Duh, Penelitian Sebut Pasien Sembuh dari Covid-19 Alami Penurunan IQ

  • Whatsapp
Sering Lupa Walau Masih Muda? 5 Hal Ini Mungkin Sebabnya

Megaluh.com – Penelitian dampak penyakit Covid-19 pada tubuh terus dilakukan. Salah satu hasil penelitian mengungkap bahwa Covid-19 bisa membuat penderitanya mengalami penurunan IQ.

Read More

Mengutip The Sun, Senin (26/10/2020) hasil ini didapatkan setelah peneliti Inggris, dr. Adam Hampshire, yang bekerja sama dengan peneliti dari Imperial College, Universitas Cambridge, King’s College London, dan Universitas Chicago, melakukan tes kemampuan kognitif pada pasien sembuh Covid-19.

Kesimpulan menunjukkan kemampuan pasien Covid-19 lebih buruk daripada mereka yang tidak terinfeksi Covid-19. Bahkan mereka yang menunjukkan gejala ringan Covid-19 sekalipun, mendapatkan skor yang lebih rendah dibanding yang tidak tertular.

Hasil tes kognitif dari 84.285 partisipan dianalisis melalui sebuah studi yang disebut Great Britsh Intelligence Test. Penurunan IQ paling parah terjadi pada pasien Covid-19 yang alami penurunan IQ hingga 8,5 poin.

Baca Juga:
Pentingnya Mengajarkan Keseimbangan IQ, EQ, dan SQ pada Anak

Kebanyakan mereka yang terinfeksi Covid-19 mengalami penurunan signifikan dalam tes logika, makna kata, orientasi spasial, perhatian, dan emosi. Bahkan penurunan IQ ini juga dialami mereka yang sudah sembuh dari Covid-19.

“Orang yang sembuh sebagai suspek atau dikonfimasi positif Covid-19 mendapatkan hasil tes kognitif dan berbagai kemampuan berpikir lebih buruk daripada yang tidak terinfeksi,” tulis penelitian tersbeut.

“Penurunan ini bergantung pada tingkat keparahan gejala Covid-19 dengan bukti yang sama didapatkan dari mereka yang tidak dirawat di rumah sakit sekalipun,” lanjut penelitian itu.

Sayangnya, penelitian ini belum ditinjau lebih jauh oleh rekan sejawat, tapi sangat berharap akan ada penelitian lanjutan yang mencari tahu tentang dampak berkepanjangan dari Covid-19, meski sudah sembuh sekalipun.

Baca Juga:
Studi: Hidup di Lingkungan Hijau Bisa Pengaruhi Kecerdasan Anak


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *