Moeldoko Sebut DPRD Punya Peran Strategis Dalam Penanganan Covid-19

  • Whatsapp
Moeldoko Sebut DPRD Punya Peran Strategis Dalam Penanganan Covid-19

Megaluh.com – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) memiliki peran strategis dalam penanganan pandemi Covid-19. 

Peran strategis itu kata Moeldoko terutama melalui tiga hal, yakni pembuatan Peraturan Daerah (Perda), pengawasan, dan anggaran. 

Read More

“Ada harapan besar supaya anggota dewan bisa menjadi bagian penting bagi upaya penanganan pandemi dan dampaknya,” ujar Moeldoko dalam webinar dengan tema, “Kedudukan Anggota DPRD Sebagai Pejabat Daerah dalam Sistem Pemerintahan pada Saat Ini, dalam keterangannya, Jumat (6/11/2020)

Menurut Moeldoko, peningkatan peran DPRD saat pandemi yakni melalui pembuatan regulasi yang berpihak pada masyarakat yang saat ini terdampak Covid-19. 

Baca Juga:
Pembahasan APBD 2021 DKI Molor, DPRD Yakin Terhindar dari Tak Gajian

Sementara dari sisi pengawasan, DPRD kata Moeldoko perlu mengawasi biaya penanganan Covid-19.

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. (Suara.com/Ria Rizki).

Selain itu, pengawasan pelaksanaan Inpres No. 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19, serta kebijakan lain yang dibuat terkait penanganan COVID-19.

Moeldoko juga meminta DPRD untuk melakukan realokasi dan refokusing anggaran daerah untuk penanganan COVID-19. 

“APBD supaya benar-benar memikirkan upaya penanganan COVID-19 dan dampaknya, baik sosial, ekonomi, maupun lainnya,” ucap Moeldoko.

Tak hanya itu, Moeldoko menuturkan KSP sebagai lembaga negara yang salah satu tugasnya adalah melaksanakan pengendalian program-program prioritas nasional akan membantu seluruh DPRD yang ada untuk optimalisasi peran-peran tersebut.

Baca Juga:
Tegas! Ini Jawaban Wakil Ketua DPRD DKI soal Kasus Rasis Oknum Guru SMAN 58

“Jika teman-teman DPRD memiliki kesulitan silakan berkonsultasi. Kami memiliki program “KSP Mendengar” dimana setiap orang dapat mengungkapkan pendapat, berkeluh kesah dan memberi masukan,”  kata Moeldoko.  


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *