Hari Polio Sedunia, Dua Negara Ini Belum Bebas Polio

  • Whatsapp
Hari Polio Sedunia, Dua Negara Ini Belum Bebas Polio

Megaluh.com – Tanggal 24 Oktober setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Polio Sedunia atau World Polio Day. Peringatan ini dirayakan sebagai upaya menjadikan dunia bebas polio dan menghormati segala usaha memberantas polio yang dilakukan berbagai negara.

Read More

Mengutip Centers for Disease Control and Prevention (CDC), polio atau poliomyelitis adalah penyakit menular yang melumpuhkan tubuh dan berisiko kematian, disebabkan virus polio yang menyerang otak dan sumsum tulang belakang.

Virus polio ini menyebar dari orang ke orang, dan anak-anak berisiko lebih tinggi dibanding orang dewasa. Polio menjadi berbahaya karena tidak ada obat yang bisa menyembuhkan, sehingga satu-satunya cara adalah vaksinasi pada anak-anak.

Hampir di seluruh dunia sudah dinyatakan bebas polio, termasuk Indonesia yang sudah ditetapkan bebas polio oleh organisasi kesehatan dunia atau WHO pada 2014 lalu. Bersyukur, tahun ini Afrika yang dianggap sebagai negara terbelakang juga sudah dinyatakan bebas polio pada Agustus 2020 lalu.

Baca Juga:
Akhirnya, Benua Afrika Dinyatakan Bebas dari Wabah Polio

Kini, hanya 2 negara di dunia yang masih berkutat dengan polio, yakni Afghanistan dan Pakistan.

Perayaan Hari Polio Sedunia 2020, CDC dalam program Global Polio Eradication Initiative (GPEI) dan mitra sedang berkonsentrasi beradaptasi bagaimana upaya pemberantasan polio tidak terhambat pandemi Covid-19.

Mirisnya, berdasarkan laporan selama Januari hingga Juli 2020, tercatat 41 kasus polio terjadi di Afghanistan. Padahal di tahun 2019, di periode yang sama hanya terjadi 15 kasus. Ini artinya, pandemi menimbulkan kenaikan kasus polio di Afghanistan sebanyak 26 kasus. Demikian juga dengan kasus polio di Pakistan yang dilaporkan meningkat pada 2020.

Hari Polio Sedunia ini memberikan kesempatan untuk menyoroti upaya global menuju dunia bebas polio, serta menghormati kontribusi tak kenal lelah dari mereka yang berada di garis depan dalam perjuangannya memberantas polio dari setiap sudut dunia. Melalui Global Polio Eradication Initiative (GPEI), CDC bekerja sama dengan mitranya untuk memberantas polio dan mengakhiri penderitaan akibat penyakit mematikan ini.

Baca Juga:
Bisakah Vaksin Polio Lindungi Seorang dari Covid-19? Ini Kata Peneliti


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *