Potret Kota Dumai, Si Kota Minyak Indonesia

  • Whatsapp
Potret Kota Dumai, Si Kota Minyak Indonesia

Dumai mungkin masih terdengar sangat asing di telinga para wisatawan. Daerah tersebut merupakan salah satu wilayah bagian dari provinsi Riau yang dahulunya hanya dusun kecil namun kini sudah menjelma menjadi kota Pelabuhan Minyak.

Banyak tanki-tanki minyak yang berdiri megah di setiap sudutnya dan ini menjadi ciri khas dari Dumai itu sendiri sebagai kota industri di Indonesia tersebut.

Read More

Bukan hanya itu saja, Dumai pun dikenal memiliki nilai sejarah yang kuat. Bahkan sekarang, beragam objek wisata di Kota Industri tersebut pun sudah mulai berkembang, dan menjadi bagian dari perkembangan pariwisata di provinsi Riau.

Kamu mau tahu lebih banyak tentang kota Dumai? Yuk disimak langsung ulasan singkat dari tim JejakPiknik dibawah ini!

Tempo Dulu

Foto By www.wasiatriau.com

Tercatat dalam sejarah hitam putih, tempo dulu Dumai hanyalah sebuah dusun kecil yang dihuni oleh para nelayan dan selanjutnya berkembang menjadi satu desa. Kemudian pada tahun 1959, statusnya pun ditingkatkan jadi kecamatan di Kabupaten Bengkalis.

Dan pada tahun 1979, kecamatan Dumai pun kemudian ditingkatkan kembali menjadi kota administratif sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.08 tahun 1979.

Dengan semakin pesatnya perkembangan dan pembangunan, status Dumai ditingkatkan menjadi kotamadya yang terdiri dari 3 kecamatan, 13 kelurahan, 9 desa dan memiliki jumlah penduduk sekitar15.669 jiwa.

Letak Geografis

Potret Kota Dumai, Si Kota Minyak Indonesia 1
Foto By @dumaifromdifferentangles

Berdasarkan peta atau map, Dumai terletak pada 101023°37’ – 101028°13’ Lintang Utara dan 1023°1024’23 Bujur Timur dengan panjang garis pantai yakni sepanjang 234,2 kilometer.

Kota Dumai sendiri memiliki luas 1.727.385 kilometer persegi dan berbatasan dengan Pulau Rupat di sebelah utara, Bukit Batu di timur, Kecamatan Mandau di selatan kemudian Bangko di arah barat.

Kota Industri ini pun terdiri dari dataran tinggi dan dataran rendah serta memiliki pantai yang berhubungan langsung dengan Pulau Rupat dengan kondisi topografi yg datar.

Jarak Dumai sendiri dari kota Pekanbaru, kurang lebih 125 kilometer dan dapat ditempu melalui jalur darat maupun udara baik dengan menggunakan travel, sewa mobil maupun pesawat khusus.

Asal Usul Nama

Potret Kota Dumai, Si Kota Minyak Indonesia 2
Foto By @riau_today

Menurut masyarakat setempat, nama Kota Industri ini berasal dari kata “d’mai” yang selalu diucapkan oleh pangeran Empang Kuala saat melihat kecantikan putri Mayang Sari atau Mayang Mengurai.

Legenda Putri Tujuh sangat erat kaitannya dengan daerah tersebut. Sebagian orang mengatakan bahwa hal tersebut merupakan sejarah nyata kota Dumai. Bisa dilihat, salah satu situs bersejarah dari legenda itu bisa ditemui di dalam komplek PT.Pertamina disana.

Masa Kini

Potret Kota Dumai, Si Kota Minyak Indonesia 3
Foto By @dumaifromdifferentangles

Mengalami peningkatan status dan pemekeran beberapa kali, kini Dumai terdiri dari 7 kecamatan dengan 32 kelurahan. Dalam pembangunannya, pemerintah pun mendirikan sejumlah fasilitas umum.

Dan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat, pemerintah setempat pun membangun pelabuhan, hotel, area perdagangan, bandara, kawasan UMK, UMKM, lengkap serta sejumlah objek wisata yang menarik.

Dan untuk mengurangi tingkat pengangguran, menurut berita terkini, sama seperti kota lain di Indonesia, beberapa waktu lalu BKD Dumai juga membuka loker CPNS terbaru 2020. Info lebih lanjut, bisa kamu lihat di website Simpeg atau LPSE.

Namun sayangnya, santer terdengar juga berita mengejutkan dimana wali kota kota Minyak tersebut tertangkap sebagai tersangka kasus korupsi.

Destinasi Wisata

Sama seperti kota lainnya di provinsi Riau, Dumai juga memiliki potensi alam yang cukup indah dan cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Bahkan beberapa diantaranya banyak belum diketahui oleh wisatawan sehingga nuansa disekitarnya begitu asri.

Mayoritas destinasi di Kota Minyak ini merupakan objek alam dan sebagian lagi adalah jenis wisata budaya serta sejarah. Memiliki garis pantai serta pesisir yang indah, Dumai menjadi pilihan tepat buat kamu yg ingin menikmati keindahan panorama alami.

Di sejumlah tempat wisata di kota Minyak tersebut bahkan telah dilengkapi dengan beragam fasilitas pendukung guna untuk memanjakan para pengunjungnya.

Bagi kamu yang ingin mengunjungi kota Dumai hari ini atau dalam waktu dekat, tak perlu khawatir, berikut kami sajikan 10 daftar tempat wisata terkenal 2020 yang sangat recommended untuk dikunjungi.

Potret Kota Dumai, Si Kota Minyak Indonesia 4
Foto By @alunan_megha

Kamu tertarik ingin mengunjungi daerah pesisir? Cobalah datang ke Pantai Teluk Makmur yang terletak di jalan Datuk Hakim. Ini adalah salah satu spot wisata alam yg memiliki panorama eksotis.

Selain cantik, memiliki pasir putih bersih dan air laut berwarna biru, pada bibir Pantai Teluk Makmur juga banyak terdapat batu-batu yang bisa kamu jadikan sebagai objek foto.

Disini kamu bisa bermain air, berjemur atau sekedar duduk santai menikmati pemandangan dari pondok yang tersedia di sepanjang pantai. Dan lebih pentingnya lagi, jangan sampai lewatkan untuk mengabadikan momen matahari terbenam dari spot tersebut ya!

Potret Kota Dumai, Si Kota Minyak Indonesia 5
Foto By menyapariau.com

Spot satu ini merupakan salah satu destinasi wisata air yang cukup menarik. Kerap dijadikan sebagai tempat rekreasi karena terkenal memiliki pemandangan indan nan asri.

Danau tersebut dikelilingi oleh hutan yang cukup lebat dengan beragam flora dan fauna di dalamnya. Disini, kamu bisa bermain air di pinggiran danau, duduk santai menikmati pemandangan sekitar ataupun sekedar mengitari kawasannya.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Danau Tujuh Bunga ini adalah ketika cuaca sedang cerah, agar kamu bisa mendapatkan pemandangan yang maksimal.

Potret Kota Dumai, Si Kota Minyak Indonesia 6
Foto By @anitadwi_r

Hutan mangrove bisa kamu temukan dengan mudah di sekitar daerah pesisir Dumai, contohnya di Ratu Sima. Kawasan tersebut masih sangat alami dengan dipenuhi pohon bakau yg lebat.

Beberapa fasilitas pendukung pun telah ditambahkan guna untuk memudahkan wisatawan menikmati keindahan hutan tersebut seperti penyediaan jembatan dan penyewaan perahu.

Kamu yang menyukai destinasi berbeda, bisa berkunjung ke hutan mangrove ini. Disana terdapat beberapa flora dan fauna lokal di kawasan objek di daerah pesisir tersebut.

Tidak sulit untuk menjangkaunya, kamu juga bisa menggunakan jasa-jasa para travel agen yang tersedia di OLX area Dumai, Pekanbaru atau sekitarnya.

Potret Kota Dumai, Si Kota Minyak Indonesia 7
Foto By @mayanjeliaa

Terkenal akan pesisirnya yang cantik dan menawan, jangan lewatkan kesempatan untuk menyambangi Pantai Purnama di daerah Dumai Barat. Ini juga merupakan salah satu tempat paling rekomendasi buat menikmati keindahan matahari terbenam.

Alam di sekitarnya yang begitu asri menjadi nilai tambah bagi Pantai Purnama. Namun perlu diperhatikan, kondisi pasirnya sedikit berlumpur, sehingga tidak cocok untuk dijadikan lokasi bermain pasir.

Sebagai alternatif, kamu bisa menyusuri garis pantai dengan duduk santai menikmati pemandangan dari pondok yang disediakan ataupun sekedar berjalan kaki mengitari kawasan tersebut.

Potret Kota Dumai, Si Kota Minyak Indonesia 8
Foto By dumairupat.websites.co.in

Objek wisata berikutnya yang menarik untuk dikunjungi di kota Minyak tersebut adalah Goa Pelintung. Ini merupakan spot bagus buat kamu yg ingin mencoba hal baru selain menyusuri pesisir pantai.

Goa Pelintung yg terletak di kota Dumai dengan logo dominan berwarna hijau ini konon katanya pernah dijadikan sebagai tempat penyimpanan bajak laut untuk menyimpan barang-barang hasil jarahan mereka.

Walau sampai sekarang masih diragukan kebenarannya, namun tidak membuat Goa Pelintung surut peminat. Keindahan yang ditawarkan adalah kontruks stalakmit dan stalaktit yg menakjubkan. Kamu tidak akan rugi jika mengunjunginya.

Potret Kota Dumai, Si Kota Minyak Indonesia 9
Foto By @raju__saragih

Terdapat landmark yang cukup terkenal di kota Dumai, namanya yaitu Tugu Lancang Kuning. Bagian menarik dari spot ini adalah bentuknya yang menyerupai kapal laut yg diletakkan di Taman Bukit Gelanggang.

Dimana didalamnya, kamu akan menemukan sebuah perpustakaan mini. Di akhir pekan, spot tersebut selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar, baik itu untuk menikmati pemandangan, bermain atau membaca buku di perpusnya.

Nah, itulah ulasan singkat tentang gambar kota Dumai yg ultah di tanggal 27 April itu. Informasi penuh tentang daerah tersebut tidak dapat terangkum secara lengkap pada ulasan diatas, seperti jadwal imsak, dll.

Untuk mengeksplorasi secara keseluruhan, kamu boleh berlibur kesana bersama keluarga ataupun orang-orang terdekat lainnya. Jadi, kapan rencana kamu ingin mengunjunginya?

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!
Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Sumber: jejakpiknik.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *