Huawei Dominasi Pasar HP di China, Apple Turun Jadi 8 Persen

  • Whatsapp
Huawei Dominasi Pasar HP di China, Apple Turun Jadi 8 Persen

Megaluh.com – Counterpoint Research baru saja mengungkapkan laporan mereka mengenai pasar HP pintar di China hingga kuartal ketiga 2020 (Q3 2020). Huawei mendominasi pasar HP pintar di China, sementara perolehan pasar Apple hanya 8 persen.  

Meski Huawei merupakan merek terbesar, namun penjualannya mulai disorot karena mengalami sedikit penurunan dibandingkan kuartal sebelumnya.

Read More

Apple yang hanya meraih pasar 8 persen, justru menempatkan salah satu flagshipnya menjadi HP pintar terlaris di China. iPhone 11 (4G) meraih penjualan tertinggi dan mengalahkan HP 5G dari produsen China.

Sebagian besar HP pintar yang menduduki 10 besar penjualan tertinggi didominasi oleh perangkat berkonektivitas 5G.

Baca Juga:
Bocor! Huawei Nova 8 Bakal Dilengkapi dengan Pengisian Daya 66W

Hasil riset dari Counterpoint menyatakan bahwa pasar HP pintar di China menurun 13 persen YoY (Year On Year), tapi meningkat 3 persen QoQ (Quarter On Quarter).

Pasar smartphone di China pada Q3 2019 hingga Q3 2020. (Counterpoint)

Berbicara tentang kinerja OEM teratas, analis riset Memgmeng Zhang berkomentar bahwa Huawei memimpin pasar HP pintar pada Q3 2020 dengan pangsa pasar 45 persen.

Vivo dan Oppo menempati posisi kedua dan ketiga dengan pangsa pasar masing-masing 17 persen dan 15 persen.

Dikutip dari Gizmochina, seri OPPO Reno4 dan seri vivo X50 membantu kedua perusahaan ini mendapatkan momentum dibandingkan kuartal sebelumnya.

Dibandingkan OEM lainnya, Xiaomi merupakan satu-satunya yang meraih pertumbuhan YoY secara positif di kuartal ketiga 2020. Namun yang menarik adalah tak satu pun perangkatnya masuk dalam daftar HP terlaris di periode tersebut.

Baca Juga:
BSSN Gandeng Huawei Indonesia Gelar Workshop Keamanan Siber

Sepuluh HP pintar terlaris di China pada kuartal ketiga 2020. (Counterpoint)
Sepuluh HP pintar terlaris di China pada kuartal ketiga 2020. (Counterpoint)

Dibanding kuartal sebelumnya, pasar Apple menurun 1 persen menjadi hanya 8 persen pada kuartal ketiga di China. Meski begitu, iPhone 11 menjadi HP pintar terlaris dengan menguasai hampir 5 persen pasar.


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *