Dokumen Bocor, Pasien Pertama Corona Covid-19 di Wuhan Ibu Penjual Udang?

  • Whatsapp
Virus Corona Merebak, Satelit Potret Perubahan Dramatis Langit Wuhan

Megaluh.com – Sebuah dokumen bocor mengungkapkan pasien pertama yang terinfeksi virus Corona Covid-19 disinyalir merupakan seorang perempuan bernama Wei, seorang penjual udang hidup di pasar ikan Wuhan, China.

Read More

Menurut dokumen yang diulas oleh media China The Paper, Wei tinggal kurang lebih 500 meter di dekat pasar ikan tersebut.

Pada 11 Desember 2019, ia mengaku mengalami demam dan sempat mengira sakit flu biasa. Ia lalu memutuskan pergi ke klinik kesehatan dan mencari pengobatan.

Hanya saja, obat serta suntikan yang diberikan tidak memberikan efek apa-apa. “Saya merasa sedikit kelelahan, tapi tidak selelah tahun-tahun sebelumnya. Setiap musim dingin, saya selalu menderita flu. Jadi saya kira saya kena flu,” kata Wei kepada The Paper.

Dilansir Suara.com dari Daily Mail, The Paper tidak memberikan banyak informasi mengenai siapa Wei. Ia diidentifikasi sebagai perempuan bernama lengkap Wei Guixian berusia 57 tahun.

Selanjutnya, Wei mengaku tetap berjualan meski sedang sakit. Ia juga sempat ke fasilitas kesehatan yang lebih besar yaitu Rumah Sakit Kesebelas Wuhan untuk mendapat opini kedua.

“Dokter di rumah sakit tidak tahu apa yang terjadi dengan saya dan memberikan saya pil obat,” tambahnya.

Ia mengonsumsi obat tersebut, tapi tetap tak membaik. Wei lalu kembali ke klinik kesehatan yang lebih kecil dan kembali meminta untuk disuntik.

Pada 16 Desember 2019, ia dilarikan ke Rumah Sakit Wuhan Union untuk dicek lebih lanjut. 

Di rumah sakit tersebut, dokter mengatakan pada Wei bahwa penyakitnya kejam dan telah beberapa orang dari Huanan mengalami gejala kesehatan yang sama.

Di rumah sakit tersebut, Wei tercatat sebagai pasien ke-27 dengan diagnosis yang sama seperti virus corona Covid-19. Semetara ada 24 kasus yang terkait dengan pasar di Huanan.

Dipercaya, Wei selamat dan sembuh dari virus corona jenis baru tersebut.

Pada Januari 2020 ini, Badan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit China percaya bahwa virus corona penyebab sakit Covid-19 terjadi akibat penularan dari hewan hidup yang dijual di pasar ikan Huanan di mana Wei tinggal dan bekerja.

Meski Wei merupakan pasien positif corona Covid-19 pertama yang tercatat resmi, pasien pertama yang diduga menjadi asal-muasal pembawa virus tersebut adalah seorang pensiunan berusia 70 tahun. 

Lelaki yang tak disebutkan namanya itu mulai merasakan gejala sakit pada 1 Desember 2019 dan tidak pernah ke pasar ikan.

Lain lagi informasi yang ditulis South China Morning Post. Dikatakan, pasien yang diduga pertama kali menunjukkan gejala Covid-19 tercatat pada 17 November 2019 atau tujuh minggu sebelum otoritas China mengaku menemukan virus corona jenis baru yang dapat membuat manusia sakit.

Dari dokumen tersebut diketahui bahwa otoritas China setidaknya mencatat ada 266 orang yang mengalami gejala seperti Covid-19 sebelum 31 Desember, waktu di mana pihak China mengaku ada penyakit menyerupai SARS.

Pihak otoritas China mengaku orang pertama yang sakit virus corona Covid-19 tercatat pada 7 Desember 2019.

Selama tiga bulan, virus corona Covid-19 telah menginfeksi 486.000 lebih jiwa dan menyebabkan 22.000 kematian di seluruh dunia.


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Komentar