapore

Pengen foto bareng artis idolamu? Datang aja ke Museum Madam TussaudsSingapore.Disini, kamu bisa berfoto sepuasnya dengan selebriti hollywood, kpop, atau tokoh terkenal lainnya.

Nah, itulah info tentang gambaran Singapura dengan kode negara +65. Bagaimana, menarik kan? Saking menariknya kota tersebut, tak sedikit pebisnis elektronik di Pekanbaru mencatut kata negara yang memiliki mata uang Dolar Singapura ini pada nama tokonya loh!

Jadi, kapan rencana kamu ingin mengunjunginya? Yuk, segera di agendakan!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!
Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Sumber: jejakpiknik.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *