Mensos Juliari Batubara Tersandung KPK, Jokowi Harus Ganti Kebijakan Bansos dari Bentuk Barang ke Uang Tunai

  • Whatsapp
Mensos Juliari Batubara Tersandung KPK, Jokowi Harus Ganti Kebijakan Bansos dari Bentuk Barang ke Uang Tunai
Megaluh.com – Mensos Juliari Batubara tersandung KPK. Diduga dia mengutip dana Bansos Rp 10 ribu per paket.

Menyikapi apa yang dilakukan Juliari Batubara tersebut,. Wakil Direktur Visi Integritas Emerson Yuntho mengatakan bahwa Presiden Jokowi harus melakukan perubahan dalam skema pemberian Bansos.

Read More

“Mengganti kebijakan Bansos dari pemberian barang menjadi bantuan dalam bentuk uang tunai,” kata Wakil Direktur Visi Integritas Emerson Yuntho dalam keterangannya, Minggu (6/12). seperti dikutip dari kumparan (06/12/2020).

Menurut Emerson, presiden Jokowi juga harus memberikan instruksi kepada seluruh kementerian dan Lembaga untuk menerapkan ISO 37001 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan. 

“Sistem ini dipercaya efektif dalam mencegah, mendeteksi dan menangani penyuapan di internal organisasi serta mematuhi perundang-undangan yang terkait dengan anti penyuapan,” jelas Emerson.

“Selain itu peran inspektorat sebagai pengawas internal di masing-masing Kementerian/Lembaga perlu diperkuat dan ditingkatkan kapasitasnya untuk mendeteksi potensi korupsi dan penyimpangan yang terjadi,” tambahnya lagi.

Selain itu, Presiden Jokowi harus segera memberhentikan Juliari sebagai Menteri Sosial.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa. Presiden Jokowi harus memberikan dukungan penuh terhadap upaya KPK membongkar dan menuntaskan korupsi yang terjadi serta momentum untuk bersih-bersih di dua Kementerian tersebut. 

“Terakhir, Presiden Jokowi sebaiknya perlu melakukan evaluasi terhadap seluruh jajaran menteri di lingkungan Kabinet Indonesia Maju. Dasar evaluasi harus diperluas tidak saja memperhatikan aspek kinerja selama menjadi menteri, namun juga aspek integritas dan dukungan terhadap upaya pemberantasan korupsi,” tutup Emerson.[kumparan/brz/nu]

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *