Minuman dengan Pemanis Buatan Berdampak Buruk pada Kesehatan Jantung

  • Whatsapp
Minuman dengan Pemanis Buatan Berdampak Buruk pada Kesehatan Jantung
Megaluh.com – Sebuah studi menemukan bahwa minuman yang mengandung pemanis buatan justru lebih berbahaya dari minuman dengan gula asli, terlebih bagi jantung.

“Studi kami menunjukkan minuman yang dimaniskan secara buatan mungkin bukan pengganti yang sehat untuk minuman dengan gula asli,” kata penulis studi Eloi Chazelas. mahasiswa doktoral dan anggota tim peneliti epidemiologi nutrisi di Sorbonne Paris Nord University.

Read More

Mendukung pernyataan tersebut, ahli jantung Andrew Freeman dari American College of Cardiology menjelaskan bahwa minuman yang dimaniskan dengan gula buatan memiliki ‘hubungan buruk’ dengan kardivaskular dan aspek kesehatan lain.

Misalnya, tambah Freeman, dibandingkan dengan wanita yang minum soda, minuman olahraga atau jus kurang dari sekali sebulan, wanita yang minum lebih dari dua porsi sehari (baik gelas, botol, atau kaleng) memiliki 63 persen peningkatan risiko kematian diri.

Baca Juga:
Diet Ketogenik atau Tinggi Lemak Diklaim dapat Mencegah Gagal Jantung

Sedangkan pria yang mengonsumsi lebih dari dua porsi memiliki peningkatan sebesar 29 persen, menurut studi 2019, dilansir CNN.

Ilustrasi minuman soda. (Shutterstock)

“Banyak orang berkata, ‘Ya, mungkin soda diet dan minuman dengan pemanis buatan lebih daripada minuman yang dimaniskan dengan gula’. Tapi ada bukti menunjukkan bahwa ada kemungkinan bahaya, terutama pada wanita,” ujar Freeman.

Minum empat atau lebih minuman yang dimaniskan secara buatan, berdasarkan studi 2019 lain, dapat meningkatkan risiko kemtaian dini akibat kardiovaskular pada wanita.

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan hubungan antara minuman ini dengan stroke, demensia, diabetes tipe 2, obesitas, dan sindrom metabolik, yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Itulah sebabnya Freeman memberi tahu pasiennya untuk memilih minuman dengan bijak.

Baca Juga:
Studi: Pola Hidup Pasangan Bisa Pengaruhi Kesehatan Jantung

“Saya memberi tahu mereka bahwa minuman yang sempurna untuk konsumsi manusia adalah air putih. Mungkin dengan teh dan kopi tanpa pemanis. Sisanya mungkin tidak boleh dikonsumsi secara teratur,” imbuh Freeman


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *