Keras! Detik-detik Anggota Dewan Usir Dirut Inalum dari Rapat

  • Whatsapp
Keras! Detik-detik Anggota Dewan Usir Dirut Inalum dari Rapat

Megaluh.com – Kemarahan Anggota Komisi VII DPR RI Muhammad Nasir kepada Direktur Utama PT Inalum (Persero) atau MIN ID Orias Petrus Moedak belakangan menyita perhatian khalayak.

Read More

Peristiwa itu terjadi saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VII DPR RI dengan Holding Tambang BUMN yang digelar Selasa (30/6/2020).

Nasir meradang sampai meminta Orias meninggalkan ruang rapat ketika menanyakan proses pelunasan utang Inalum setelah mengakuisisi 51 persen saham PT Freeport Indonesia.

Kala itu, Orias merespons ada surat utang yang memiliki jatuh tempo selama 30 tahun. Jawaban ini seketika ditanggapi sinis oleh Nasir.

“Jadi sampai 30 tahun. Kalau perusahaan lancar baru selesai kalau kita mati tak selesai nih barang nanti. Ganti dirut lain, lain lagi polanya. Makanya itu yang saya pertanyakan kepentingan mengalihkan Freeport sebenarnya kepentingan politik,” ucap Nasir seperti yang dikutip dari rekaman TV Parlemen Facebook DPR RI, Kamis (2/7).

Baca Juga:
Erick Thohir Tunjuk Mantan Petinggi Freeport Jadi Bos Inalum

Politikus Partai Demokrat itu lantas mengungkap kekhawatirannya bahwa utang tersebut akan dibebankan kepada tiga anak perusahaan di bawah holding tambang.

Sebab ia beranggapan, bahwa kunci utang ada dua yakni pembayaran lancar dan bagus, jika tidak demikian maka barang disita.

Maka dari itu, ia meminta bukti kepada Orias mengenai skema pelunasan utang. Namun, Orias tidak dapat menunjukkan bukti secara rinci surat utang tersebut hingga memancing amarah Nasir.

Baca Juga:
Ahok Akan Jadi Dirut BUMN, Antara PLN atau INALUM

“Makanya saya minta data detilnya mana?” kata Nasir.

“Akan disampaikan Pak,” timpal Orias.

“Harusnya, kalau Bapak sekali lagi gini, aya suruh Bapakk keluar ruangan ini,” ujar Nasir.

Orias lantas menanggapi, “Kalau Bapak suruh kelar, izin pimpinan, saya keluar.

Jawaban Orias tadi rupanya kembali membuat Nasir kesal.

“Bapak bagus keluar karena nggak ada gunanya Bapak rapat di sini. Anda bukan buat main-main dengan DPR ini,” ucapnya sambil menggebrak meja.

Sementara Orias menjawab, “Saya nggak main-main”.

“Ada rapat harusnya lengkap bahannya. Enak betuk Anda begini. Siapa taruh Anda kayak gini. Percuma negara taruh kayak gini,” bentak Nasir.

“Saya diundang, saya datang,” balas Orias.

“Kurang a*** Anda. Tahu jabatan Anda mempertaruhkan negara ini,” bentak Nasir.

Debat panas antara Nasir dan Orias itu sempat ditengahi oleh pimpinan sidang. Namun Nasir kembali menunjukkan amarahnya hingga berkata ingin menyurati Menteri BUMN Erick Thohir supaya mencopot Orias dari jabatannya.

Untuk lebih jelasnya, video anggota dewan usir dirut inalum dapat disimak di sini.


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *