Jangan Lewatkan, Ini 5 Kesalahaan Olahraga yang Bisa Membuat Terlihat Tua

  • Whatsapp
Jangan Lewatkan, Ini 5 Kesalahaan Olahraga yang Bisa Membuat Terlihat Tua
Megaluh.com – Olahraga memang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Tapi, olahraga yang salah justru akan berdampak negatif pada kesehatan Anda.

Tak hanya memengaruhi kesehatan, tetapi olahraga yang salah juga bisa menyebabkan Anda terlihat tua. Berikut ini dilansir dari The Healthy, 5 kesalahaan saat olahraga yang bisa membuat Anda terlihat tua.

Read More

1. Keseringan olahraga atau nge-gym

Olahraga yang intens dan berkepanjangan hingga kurang tidur akan melepaskan serta meningkatkan kadar kortisol dalam darah.

Jav Asaro, ahli terapi olahraga dan rehabilitasi, mengatakan olahraga intens juga akan memiliki efek berlawanan pada insulin dan meningkatkan gula darah.

Baca Juga:
Waspada Infeksi Virus Corona Covid-19, Cek Warna Urine!

Gula ini akan berakhir sebagai produk Advanced Glycation End (AGEs), yang mengikat antara serat kolagen, sehingga mengurangi elastisitas, menyebabkan bercak dan keriput dini.

Ilustrasi olahraga atau latiha fisik. (Shutterstock)

2. Hanya melakukan latihan kardio

Olahraga kardio paling sering dilakukan sebagian besar orang. Tapi, latihan kekuatan juga tak kalah pentingnya dengan olahraga kardio.

Baca Juga:
Waspada Bibir Membiru, Bisa Jadi Gejala Virus Corona Covid-19!

Latihan kekuatan membantu mengencangkan otot dan membakar kalori yang baik untuk orang dewasa. Karena, latihan kekuatan tak hanya membantu mempertahankan otot, tetapi juga membuat kita terlihat muda.

3. Mengabaikan latihan dasar panggul

Latihan dasar panggul mungkin bukan hal pertama yang Anda pikirkan ketika berolahraga. Padahal latihan ini bisa menguatkan otot-otot dasar panggul dan mengatasi inkontinensia urine.

4. Melewatkan latihan interval intensitas tinggi

Jika Anda tidak ingin terlihat tua, maka jangan melewatkan latihan interval intensitas tinggi (HIIT). Karena, olahraga ini membantu memerangi tanda-tanda penuaan.

Studi dalam jurnal Cell Metabolism menemukan bahwa orang tua yang melakukan latihan ini mengalami peningkatan 69 persen dalam kapasitas mitokondria, yang membantu tubuh menciptakan energi, sensitivitas insulin dan menurunkan risiko diabetes.

5. Mengabaikan postur tubuh yang buruk

Mengabaikan postur tubuh yang buruk justru akan memengaruhi penampilan. Anda perlu latihan fisik yang bertujuan untuk membentu postur tubub yang baik, seperti mengembalikan punggung yang membungkuk.

Anda bisa melakukan yoga, pilates atau kelas balet untuk mempertahankan postur tubuh sehingga tidak awet muda tanpa punggung membungkuk.


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *