Jangan Gunakan Waktu Sahur untuk Nonton dan Ngobrol, Mending Lakukan Hal ini

  • Whatsapp
logo

Anak – Image from ask.fm

Read More

Allah perintahkan kita melakukan ini di waktu sahur… 

Bukan nonton atau ngobrol yang kurang bermanfaat. Allah perintahkan manusia untuk melakukan beberapa hal ini agar senantiasa diliputi keberkahan. 

Sebagian umat Islam menghabiskan waktu ketika makan sahur dan menunggu shalat subuh dengan ngobrol perkara yang terkadang tak ada manfaatnya. 

Sebagian lagi sibuk dengan menonton acara televisi yang kadang juga tak bermanfaat ataupun jika ada kecil manfaatnya. Hanya sekedar pernghibur saja. 

Tahukah kamu bahwa ternyata waktu sahur adalah waktu yang sangat baik dan penuh dengan keberkahan yang banyak. Sangat sia-sia apabila waktu sahur hanya diisi dengan ngobrol atau aktivitas yang tidak bermanfaat. 

Baca juga : 

Sebaiknya, isilah waktu sahur dengan banyak beristighfar, muhasabah diri agar lebih baik, serta diisi dengan berdoa meminta kepada Allah, sebab waktu sahur termasuk waktu yang mustajab. 

Waktu sahur penuh dengan keberkahan

Waktu sahur nyatanya mengandung keberkahan. Oleh sebab itu, hendaknya kita tidak meremehkan yang namanya “berkah”, karena berkah artinya kebaikan yang banyak serta kemudahan hidup.

Rasulullah SAW bersabda,

“Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan .” [HR. Bukhari dan Muslim]

Waktu sahur hendaknya diisi dengan beristighfar

Kebiasaan orang shalih adalah memanfaatkan waktu sahur untuk memohon ampun kepada Allah. Setiap manusia pasti pernah melakukan perbuatan dosa, baik itu dosa yang kita sadari atau tidak kita sadari. 

Perintah ini juga dimuat dalam firman Allah yang berbunyi : 

“Dan orang-orang yang meminta ampun di waktu sahur.” (QS. Ali Imran: 17).

Al-Qurthubi membawakan perkataan Abu Ja’far, beliau berkata:

“Mereka meminta kepada Rabb meraka agar ditutup aib dan kesalahan mereka.” (Tafsir Al-Qurthubi)

Waktu sahur diisi dengan berdoa

Waktu sahur adalah waktu mustajab untuk berdoa, hendaknya kita memperbanyak berdoa pada waktu singkat ini. Sebab pada saat itu, Allah turun ke langit dunia di waktu sepertiga malam terakhir yaitu waktu sahur. 

Saat itu doa akan dikabulkan oleh Allah dan permintaan akan dipenuhi. Rasulullahu shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” [HR. Bukhari dan Muslim].

Ibnu Hajar Al-Asqalani beliau berkata:

“Berdoa di waktu sahur tersebut mustajab.”

Sumber: WajibBaca.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *