Niat Sholat Jumat Lengkap : Imam, Makmum, dan Sunnahnya

  • Whatsapp
Niat Sholat Jumat Lengkap : Imam, Makmum, dan Sunnahnya
Niat Sholat Jumat Lengkap : Imam, Makmum, dan Sunnahnya

Ilustrasi niat sholat jumat – Image from kabarmakkah.com

Read More

Sholat jum’at merupakan sholat yang dilakukan tiap hari jum’at. Sholat ini merupakan sholat wajib bagi umat muslim laki-laki.
Rasulullah SAW bersabda,

الْجُمُعَةُ حَقٌّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فِي جَمَاعَةٍ إِلَّا أَرْبَعَةً عَبْدٌ مَمْلُوكٌ أَوْ امْرَأَةٌ أَوْ صَبِيٌّ أَوْ مَرِيضٌ

Artinya : “Jum’at itu wajib bagi setiap Muslim dengan berjama’ah, kecuali empat (golongan), yaitu; hamba sahaya, wanita, anak-anak dan orang yang sakit”.

Seperti sholat-sholat lainnya, ketika sholat jumat juga diwajibkan untuk mengucap niat sholat jumat.

Adapun artikel ini akan membahas lebih jauh mengenai niat sholat jumat yang benar beserta gambar shalat jumat.

Niat Sholat Jumat Berjamaah

Anjuran untuk melaksanakan sholat jum’at juga ada pada firman Allah dalam Q.S Al-Jumu’ah ayat 9,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ 

Artinya: “Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui”.

Adapun lafadz niat sholat jumat adalah sebagai berikut :

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii fardlol jum’ati rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta’aala.

Artinya : “Aku niat melakukan shalat jum’at 2 rakaat, sambil menghadap kiblat, saat ini, menjadi makmum, karena Allah ta’ala”.

Niat Sholat Jum’at untuk Imam

Lafadz diatas merupakan niat shalat jumat untuk mukmin. Sedangkan do a niat sholat jum at bagi imam mempunyai beberapa perbedaan. Berikut bacaan niat sholat jumat untuk imam :

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً اِمَامًا لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli fardlol jum’ati rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an imaaman lillaahi ta’aala.

Artinya : “Aku niat melakukan shalat jum’at 2 rakaat, sambil menghadap kiblat, saat ini, menjadi imam, karena Allah ta’ala “. 

Sunnah Sebelum Sholat Jumat

Rasulullah bersabda:

مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، وَاسْتَاكَ، وَمَسَّ مِنْ طِيبٍ إِنْ كَانَ عِنْدَهُ، وَلَبِسَ مِنْ أَحْسَنِ ثِيَابِهِ، ثُمَّ خَرَجَ حَتَّى يَأْتِيَ الْمَسْجِدَ، فَلَمْ يَتَخَطَّ رِقَابَالنَّاسِ، ثُمَّ رَكَعَ مَا شَاءَ أَنْ يَرْكَعَ، ثُمَّ أَنْصَتَ إِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ، فَلَمْ يَتَكَلَّمْ حَتَّى يَفْرُغَ مِنْ صَلَاتِهِ، كَانَتْ كَفَّارَةً لِمَا بَيْنَهَا وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ الَّتِي قَبْلَهَا

Artinya : “Siapa yang mandi hari Jum’at, sikat gigi, memakai parfum, dan memakai pakaian paling bagus yang dimilikinya, pergi shalat Jum’at dan tidak melangkahi bahu orang, kemudian shalat sunnah dan mendengarkan khutbah sampai selesai, serta tidak berbicara, maka diampuni dosa antara Jum’at itu dan Jum’at sebelumnya” (HR: Ahmad)

Dari sabda Nabi diatas, ada beberapa sunnah yang harus dilakukan ketika sholat jumat, antara lain :

1. Mandi
Adapun mandi ini bukanlah mandi biasa yang kita lakukan sehari-hari, namun adalah mandi khusus hari Jum’at.
Adapun tata-cara mandi jum’at silahkan melihat di Bacaan Niat Mandi Sunnah Hari Jum’at, Arab, Latin dan Arti Beserta Keutamaannya

2. Menghias diri
Menghias diri yang dimaksud disini bukanlah menggunakan perhiasan sebanyak-banyaknya yang bertujuan sebagai ajang pamer, melainkan dengan menggunakan baju yang bersih dan wangi.

Lebih diutamakan lagi memakai pakaian yang berwarna putih, Dan bagi orang yang ditunjuk sebagai khatib shalat jum’at sangat dianjurkan mengenakan tampilan terbaik dengan bajunya yang bagus dan rapi.

3. Memakai wewangian
Dalam hal ini adalah memakai wewangian atau parfum yang mempunyai bau mencolok, misalnya parfum minyak kasturi yang dicampur dengan air bunga mawar.

Namun jika tidak mempunyai parfum yang demikian tadi, maka menggunakan parfum lain yang wangi dan berbahan halal serta halal cara mendapatkannya adalah diperbolehkan, dan hal ini tetap mendapatkan keutamaan sunnah diatas.

4. Bercukur
Yang dimaksud disini adalah mencukur bulu kemaluan, bulu ketiak, serta memotong kuku. Selain itu juga disunnahkan untuk membersihkan diri dari bau yang tidak sedap, seperti bau mulut ataupun bau pada anggota badan lainnya.

5. Berdzikir
Selain mengucap doa sholat jumat, kita juga dianjurkan untuk berdzikir. Adapun dzikir ini dapat dibaca ketika di perjalanan menuju masjid, disertai dengan membaca doa menuju masjid. Adapun lafadznya silahkan baca di Doa Menuju Masjid

6. Fokus
Disamping melafadzkan niat bacaan sholat jumat, kita juga harus diam dan fokus saat pelaksanaan sholat jumat.

Diam dan fokus disini dapat diartikan mendengarkan apa yang disampaikan khatib dari khutbah yang pertama sampai khutbah kedua berakhir, dengan tidak berbicara. Serta ketika khatib mengucapkan salam di sela khutbah berlangsung, maka kita diwajibkan untuk menjawab salam khatib tersebut.

7. Melaksanakan sholat sunnah
Sebelum mengucap doa niat shalat jumat, kita disunnahkan untuk melaksanakan shalat sunnah tahiyatul masjid 4 rakaat, yang mana di setiap rakaatnya membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 50 kali.

Namun jika imam sudah tiba di masjid dan hendak melaksanakan khutbah, maka kita hanya disunnahkan melakukan shalat sunnah tahiyatul masjid 2 rakaat saja dan membaca surat Al-Ikhlas cukup sekali atau lebih.

Demikian artikel tentang doa shalat jumat lengkap ini, semoga dapat bermanfaat.

Sumber: WajibBaca.com

Loading...

Related posts

loading...