PENTING! Berikut Kriteria Orang-orang yang Tidak Boleh Mendapatkan Kartu Prakerja dan Bagaimana Tesnya

  • Whatsapp
PENTING! Berikut Kriteria Orang-orang yang Tidak Boleh Mendapatkan Kartu Prakerja dan Bagaimana Tesnya
IDTODAY.CO – Pengertian Kartu Prakerja

Bersumber dari prakerja.go.id, program Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan.

Read More

Banyak orang mengartikan kartu ini diperuntukkan bagi mereka yang belum mendapatkan pekerjaan. Padahal Kartu Prakerja tidak hanya diberikan untuk mereka yang sedang bersusah-payah mencari pekerjaan, tetapi juga untuk mereka para pekerja/buruh yang terkena PHK dan mereka para pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan karena pengurangan karyawan ditempat kerjanya, dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Program Kartu Prakerja ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, serta mengembangkan kewirausahaan. Namun ada catatan penting karena tidak semua mendapatkan itu meskipun kriterianya memenuhi.

Berikut ini beberapa orang yang tidak diperbolehkan mendapatkan kartu prakerja:

– Pejabat Negara

– Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

– Aparatur Sipil Negara

– Prajurit Tentara Nasional Indonesia

– Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia

– Kepala Desa dan perangkat desa

– Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

Tes Kartu Kerja

Sebelum mendaftar, sebaiknya Anda perlu mengetahui informasi ini. Karena kartu ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi para pekerja dan orang yang belum kerja, maka tak heran apabila ingin mendapatkan kartu ini harus melalui beberapa tes.

Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan menggali potensi yang kamu miliki.  Tes ini terdiri dari 18 soal yang harus Anda kerjakan dalam waktu maksimal 25 menit. Soal yang diujikan terdiri dari beberapa jenis yaitu soal matematika, pengurutan instruksi, dan pemahaman bacaan non-sastra. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.

Setelah Anda mengisi tes tersebut maka hasil tes akan dievaluasi. Nah ketika proses evaluasi berlangsung, Anda diminta untuk menunggu sebentar sekitar kurang lebih lima menit. Jika sudah lima menit belum ada perubahan, silahkan klik tombol Refresh.

Ketika proses itu selesai, nantinya Anda akan diberitahu hasil tes, apakah Anda lolos atau tidak. Oh iya, jika Anda mendengar kata tes langsung keluar keringat dingin, sebaiknya Anda perlu meminum air putih karena apa, tesnya tidak seberat waktu ujian sekolah jadi tidak perlu terlalu khawatir dan takut.

Baca Juga: Waspadai WhatsApp, Ini Ciri WhatsApp Disadap dan Cara Mengatasinya

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *