Lafadz Doa Untuk Anak Istri dan Keluarga

  • Whatsapp
Lafadz Doa Untuk Anak Istri dan Keluarga

Doa untuk anak istri – Image from pixabay.com

Read More

Berdoa untuk anak istri dan kebaikan keluarga.

Suami merupakan imam sekaligus berperan sebagai kepala rumah tangga. Apabila suami mempunyai sifat yang baik dan juga taat kepada perintah Allah SWT, maka sudah dipastikan keluarganya pun akan mengikutinya. Dan begitupun sebaliknya apabila seorang suami mencontohkan hal-hal yang tidak baik maka istri dan anaknya akan meniru kelakuan tersebut.

Oleh karena itu, sebagai seorang suami yang baik hendaknya selalu memohon kepada-Nya untuk diberi kemuliaan dalam rumah tangga. Hal ini bisa dilakukan dengan melaksanakan kewajiban sebagai suami dengan sebaik mungkin, dan tidak lupa senantiasa memanjatkan doa buat istri dan anak, agar keluarga senantiasa menjadi harmonis.

Lalu bagaimana lafadz doa untuk anak dan istri itu? Berikut artikel ini akan membahas mengenai doa untuk anak istri.

Doa Suami Untuk Istri dan Anak

Sebagai seorang suami pasti menginginkan istrinya menjadi pendamping hidup yang sholehah, dan juga mengharap anak-anak yang soleh dan solehah pula. Oleh karenanya suami harus selalu berusaha mengajarkan kebaikan kepada anak istrinya.

Selain itu sebagai seorang muslim, suami tidak bisa hanya mengandalkan usaha saja akan tetapi juga harus menggantungkan segala hasil dari usahanya kepada Allah ta’ala. Dan tentu saja selain dengan usaha dan bertawakal kepada Allah, hendaknya sang suami juga memperbanyak berdoa kepada Allah. Berikut lafadz doa suami untuk istri dan anak :

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

ROBBANAA HABLANAA MIN AZWAAJINAA WA DZURRIYYAATINAA QURROTA A’YUNI WAJ-‘ALNAA LILMUTTAQIINA IMAAMA

Artinya : “Ya Tuhan kami, Anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa”. (Surat Al-Furqan Ayat 74).

Atau Anda bisa juga melafadzkan doa untuk anak istri dan keluarga dibawah ini yang juga merupakan ayat Al-Qur’an :

رَبَّنَا آتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Robbanaa aatinaa milladunka rohmatan wahayyi’ lanaa min ‘amrinaa rosyada.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, karuniakanlah kami rahmat dari sisi-Mu dan berilah kemudahan-kemudahan serta pimpinan kepada kami untuk keselamatan agama kami.” (QS. Al-Kahfi: 10)

Selain mendoakan istri, suami juga wajib meminta istri untuk senantiasa beribadah, baca selengkapnya disini :
1. 8 Kewajiban Suami Kepada Istri Menurut Syariat Islam Agar Tercipta Keluarga Harmonis
2. Suami yang Tak Pernah Sholat Sama Saja dengan Mencerai Istrinya?

Doa Istri Untuk Suami dan Anak

Selain doa suami untuk istri dan anak diatas, istri juga memegang peran yang sama pentingnya dalam rumah tangga. Doa istri bisa menjadi turunnya rahmat Allah kepada keluarga yang telah dibangun, selain itu juga bisa menjadi pembuka pintu rezeki yang tidak diduga kapan datangnya. Berikut lafadz doa istri untuk suami dan anak :

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa atinaa fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah waqinaa ‘adzabannar

Artinya: “Ya Tuhan, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta selamatkanlah kami dari siksa neraka”.

Doa diatas merupakan lafadz doa kebaikan dunia akhirat yang umum diamalkan oleh kebanyakan orang, karena doa tersebut mencakup seluruh kebaikan di dunia dan di akhirat. Kebaikan di dunia yakni meliputi banyak hal, salah satunya suami yang baik dan sholeh. Sedangkan kebaikan di akhirat bisa berupa nikmat dikumpulkannya kembali bersama dengan suami layaknya di dunia.

Doa tersebut merupakan salah satu amalan yang sangat mudah untuk dilakukan sehari-hari. Selain doa diatas, ada juga lafadz doa istri untuk suami dan anak lainnya yaitu :

اللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَ ارْحَمْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِي وَ ارْزُقْنِيْ

Allahummaghfirli, warhamni, wahdini, wa ‘aafini, warzuqni.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk kepadaku, selamatkanlah aku, dan berikanlah rezeki kepadaku”.

Tak jarang istri mendapati suaminya bersifat arogan dan temperamental, baca cara mengatasinya disini : Cara Islami Menghadapi Suami yang Temperament agar Luluh Hatinya, No 7 Ampuh

Doa Untuk Anak dan Keluarga

Sebagai orang tua juga harus mendoakan kebaikan anak, agar kelak sang anak bisa menjadi anak yang sholeh sholehah dan juga berbakti kepada orang tua. Berikut lafadz doa untuk anak dan keluarga yang bisa diamalkan oleh suami dan istri.

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Robbi auzi’nii an asykuro ni’matakallatii an’amta ‘alayya wa ‘alaa waalidayya wa an a’mala shoolihan tardhoohu, wa ashlih lii fii dzurriyyatii, innii tubtu ilaika wa innii minal muslimiin.

Artinya : “Ya Rabbku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku, dan supaya aku dapat berbuat amal shaleh yang Engkau ridhai. Berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada-Mu dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”. (Al-Ahqaf [46]: 15).

Atau bisa juga dengan doa untuk anak dan keluarga berikut :

أُعِيْذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ

U’iidzukumaa bikalimaatillaahit-taammati min kulli syaithoon wa haammah, wa min kulli ‘ainin laammah.

Artinya : “Aku berlindung kepada Allah untukmu berdua dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari segala setan, binatang yang berbisa dan pandangan mata yang jahat”.

Demikian artikel tentang doa untuk istri dan anak tercinta ini, semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan sehari-hari agar keluarga tetap harmonis.

Sumber: WajibBaca.com

Loading...

Related posts

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *