Potret Bali Yang Penuh Dengan Keeksotisan

  • Whatsapp
Potret Bali Yang Penuh Dengan Keeksotisan

Tentang Pulau Bali, tentunya tidak asing lagi bagi sebagian orang. Ya, ini adalah salah satu kota di Tanah Air yang kepopulerannya sudah sampai ke telinga mancanegara.

Mulai dari keindahan alamnya, budayanya hingga adat asli nenek moyang masyarakat Indonesia masih terjaga rapi di pulau Dewata yang beribukotakan Denpasar ini.

Read More

Berbicara tentang Bali, tidak akan pernah ada habisnya terutama tentang bidang pariwisatanya. Dan kali ini JejakPiknik akan mengulas mengenai Pulau Dewata tersebut secara singkat mulai dari informasi umum, sejarahnya hingga berbagai tempat wisatanya.

Informasi Umum

Foto By www.motormaticbali.com

Bali adalah salah satu pulau dari 17.000 lebih kepulauan yang ada di Tanah Air, dengan luas yakni sepanjang 153 kilometer, lebar 112 km dan total luasnya sekitar 123,98 km persegi.

Luas pulau Bali bisa dibilang setengah dari luas provinsi Jawa Timur dan sekitar 3,2 kilometer dari Ketapang bagian timur pulau Jawa.

Secara geografis, Bali terletak di sebuah garis khayal 8°25’23” lintang selatan dan 115°14’55” di bujur timur. Hal tersebutlah yang membuat iklim di pulau Dewata ini beriklim tropis, seperti daerah lain di Indonesia.

Bali juga menjadi rantai terakhir dari jajaran pulau-pulau garis imajiner yang menandakan pemisahan zona antara ekologi Australasia dan Asialis.

Geografi Pulau

Potret Bali Yang Penuh Dengan Keeksotisan 1
Foto By travel.tribunnews.com

Secara topologi, Bali terbentang pegunungan dari barat hingga ke timur pulau dan diapit antara Pulau Jawa di bagian barat lalu Lombok di sebelah timur.

Diantara pegunungan tersebut, disana terdapat sejumlah gunung yang aktif dan tidak. Beberapa contoh diantaranya yaitu Mount Agung, Batur, Gunung Abang serta Batukaru.

Tidak hanya itu saja, Pulau Dewata tersebut juga dibelah oleh kanal, sungai serta ngarai yang diselimuti oleh hutan. Sementara untuk lembah serta bukitnya diwarnai hamparan padi hijau, ujung-ujung pantai yg indah juga danau-danau sisa kawah.

Dan di Bali, terdapat 4 buah danau yang lokasinya terletak di tengah pulau di kawasan pegunungan, yaitu danau Beratan/Bedugul, Buyan, Tamblingan serta Batur.

Sejarah Pulau Bali

Potret Bali Yang Penuh Dengan Keeksotisan 2
Foto By validnews.id

Pulau Bali kuno dihuni oleh bangsa Austronesian sekitar 2000 tahun sebelum masehi, Yang mana berimigrasi dari Taiwan melalui Maritime Asia Tenggara.

Budaya dan bahasa masyarakat Bali kaitannya sangat erat dengan orang-orang dari kepulauan Indonesia, Filipina, Malaysia dan Oseania. Terbukti lewat penemuan benda-benda purbakala seperti alat-alat pada zaman Austronesia di desa Cekik.

Masa Bali kuno terdapat 9 sekte Hindu yaitu Bhairawa, Pasupata, Siwa Shidanta, Waisnawa, Brahma, Bodha, Sora, Resi dan Ganapatya. Masing-masingnya menghomati dewa tertentu sebagai Ketuhanan pribadinya.

Budaya Pulau Dewata ini juga sangat dipengaruhi oleh Cina dan Hindu, khususnya Hindu yang dimulai pada abad 1 Masehi. Nama Bali Dwipa ditemukan dari berbagai prasasti, termasuk pilar prasasti Blanjong yang ditulis oleh Sri Kesari Warmadewa.

Pada masa itu, irigasi Subak sudah dikembangkan untuk menanam padi. Dan beberapa tradisi keagamaan serta budaya masih ada sampai saat ini.

Potret Sekarang

Potret Bali Yang Penuh Dengan Keeksotisan 3
Foto By travel.kompas.com

Sekarang, Bali telah menjadi tujuan wisata yang sangat populer di muka bumi ini. Hampir sebagian besar wisatawan kerap menjadikannya sebagai destinasi untuk berbulan madu ataupun liburan bersama keluarga.

Tak hanya terkenal akan tarian, budaya, musik tradisional, lukisan dan kerajinan lainnya, Pulau Dewata tersebut juga banyak diminati karena memiliki sejuta bahari dengan pemandangan yang begitu indah serta menawan.

Dan di tahun 2020, pembangunan fasilitas umum di seluruh daerah di Bali semakin diratakan. Ditambah lagi dengan didirikannya, area perumahan (residence) di sekitar Padalarang, membuat orang-orang kini menjadikannya sebagai incaran tempat tinggal.

Fakta Unik

Potret Bali Yang Penuh Dengan Keeksotisan 4
oto By geograph88.blogspot.com

Selain memiliki pemandangan alam yang indah, Bali juga ternyata memiliki sederet fakta unik yg belum diketahui oleh orang banyak. Kamu sudah tahu apa saja?

  • Turis Australia menjadi yang paling banyak berkunjung ke Pulau Dewata
  • Kota dengan ikon Garuda Wisnu Kencana ini punya puluhan stasiun pengisian air minum gratis
  • Memiliki mascot berbeda di setiap daerahnya, Bali ternyata punya sekolah yang terbuat dari bambu dan tanpa dinding
  • Tol terapung Indonesia ternyata ada di Pulau dengan lambang Segilima berwarna dasar biru tua ini, yaitu Tol Bali Mandara
  • Destinasi wisata favorit para Digital Nomad ialah Canggu dan Ubud
  • Dua hotel di Pulau beribukotakan Denpasar ini masuk dalam jajaran hotel mewah di dunia
  • Bali menjadi Pulau dengan hari libur paling banyak di Indonesia
  • Desa Panglipuran disana adalah desa terindah di Indonesia
  • Sistem Subak milik Pulau Dewata menjadi salah satu situs warisan Dunia UNESCO
  • Masuk dalam 10 besar sebagai pulau terbaik di dunia
  • Pulau dengan seribu festival adat.

Destinasi Favorit

Potret Bali Yang Penuh Dengan Keeksotisan 5
Foto By @baligasm

Ada banyak sekali tempat wisata populer yang bisa kamu kunjungi di Bali, dari mulai objek alamnya, kuliner, museum, sampai belanja dan lain sebagainya. Dan sederet spot tersebut pun sangat menarik dikunjungi baik siang maupun malam hari.

Berikut beberapa daftar destinasi populuer yang sangat direkomendasikan buat kamu kunjungi di Pulau Dewata:

Potret Bali Yang Penuh Dengan Keeksotisan 6
Foto By @dive.the.world

Seperti namanya, saat liburan ke Tanah Lot kamu akan menemukan sebuah pura yang terletak di atas batu karang besar dengan latar belakang pemandangan laut selatan.

Daya tarik dari spot tersebut adalah keindahan pemandangan sunset dengan latar siluet Tanah Lot yang berpadu bersama ombak yg menerjang batu karang. Menjadi momen paling pas untuk berburu foto epic.

Menawarkan bentangan pasir putih yang panjang serta pemandangan sunset yg indah, membuat Pantai Kuta selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Ditambah lagi, untuk menuju lokasi sangat mudah, tidak perlu menggunakan peta.

Berselencar, berenang atau sekedar duduk santai di tepi pantai adalah kegiatan yang menarik untuk dilakukan disini. Keindahan spot satu ini juga sudah banyak loh, diabadikan lewat foto-foto di internet, kamu pun bisa download sesukamu.

Potret Bali Yang Penuh Dengan Keeksotisan 7
Foto By @novamurullatifah

Uluwatu temple selalu menjadi tempat wisata favorit para wisatawan yang baru pertama kali liburan ke Bali. Pasalnya, ada banyak hal menarik yg ditawarkannya.

Diantaranya yaitu letaknya berada di ujung atas tebing tinggi, arsitekturnya unik, terdapat banyak kera berekor panjang di sekitarnya, pengunjung dapat melihat pemandangan Samudera Hindia dari atasnya dan menawarkan sunset yg begitu indah.

Nah, kalau di daerah Singaraja, Menjangan island yang tidak berpenghuni menjadi favorit para wisatawan yg ingin mencari ketenangan, sebab letaknya jauh dari keramaian.

Selain nyaman, Pulau Menjangan juga menjadi favorit para turis yang hobi diving ataupun snorkeling, karena pemandangan alam bawah lautnya terkenal cantik sekali.

  • Taman Garuda Wisnu Kencana

Potret Bali Yang Penuh Dengan Keeksotisan 8
Foto By @gungbram_07

Garuda Wisnu Kencana atau GWK adalah sebuah taman budaya baru sekaligus ikon dari Bali. Ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan.

Sama halnya dengan daerah lain, Legian juga punya pantai yang wajib untuk dikunjungi, terutama bagi kamu pencari suasana damai. Banyak aktivitas yg bisa dilakukan disini, seperti berjemur, bermain air hingga berjalan-jalan mengitari pantai.

Di sekitar Legian ini pun banyak hotel ataupun resort, jadi tidak perlu khawatir jika ingin menginap disana. Jangan lewatkan juga untuk menikmati pesona wisata malam hari yg penuh kejutan di kawasan tersebut.

Selain daftar diatas, sebenarnya masih ada banyak lagi tempat wisata menarik lainnya di Bali. Namun cukup sekian dulu info tentang gambar kota Bali, sampai jumpa di artikel lainnya!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!
Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Sumber: jejakpiknik.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *