Kenalin 10 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah

  • Whatsapp
Kenalin 10 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah

Jika Provinsi Jawa Timur dikenal banyak menyimpan peninggalan bersejarah, maka Jawa Tengah punya segudang cerita sejarah. Namun keduanya tak jauh berbeda, karena sama-sama daerah Cincin Api.

Merujuk pada berbagai sumber, Jawa Tengah memiliki setidaknya 35 gunung dengan ketinggian diatas 1.000 mdpl dan 300 perbukitan yang tingginya berada dibawah 1.000 meter. Selain bisa didaki, sejumlah spot tersebut juga cukup populer di kalangan wisatawan.

Read More

Memiliki sejumlah gunung dengan tinggi lebih dari 3.000 mdpl, Provinsi Jateng disebut-sebut sebagai wilayah yang ramah pendaki, baik itu untuk pemula ataupun wisatawan yang hanya ingin sekedar mencari tempat adem.

Baik gunung berapi maupun yang sedang berstatus istirahat, semuanya hadir dengan menyajikan panorama alam begitu mempesona, treknya pun lumayan menarik untuk ditelusuri.

Dan 10 daftar gunung tertinggi di Jawa Tengah yang kami sebutkan dibawah ini adalah beberapa daftar spot pendakian yang menarik untuk dikunjungi.

1. Gunung Slamet

Foto By @gunungslamet_

Terletak dalam lima kabupaten yakni Banyumas, Brebes, Tegal, Purbalingga dan Pemalang, Mount Slamet ini berhasil menduduki urutan sebagai gunung tertinggi pertama di Jawa Tengah.

Ketinggian dari puncak Slamet sendiri berada pada 3.428 meter diatas permukaan laut dan termasuk sebagai salah satu gunung berapi yang masih aktif.

Keindahan bentangan alam Puncak Slamet terhampar luas dengan kawah aktifnya yang melebar dan bisa dilihat jelas menggunakan mata telanjang meskipun dari kejauhan. Jika cuaca cerah, panorama lautan awan bisa dibilang sangat mengagumkan.

Konon katanya, ada sebuah mitos yang menyatakan bahwa jika Mount Slamet sampai meletus, maka akan membelah pulau Jawa.

2. Gunung Sumbing

Kenalin 10 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah 1
Foto By @rrammz_

Nah, untuk spot yang satu ini letaknya mencakup 3 wilayah kabupaten yakni Temanggung, Magelang dan Wonosobo. Berada pada ketinggian 3.371, Mount Sumbing dikenal memiliki trek yang cukup menantang.

Salah satu daya tarik dari Sumbing ini adalah, adanya kawah aktif yang bisa kamu saksikan langsung dari puncak ataupun dengan turun langsung ke kawahnya.

3. Gunung Lawu

Kenalin 10 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah 2
Foto By @ridonesia_04

Berada di perbatasan antara provinsi Jatim dan Jateng, Mount Lawu berketinggian 3.265 meter diatas permukaan laut ini cukup terkenal di kalangan pendaki ataupun peziarah karena terdapat petilasan Prabu wijaya di area puncaknya.

Bukan hanya itu, keberadaan warung tertinggi di Indonesia bernama Mbok Yem juga menjadi daya tarik yang menguntungkan bagi setiap pengunjung gunung Lawu ini.

Lawu mountain sendiri memiliki 3 puncak yakni Hargo Dalem, Dumilah dan Dumiling. Selain petilasan, di sini kamu pun akan menemukan sisa-sisa bangunan bersejarah bernama Pasar Dieng.

4. Gunung Merbabu

Kenalin 10 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah 3
Foto By @explore.selo

Memiliki ketinggian sekitar 3.142 meter diatas permukaan laut dan berada dalam 4 wilayah kabupaten yakni Semarang, Boyolali, Magelang serta Salatiga, Gunung Merbabu juga dikenal sebagai salah satu tempat pendakian yang cukup hits di Jawa Tengah.

Disebut ramah dengan pendaki karena trek yang disajikan tidak terlalu sulit. Namun yang terkadang menjadi tantangan berat adalah kebalnya tabut dan tak tersedianya sumber air, apalagi udaranya cenderung dingin.

Ada banyak rute pilihan untuk bisa sampai ke lokasi Merbabu ini, diantaranya melalui Kopeng Thekelan, Welas, Selo ataupun Suwanting.

5. Gunung Sindoro

Kenalin 10 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah 4
Foto By @lialfiah27

Sindoro mountain ini berada di perbatasan antara daerah Wonosobo dan Temanggung. Gunung api bertipe strato tersebut memiliki ketinggian 3.136 mdpl.

Letaknya sendiri bersebelah dengan Mount Sumbing dan keduanya hanya dipisahkan oleh jalan lintas saja. Tak sedikit yang mengatakannya sebagai gunung kembar, karena bentuknya yang hampir sama.

Nama Sindoro juga cukup populer bagi kalangan penggiat alam bebas karena memiliki panorama alam yang begitu memukau. Selain memiliki kawah aktif di puncaknya, ia juga mempunyai savana yang ditumbuhi oleh bunga-bunga abadi Edelweiss.

6. Gunung Merapi

Kenalin 10 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah 5
Foto By @ashleybenson754

Bersebelahan dengan Merbabu Mountain, ini adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia yang bahkan sempat dijadikan judul sebuah film di masa lalu yakni “Misteri Gunung Berapi”.

Merapi ini dulunya cukup dikenal karena adanya seorang mak lampir dan memiliki siklus letusan sekali dalam 4 tahun. Meletus kembali pada tahun 2010 lalu membuat bentuk puncak garudanya berubah menjadi seperti limas.

Walau dikenal berbahaya, namun Merapi berketinggian 2.930 mdpl ini selalu ramai pengunjung saat weekend ataupun hari libur.

7. Gunung Prau

Gunung tertinggi di jawa tengah urutan daftar 7 dan timur adalah sebutkan nama pulau daerah yang ada indonesia
Foto By @hobimuncak_

Ingin mencari view mempesona di pulau Jawa? Nah, Prau Mountain adalah jawabannya. Letaknya berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng dan menjadi batas antara 3 kabupaten yakni Kendal, Wonosobo serta Batang.

Terletak di kawasan wisata yang cukup populer serta memiliki trek ringan dan pemandangan mempesona membuat Prau Mountain selalu kebanjiran pengunjung setiap minggunya.

Bukan hanya itu saja, ia juga memiliki momen istimewa yang dikenal dengan nama “The Golden Sunrise”, dimana matahari muncul memperlihatkan kegagahan sederet gunung disekitarnya seperti Merbabu, Sindoro, Sumbing dan Merapi.

8. Gunung Rogojembangan

Kenalin 10 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah 6
Foto By @putra_dieng

Terletak diantara kabupaten Pekalongan dan Banjarnegara, Rogojembangan berketinggian 2.117 mdpl ini bisa dibilang satu-satunya gunung tertinggi di Jawa Tengah yang kurang dikenal orang.

Meski ada jalur pendakian, tapi masih ditutup rapat untuk para pendaki. Namun begitu, kamu yang tertarik menelusurinya, bisa menggunakan jasa guide dari masyarakat setempat untuk menemani petualanganmu.

9. Gunung Ungaran

Kenalin 10 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah 7
Foto By @achmadf_rozi

Objek yang terletak di kota Semarang ini, dikenal karena memiliki udara sejuk khas pegunungan. Sementara bagi pendaki, gunung berketinggian 2.050 mdpl tersebut merupakan tujuan paling hits untuk menyalurkan hobi mendakinya.

Walaupun memiliki trek cukup terjal dan menantang, namun pesona panorama Mount Ungaran ini begitu indah, apalagi dengan kehadiran kebun teh disekitarnya. Kamu mungkin bakal jatuh hati dibuatnya.

10. Gunung Telemoyo

Kenalin 10 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah 8
Foto By @fr_abay

Memiliki landasan paralayang tertinggi di Indonesia, membuat Mount Telemoyo di 2 kabupaten Yakni Magelang dan Semarang ini semakin dikenal banyak orang.

Dengan ketinggian 1.894 mdpl, Telemoyo hadir menyajikan pemandangan hamparan sederet gunung indah yang sayang bila diabaikan begitu saja.

Berbeda dengan Ungaran, untuk menuju puncak Telemoyo tidak perlu bersusah payah karena jalan menuju ke atas sudah di beri aspal.

Nah, itu dia 10 gunung tertinggi di Jawa Tengah yang memiliki panorama alam mempesona. Dengan karakternya, kamu pasti tergoda kan untuk mengunjunginya? Jadi, mana pilihanmu?

Sumber: jejakpiknik.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *