Nyeri Pinggang Tapi Tidak Melakukan Peregangan, Adakah Dampaknya?

  • Whatsapp
Nyeri Pinggang Tapi Tidak Melakukan Peregangan, Adakah Dampaknya?
Megaluh.com – Nyeri pinggang dan lutut adalah keluhan yang sering terjadi saat kita duduk terlalu lama, terutama saat bekerja di kantor maupun saat di rumah saja saat pandemi ini.

Dalam kondisi tubuh sehat, nyeri pinggang dan lutut umumnya disebabkan dari kekakuan otot karena mempertahankan satu posisi di lutut maupun pinggang untuk waktu yang cukup lama.

Read More

Dipaparkan oleh spesialis kedokteran olahraga, dr Michael Triangto, SpKO dari RS Mitra Keluarga Kemayoran, oleh karena itu tubuh memerlukan peregangan dan waktu tertentu untuk istirahat.

Ilustrasi nyeri pinggang atau pinggul. (Shutterstock)

Akan tetapi, rupanya ada dampaknya bila tidak melakukan peregangan dalam waktu yang cukup lama dan tidak segera mengatasi nyeri pinggang dan lutut.

“Tentunya sesuatu yang jangka panjang itu ada dampaknya,” katanya dalam Live Instagram pada Selasa (30/6/2020).

Baca Juga:
Konsumsi Ubi Jalar Bisa Bantu Redakan Nyeri Punggung

Dampak yang bisa terjadi gangguan postur tubuh bahkan sampai skoliosis. Dengan berjalannya waktu, dampak akan semakin nyata karena tidak diatasi.

Hal ini akan menjadi semakin berat apabila sudah masuk usia lanjut. Karena pada usia lanjut umumnya sudah membutuhkan obat untuk mengatasi penyakit penyerta seperti diabetes, hipertensi, atau jantung.

“Lalu apa mau tambah lagi obat untuk nyeri? Ini yang mau kita hindarkan sebisa mungkin dari usia dini. Agar bisa menjaga postur sebaik yang mampu kita miliki dan dipertahankan dalam jangka panjang,” jelas dr Michael.

Baca Juga:
Waspada, Nyeri Leher Bisa Jadi Gejala Virus Corona Covid-19

Selain menyarankan melakukan peregangan, dr Michael juga menyarankan untuk melakukan latihan kekuatan. Hal ini tentu baru bisa kita dapatkan manfaatnya dalam waktu yang panjang.

Ia juga berharap dengan rajin menjaga postur tubuh yang baik juga dijauhkan dari membutuhkan obat-obatan yang tidak diperlukan.

“Kita harapkan kita tidak membutuhkan obat secara terus-menerus. Semoga hanya untuk sesaat pada saat sakit, dan seterusnya kita bisa merawat diri sendiri,” pungkasnya. 


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Komentar