Memanas, 59 Aplikasi Ponsel Dari China Diblokir India

  • Whatsapp
Memanas, 59 Aplikasi Ponsel Dari China Diblokir India
Megaluh.com – Khawatir terjadi penyalahgunaan data pengguna ponsel, India blokir 59 aplikasi ponsel yang terhubung ke Cina. Pasalnya, aplikasi tersebut berpotensi menimbulkan ancaman bagi keamanan dan kedaulatan negeri Hindustan tersebut.

Di antara aplikasi yang diblokir India dan juga populer di Indonesia adalah TikTok, UC Browser, WeChat, dan SHAREiT. Pemblokiran aplikasi tersebut dilakukan oleh Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi India karena banyaknya laporan terkait penyalahgunaan aplikasi tersebut.

Read More

Aplikasi yang tersedia di platform Android dan iOS tersebut ditengarai melakukan pencurian data dan ditransmisikan pada server di luar India secara ilegal.

Dalam keterangannya, Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi India menegaskan, “Mengingat sifat ancaman yang muncul, (Kementerian Teknologi Informasi) telah memutuskan memblokir 59 aplikasi karena mengingat informasi yang tersedia, mereka terlibat dalam kegiatan yang merugikan kedaulatan dan integritas India, pertahanan India, keamanan negara, dan ketertiban umum,” katanya sebagaimana dikutip dari Anadolu Agency (30/6/2020).

Mengamini pemblokiran yang dilakukan oleh Kementerian elektronika dan teknologi informasi India, akun tiktok pemerintah India MyGov langsung dinonaktifkan beberapa menit setelah pengumuman tersebut. Padahal, akun tersebut telah memiliki 1,1 juta pengikut.

Pemblokiran tersebut nampaknya juga disebabkan oleh situasi panas antara kedua negara selama beberapa waktu terakhir akibat perebutan garis perbatasan yang disebut Line of Actual Control (LAC), yakni perbatasan de facto Cina dan India.[brz/nu]

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *