Lafadz Doa Perlindungan Anak Mustajab 

  • Whatsapp
Lafadz Doa Perlindungan Anak Mustajab 

Ilustrasi orang tua berdoa – Image from bersamadakwah.net

Read More

Berikut lafadz doa perlindungan anak yang mujarab bersumber dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sebagai orang tua, kita pasti menginginkan anak-anak kita terlindungi dari segala marabahaya. Terlebih lagi jika sang anak jauh dengan kita, misalnya sedang menempuh pendidikan atau pun urusan pekerjaan.

Ketika sang anak jauh, orang tua pasti was-was karena tidak bisa mengetahui keadaan dan kondisi anak secara langsung. Oleh karena itu untuk menghilangkan rasa was-was, orang tua hendaknya selalu berkomunikasi dengan anak, dan tidak lupa mengamalkan doa perlindungan untuk anak.

Lalu bagaimanakah lafadz doa keselamatan untuk anak itu? Berikut dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai doa perlindungan untuk anak perempuan dan laki-laki.

Baca Juga : Cara Mendidik Anak Menurut Islam Seperti yang Diajarkan Rasulullah

Doa Mohon Perlindungan Untuk Anak

Berikut bacaan doa keselamatan anak yang dapat orang tua amalkan sepanjang waktu atau paling tidak setelah melaksanakan shalat fardhu, agar anak-anak senantiasa dilindungi oleh Allah dan dijauhkan dari hal-hal yang bisa membahayakan.

Adapun doa perlindungan untuk anak ini bersumber dari Doa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk Hasan dan Husain.

Hasan dan Husain adalah anak dari Ali bin Abi Thalib dan Fatimah Az-Zahra. Kedua anak tersebut merupakan cucu Rasulullah SAW yang paling beliau sayangi.

Dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam memohon perlindungan untuk Hasan dan Husain, beliau membaca,

أُعِيْذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّة

U’IIDHUKUMAA BIKALIMAATIL LAAHIT TAAMMATI MIN KULLI SYAITHOONIN WA HAAMMATIN WAMINKULLI ‘AININ LAAMMATI

Artinya : “Aku memohon perlindungan dengan kalimat Allah yang sempurna untuk kalian berdua, dari gangguan setan dan binatang berbisa, dan dari pandangan mata yang membuat sakit.” (HR. Bukhari & Abu Daud)

Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

عَوِّذُوا بِهَا أَبْنَاءَكُمْ، فَإِنَّ إِبْرَاهِيمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ، كَانَ يُعَوِّذُ بِهَا ابْنَيْهِ إِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ

Artinya : “Jadikanlah kalimat ini untuk memohon perlindungan dari gangguan setan bagi anak kalian. Karena Ibrahim ‘alaihissalam, beliau memohon perlindungan untuk Ismail dan Ishaq dengan kalimat doa tersebut.” (HR. Abdur Razaq dalam Mushannaf, no. 7987).

Baca Juga :
1. 10 Cara Rasullullah Mendidik Anak Perempuan Agar Menjadi Anak Shalihah
2. Islam Pun Melarangnya, Menitipkan Anak Kepada Orangtua Itu ‘Dosa’

Selain mengamalkan doa perlindungan anak diatas, hendaknya kita juga mengamalkan apa yang ada dalam hadits berikut,

Dari Jabir bin ‘Abdullah radhiyallahu ‘anhuma, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا كَانَ جُنْحُ اللَّيْلِ، أَوْ أَمْسَيْتُمْ، فَكُفُّوا صِبْيَانَكُمْ، فَإِنَّ الشَّيَاطِينَ تَنْتَشِرُ حِينَئِذٍ، فَإِذَا ذَهَبَ سَاعَةٌ مِنَ اللَّيْلِ فَحُلُّوهُمْ، فَأَغْلِقُوا الأَبْوَابَ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لاَ يَفْتَحُ بَابًا مُغْلَقًا، وَأَوْكُوا قِرَبَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ، وَخَمِّرُوا آنِيَتَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ، وَلَوْ أَنْ تَعْرُضُوا عَلَيْهَا شَيْئًا، وَأَطْفِئُوا مَصَابِيحَكُمْ

Artinya : 
“Jika awal malam telah tiba (setelah matahari tenggelam), tahanlah anak-anak kecil kalian (di dalam rumah), karena ketika itu setan sedang berkeliaran. Jika telah berlalu sesaat di waktu malam, lepaskanlah mereka.

(Di awal malam), tutuplah pintu-pintu rumah sambil menyebut nama Allah Ta’ala, karena setan tidak dapat membuka pintu yang digembok; tutuplah tandon-tandon (ember) air kalian dan sebutlah nama Allah Ta’ala; tutuplah wadah-wadah kalian (piring atau gelas) dan sebutlah nama Allah Ta’ala, meskipun kalian tutup dengan tutup seadanya; dan matikanlah lampu-lampu kalian.” (HR. Bukhari no. 5623 dan Muslim no. 2012)

Dari dalil diatas, dapat kita ketahui bahwa ketika malam datang, kira-kira memasuki waktu maghrib, maka orang tua hendaknya melarang anaknya untuk keluar rumah. Dan baru memperbolehkannya keluar rumah ketika telah berlalu sesaat di waktu malam misalnya selepas waktu Isya. Agar anak terlindungi dari gangguan syaitan dan hal-hal yang tidak kita inginkan.

Demikianlah artikel tentang doa untuk keselamatan anak ini, semoga bermanfaat bagi kita semua, amiin.

Sumber: WajibBaca.com

Loading...

Related posts

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *