Mengintip Kota Bogor Dulu dan Sekarang

  • Whatsapp
Mengintip Kota Bogor Dulu dan Sekarang

Ada yang sudah pernah ke Bogor? Siapa sih tak kenal dengan daerah yang dijuluki kota Hujan ini. Yups, Bogor adalah salah satu daerah bagian di provinsi Jawa Barat yang mempunyai banyak sekali pesona menarik.

Bogor sendiri terletak 59 kilometer persegi di sebelah selatan Jakarta. Dijuluki Kota Hujan karena daerah tersebut memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Wilayahnya terbagi menjadi 6 kecamatan dan 68 kelurahan.

Read More

Konon katanya, pada zaman kolonial Belanda, Bogor dikenal dengan nama Buitenzorg yang berarti aman tentram atau tanpa kecemasan.

Tempo Dulu

Foto By republika.co.id

Menurut sejarah, dulu sekali yakni pada abad ke-5, Bogor disebut sebagai tempat berdirinya kerajaan Taruma Negara dan beberapa kerajaan lainnya. Alasannya karena daeriah tersebut aman dari serangan musuh dan cukup subur serta memiliki akses mudah dengan sentra perdagangan saat itu.

Kerajaan Sunda dan Pajajaran juga merupakan kerajaan lainnya yang menjadikan kota Bogor sebagai pusat pemerintahannya. Dibuktikan dengan ditemuinya beberapa prasasti disana.

Asal Usul Arti Nama

Mengintip Kota Bogor Dulu dan Sekarang 1
Foto By @explorebogor

Terdapat 4 analisis mengenai asal usul dan arti nama kota Bogor, yakni

  • Pertama, ada yang bilang namanya berasal dari kata yg salah ucap oleh orang Sunda, yakni Buitenzorg, dan menjadi nama resmi pada masa penjajahan Belanda.
  • Yang kedua, berasal dari kata “Baghar atau Bagar” yang artinya sapi. Karena di dalam Kebun Raya ada ditemukan sebuah patung hewan tersebut
  • Ketiga, berasal dari kata Boqor, yakni sejenis bakul berbahan logam. Namun alasan ini masih kurang jelas.
  • Asli bernama Bogor, yang berarti “tunggul kawung” atau enau.

Untuk lebih jelas mengenai keempat analisa diatas, kamu mungkin bisa search di mesin pencari atau google. Namun menuru beberapa sumber, Bogor diambil dari kata Buitenzorg atau “no worry” atau dalam bahasa Indonesia yaitu tanpa kecemasan.

Potret Sekarang

Mengintip Kota Bogor Dulu dan Sekarang 2
Foto By @bogorkotahijau

Nah, terlepas dari asal usul penamaan, kini Bogor telah berubah menjadi salah satu kota besar di provinsi Jawa Barat. Berbagai fasilitas umum dan infrastruktur pun kian banyak dibangun di kota Hujan tersebut.

Seperti kita lihat dari gambar diatas, kota Hujan mulai dipenuhi dengan gedung-gedung mewah, mall, hotel, rumah sakit, spot kekinian hingga sejumlah sekolah bagus seperti SMK PGRI 1 misalnya.

Sebagai salah satu kota penyangga ibukota, Bogor diketahui memiliki banyak fungsi. Selain sebagai tempat kabur warga Jakarta pada saat weekend atau hari libur, juga menjadi pilihan tempat tinggal bagi para pekerja yang mengais rezeki di ibukota.

Tak heran apabila setiap pagi stasiun dan commuter line jurusan Jakarta di kota dengan logo untaian Burung Garuda, Istana, Gunung Salak serta Kujang ini selalu menjelma menjadi lautan manusia.

Hal Menarik

Mengintip Kota Bogor Dulu dan Sekarang 3
Foto By @ssci.bogordepok

Selain memiliki sejarah dan asal usul penamaan yang unik, ternyata kota Bogoe juga memiliki banyak hal menarik yang harus kamu ketahui, terlepas dari objek wisatanya. Dan berikut adalah faktanya:

  • Panasnya Kota Hujan sama seperti di Jakarta
  • Pernah memecahkan rekor sebagai kota petir pada tahun 2009 lalu.
  • Selamat datang di kota sejuta angkota
  • Memiliki Kebun Raya tertua di Asia
  • Surganya Kuliner
  • Memiliki Tugu Kujang sebagai landmark kota Bogor
  • Tempat didirikannya Istana Bogor, saksi bisu histori Indonesia
  • Selalu padat ketika akhir pekan atau weekend.

Makanan dan Minuman Khas

Mengintip Kota Bogor Dulu dan Sekarang 4
Foto By @ngohiang_khas_bogor

Dibalik hal menarik diatas, Bogor masih menyimpan sejuta pesona lainnya yang layak untuk dieksplor saat liburan ke sana, salah satu contohnya yaitu kulinernya.

Seperti disebutkan sebelumnya, kota Bogor adalah salah satu daerah wisata dengan sejuta kuliner. Jadi buat kamu yang mau mencicipi makanan enak, wajib menyambanginya.

Lantas, apa aja sih kuliner khas Bogor yang wajib buat dicicipi? Berikut rekomendasinya:

Saat tiba di Bogor dan tiba-tiba kamu ingin sekali menyantap kuliner berkuah dengan dilengkapi lontong, maka Bapatong bisa menjadi pilihan paling tepat untuk memanjakan lidahmu.

Nah, di kota ini kamu juga bisa mencicipi yang namanya Asinan Bogor, salah satu kuliner percampuran budaya lokal dan tionghoa. Jenis santapan tersebut dibagi 3, ada dari buah, sayur dan gabungan keduanya.

Ingin mencicipi kuliner unik dan berbeda? Kamu bisa mencoba roti unyil. Dinamakan demikian karena bentuknya mungil dan bisa sekali lahap. Kudapan tersebut sangat cocok lho dijadikan buah tangan!

Laksa adalah makanan khas Bogor yang berasal dari daerah Cibinong. Kuliner satu ini sejenis kari dengan diberi oncom di dalamnya, kemudian diberi telur rebus dan siraman santan. Hidangan tersebut sangat cocok disantap saat masih panas.

Objek Wisata Hits

Mengintip Kota Bogor Dulu dan Sekarang 5
Foto By @bogoriantraveller

Objek wisata diBogor juga memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tak heran bila setiap akhir pekan tiba, Kota Hujan ini selalu macet dan menjadi lautan manusia karena dipadati pengunjung terutama warga dari ibukota.

Tidak hanya saat siang hari, keindahan pemandangan kota Bogor juga bisa kamu nikmati saat malam hari. Hal ini tentu membuatnya semakin menarik di mata para wisatawan.

Dan beberapa objek wisata yang menarik dikunjungi di kota Bogor selain area puncak, diantaranya adalah:

Mengintip Kota Bogor Dulu dan Sekarang 6
Foto By @noviafifi21

Seperti namanya, objek wisata satu ini adalah sebuah taman dengan kumpulan berbagai macam bunga yang cantik. Pemandangan indah tersebut bisa kamu nikmati bersama orang-orang terdekat, entah itu keluarga, teman ataupun pasangan.

Fasilitasnya cukup lengkap, bahkan telah disediakan area bermain untuk anak-anak. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika membawa si kecil nantinya.

Memiliki keindahan yang sangat mempesona, membuat banyak orang beberapa tahun silam kerap menjadikan spot ini sebagai wallpaper atau DP BBM mereka lho!

Objek berikutnya ini menjadi destinasi yang wajib kamu kunjungi saat liburan ke Kota Hujan. Ya, karena spot ini merupakan saksi bisu histori kemerdekaan Indonesia.

Berbagai koleksi bersejarah semua ada disini. Dan bukan hanya itu, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan rusa-rusa yang berkeliaran bebas di sekitar kawasan tersebut.

Nama objek yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Yap, kebun yg dikelilingi pohon tua dan besar tersebut menawarkan suasana khas. Meski sudah ada sejak lama, tapi masih eksis lho sampai sekarang. Ditambah lagi, fasilitasnya cukup lengkap.

 

Mengintip Kota Bogor Dulu dan Sekarang 7
Foto By @razijhidayat01

Rumah Pohon Jonggol letaknya berada di kecamatan Sukamakmur. Kawasan ini sangat cocok dikunjungi oleh kamu para penggiat fotografi. Ya, pasalnya ada banyak spot kece disana, seperti jembatan eksotis dan rerimbunan pepohonan.

Lokasinya pun tergolong mudah untuk dijangkau, tidak perlu membawa peta. Memiliki keunikan tersendiri, kamu wajib mengunjunginya saat bertandang ke kota Hujan.

Nah, kalau kamu ingin mengenal lebih dekat tentang senjata tradisional khas kota Bogor, datanglah ke Tugu Kujanyang terletak di jalan Raya Pajajaran, Baranangsiang.

Di Kota Sejuta Angkot ini juga ada loh taman safari berstandar internasional. Beragam jenis flora dan fauna bisa kamu temukan di dalamnya, bahkan diantaranya termasuk langka. Jika ingin liburan bermanfaat bersama keluarga, datanglah kesini.

Mengintip Kota Bogor Dulu dan Sekarang 8
Foto By @aliyutrasikumbang

Jika kamu punya impian berlibur ke negara Eropa tapi belum kesampaian karena kendala dana, mungkin mengunjungi Little Venice di Bogor bisa jadi penghibur sementara.

Sama seperti di Venesia, kota aslinya, disini kamu juga bisa naik gondola bersama pasanganmu. Suasananya yang nyaman dan romantis pasti bikin siapapun betah berlama-lama.

Salah satu tempat yang menawarkan kenyamanan dan ketenangan adalah Gunung Pancar. Ini merupakan tempat pemandian air panas yg memiliki pemandangan indah lewat deretan pohon pinus di sekelilingnya dan udaranya yg sangat sejuk.

Nah, itulah sekilas gambar tentang kota Bogor. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel lainnya ya!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!
Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Sumber: jejakpiknik.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *