Hamil Tapi Berat Badan Turun, Apakah Normal?

  • Whatsapp
Bukan Virus Corona, Ibu Hamil Lebih Berisiko Terkena Influenza

Megaluh.com – Saat hamil, terutama di trimester pertama, tak sedikit perempuan yang mengalami berat badan turun. Hal ini mungkin membuat ibu hamil panik dan bertanya-tanya, apakah hal ini tidak berbahaya buat janin?

Read More

Di trimester pertama, mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan adalah hal yang umum dialami ibu hamil. Dan hal ini bisa berdampak pada penurunan berat badan ibu.

Meski tak berbahaya, pastikan masalah berat badan turun ini tidak berlangsung terus-menerus sepanjang kehamilan, ya. Ini yang harus Anda lakukan, melansir dari laman The Bump.

1. Lawan morning sickness

Jangan biarkan morning sickness membuat Anda malas makan. Anda bisa mengatasi rasa mual yang berlebihan ini dengan minum air jahe, menghindari pemicu mual, dan dapatkan waktu tidur yang cukup. Konsumsilan makanan bergizi, terutama yang mengandung vitamin B1 dan B2, yang dapat membantu mencegah dan mengatasi morning sickness.

Baca Juga:
CDC: Perempuan Hamil Lebih Berisiko Alami Keparahan Akibat Covid-19

2. Perbanyak istirahat

Hamil memang membuat Anda lebih cepat merasa lelah. Jadi, batasi segala aktivitas yang menguras energi, karena ini juga bisa memicu terjadinya penurunan berat badan saat hamil. Mulai sekarang, ada baiknya untuk mulai mengurangi kegiatan yang tidak terlalu penting. Pilihlah hanya kegiatan yang memang diprioritaskan. Selebihnya, Anda harus memperbanyak istirahat untuk mengurangi kelelahan.

3. Makan makanan bergizi

Baca Juga:
Pandemi Covid-19, Ibu Hamil Bolehkah Kontrol Kehamilan ke Rumah Sakit?

Makanan yang tak bergizi juga bisa memicu penurunan berat badan. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi protein, kalsium, asam folat serta zat besi yang bermanfaat untuk perkembangan janin. Dengan begitu, kesehatan si kecil pun tak akan terganggu meski Anda mengalami berat badan turun di trimester pertama.


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *