Libur Panjang, Polri Prediksi Puncak Arus Mudik Terjadi Besok Siang

  • Whatsapp
Libur Panjang, Polri Prediksi Puncak Arus Mudik Terjadi Besok Siang

Megaluh.com – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono memprediksi puncak arus mudik libur panjang yang bertepatan dengan Maulid Nabi dan cuti bersama akan terjadi pada Selasa (27/10/2020) besok. Sejumlah pemudik yang menuju wilayah Jawa dan Sumatera diprediksi akan mulai berpergian pada siang besok.

Read More

“Prediksinya besok siang, abis dzuhur kemudian masyarakat sudah mulai berjalan. Baik yang menuju Jawa maupun yang ke Sumatera,” kata Istono saat meninjau persiapan mudik di Terminal Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, Senin (26/10/2020).

Untuk arus balik, Istiono memperkirakan bakal terjadi pada Sabtu (31/10/2020) mendatang.

“Arus baliknya juga begitu mungkin tanggal 31,” katanya.

Baca Juga:
Jelang Libur Panjang, Korlantas Cek Protokol Kesehatan Terminal Pulogebang

Istono sebelumnya meninjau persiapan mudik menjelang libur panjang yang bertepatan dengan Maulid Nabi dan cuti bersama ke Terminal Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur.

Menurut Istiono terminal tersebut telah menerapkan protokoler kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran pandemi Covid-19 menjelang pelaksanaan mudik.

Berdasar hasil peninjauannya, Istono menyebut tingkat kesadaran masyarakat terhadap pentingnya penerapan protokoler kesehatan kekinian pun semakin tinggi. Misalnya, terlihat dari beberapa masyarakat yang telah memakai masker dan membawa hand sanitizer.

“Mereka rata-rata sudah pakai masker, bawa hand sanitizer, kemudian jaga jarak, (muatan) penumpang yang harusnya 30 hanya penumpangnya 15, 50 persen daripada itu. Ini sangat bagus,” katanya.

Disisi lain, Istono mengatakan bahwa sejumlah armada tranportasi bus tujuan luar kota seperti Malang dan Aceh juga telah menyiapkan sopir pengganti. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan akibat kelelahan.

Baca Juga:
Anies Minta ASN DKI Tak Keluar Kota saat Libur Panjang

Adapun, Istiono menyampaikan bahwa pihaknya juga telah mengantisipasi pengaman di beberapa titik perlintasan yang rawan kejahatan. Seperti di Lampung dan Palembang.

“Itu mereka juga sudah mengantisipasi, busnya disain supaya tidak dilempar-lempari masyarakat di sana. Nah ini Polri akan memaksimalkan keselamatan dan keamanan mereka di jalan semuanya. Terutama pada libur panjang ini,” pungkasnya.


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *