Contoh Teks Pembawa Acara

  • Whatsapp
Contoh Teks Pembawa Acara
Contoh Teks Pembawa Acara

Ilustrasi pembawa acara – Image from boomee.co

Read More

Pembawa acara merupakan orang yang bertugas sebagai tuan rumah sekaligus pemimpin acara. Mereka memberikan informasi dalam suatu acara yang biasanya dilakukan dengan cara membaca naskah yang telah disiapkan, tetapi sering juga pembawa acara harus memberikan komentar atau informasi tanpa melihat naskah terlebih dahulu.

Berikut telah kami rangkum beberapa contoh pembawa acara dalam acara yang sering kita jumpai. Misalnya pembawa acara pernikahan, ulang tahun, dan acara-acara lainnya.

Baca Juga : Doa Pembuka Acara Singkat dan Mudah Dihafal

Pembawa Acara Bahasa Jawa

Berikut contoh pembawa acara Jawa yang sering kita jumpai pada saat upacara kebudayaan, ataupun pada saat pernikahan dengan menggunakan adat Jawa.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Ingkang kawulo hormati poro alim soho poro ulama’ ingkang kito to’ati fatwanipun, ingkang kawulo hormati poro pini sepuh soho aji sepuh, ingkang kawulo hormati poro bapa-bapak soho ibu-ibu undangan sekalian.

Monggo kito panjataken raos pujo dalah puji syukur wonten ngarsanipun Allah Subhanahu Wata’ala ingkang sampun maringi kito pinten-pinten rahmat, taufiq hidayah soho inyahipun dumateng kito sedoyo sehinggo wonten dalu puniko kito saget makempal ing mriki kanti mboten wonten halangan setunggal punopo.

Sholawat dalah salam mugi-mugi kunjuk dumateng junjungan kito nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam. engkang mbeto umatipun saking zaman jahiliyah tumuju zaman islamiyah engkang kito raosaken sak meniko, soho engkang kito antu-antu syafaatipun wonten yaumil Qiyamah Amin yarabbal alamin.

Wonten mriki kuwulo minegkani pranoto hadicoro badhe maosaken susunan acoro wonten dalu puniko ingkang nomer setunggal pembukaan, nomer kaleh wosan ayat-ayat suci alqur’an, nomer tigo sambutan, nomer papat nggih puniko do’a, lan kaping terakhir penutup.

Acoro engkang sepindah enggeh puniko pembukaan, monggo acoro wonten dalu puniko kito bikak kanthi wosan ummul kitab, ‘ala hadiniyyah assholihah alfatihah,

Kito lajengaken acoro engkang kaping kaleh enggeh puniko wosan-ayat-ayat suci al-Qur’an dumateng panjenenganipun bapak Slamet Riyadi kulo sumanggaaken,

Meniko kolo wau wosan ayat-ayat suci al-Qur’an mugi-mugi saget nambah lancaripun acoro wonten dalu puniko. Acoro engkang kaping tigo enggeh puniko sambutan, dumateng panjenenganipun bapak Wiyadi kulo sumanggaaken,

Mekaten kolo wau sambutan saking bapak Wiyadi.
dilajengaken acoro engkang kaping sekawan enggeh puniko do’a dumateng bapak Kyai Haji Madekan kulo sumanggaaken.

Acoro engkang terakhir inggih puniko penutup, monggo acoro ing dalu puniko kito tutup kanthi waosan alhamdulillah, mekaten saking kawulo menawi wonten atur engkang kirang mranani dumateng penggaleh panjenengan sedoyo kulo nyuwun agungin pangapunten.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pembawa Acara Pernikahan

Seperti namanya, pembawa acara pernikahan dilakukan di acara pernikahan baik dengan cara adat maupun modern. Namun khusus untuk pernikahan dengan menggunakan adat Jawa bisa menggunakan pembawa acara bahasa jawa diatas.

Berikut contoh pembawa acara pernikahan :

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahi rabbil’alamin, wasshalatu wassalamu’alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa’ala aalihi wa ash-habihi ajmain, amma ba’du:

Yang kami muliakan para alim ulama yang senantiasa kami taati. Kepada yang terhormat bapak Rudi, bapak ibu hadirin dan hadirat para undangan yang kami hormati, wabil khusus kedua mempelai yang kini hatinya sedang berbunga-bunga karena berbahagia. Mengawali pertemuan resepsi pernikahan atau walimatul ‘ursy ini, sudah sepatutnya kita bersyukur kepada Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga pada saat ini, kita dalam keadaan sehat wal afiat, bisa berkumpul, menghadiri undangan bapak Rudi dalam acara resepsi pernikahan putranya bernama Erik dengan pasangan yang dicintainya bernama Ajeng.

Shalawat dan salam semoga kiranya tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Yang telah membawa kita keluar dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang yakni agama Islam.

Perlu saya sampaikan selaku pembawa acara, pada resepsi pernikahan ini yaitu yang pertama adalah pembukaan, yang kedua yaitu pembacaan ayat suci Al-Qur’an, yang ketiga yaitu penyerahan dari keluarga mempelai Putra, disambung dengan acara yang keempat penerimaan dari keluarga mempelai Putri, acara kelima yaitu siraman Flohafil atau nasehat pernikahan, dan yang terakhir yakni keenam adalah penutup.

Hadirin sekalian, demikianlah susunan acara resepsi pernikahan atau walimatul ursy pada sore hari ini.
Untuk mempersingkat waktu, marilah kita buka acara ini dengan bacaan Ummul Qur’an. Ila hadrotin nabbiyil musthofa sayyidina muhammadin saw. Alfatihah,

Melangkah pada acara yang kedua yaitu pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang akan dibacakan oleh ananda Abdu kepadanya dipersilahkan.

Kepada ananda Abdu kami sampaikan terima kasih, semoga pahalanya diberikan kepada pembaca khususnya kepada mempelai berdua, juga kita semua yang mendengarkannya.

Melangkah pada acara yang ketiga, yaitu sambutan penyerahan dari pihak keluarga mempelai putra kepada mempelai keluarga putri, yang akan disampaikan oleh yang terhormat bapak Santoso kepadanya dipersilahkan.

Demikian tadi sambutan penyerahan yang telah disampaikan oleh bapak Santoso, kepadanya kami sampaikan terima kasih. Tentulah kiranya mempelai putri dan keluarga dapat mengerti dan menerimanya dengan sepenuh hati dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Acara selanjutnya yakni penerimaan dari pihak mempelai putri, dalam hal ini akan disampaikan oleh yang terhormat bapak Rahmat kepadanya dipersilahkan.

Kepada Bapak Rahmat, kami sampaikan terima kasih, demikianlah tadi telah kita saksikan bersama acara serah terima dari kedua mempelai, marilah kita iringi do’a, semoga kedua mempelai mendapat limpahan rahmat dan berkah dari Allah SWT, sehingga dapat membina jalinan rumah tangga yang bahagia, amiin.

Sekarang sampailah kita pada acara yang kelima, yakni siraman rohani atau mauidhatul hasanah nasehat pernikahan yang akan disampaikan oleh Al-Mukarom Bapak Kyai Haji Ramdhan, kepada beliau dipersilahkan.

Kepada yang terhormat bapak Kyai Haji Ramdhan kami sampaikan banyak terima kasih. Hadirin para undangan sekalian yang berbahagia, demikianlah tadi mauidhatul hasanah, nasehat perkawinan yang telah disampaikan oleh bapak Kyai Haji Ramdhan semoga nasihat dan siraman rohani tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua, terlebih bagi mempelai berdua.

Para undangan sekalian yang berbahagia, Acara demi acara telah kita lalui bersama, kini tibalah kita pada puncak acara, yakni penutup atau pembacaan do’a yang akan dipimpin oleh yang terhormat Bapak Wiyadi. Namun sebelum do‘a dimulai, saya sebagai pembawa acara resepsi pernikahan ini memohon maaf yang sebesar-besarnya bila ada kurang dalam menjalankan tugas. Kepada yang terhormat bapak Wiyadi kami mohon untuk menutup acara ini dengan pembacaan do’a, kepada beliau kami persilahkan.

Baca Juga : Susunan Acara Pernikahan Adat Jawa dan Sunda

Pembawa Acara Ulang Tahun

Pada pembawa acara ulang tahun kali ini kami akan mengambil contoh acara ulang tahun remaja. Berikut contoh naskahnya :

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat sore teman-teman
Apa kabar semuanya?
Alhamdulillah kita bisa berkumpul dalam keadaan sehat wal afiyat pada sore ini.

Sebelumnya disini saya akan memperkenalkan diri terlebih dahulu. Nama saya Nurani, saya adalah pembawa acara yang bertugas untuk mengatur jalannya acara ulang tahun ini.

Baik saya akan menyampaikan susunan acara kepada teman-teman agar acara dapat berjalan dengan baik dan juga tertib.

Acara pertama yaitu pembukaan, acara kedua prosesi tiup lilin dan potong kue, acara ketiga yakni sambutan, acara keempat hiburan, acara terakhir yakni yang kelima adalah doa dan penutup.

Ya, langsung saja kita buka acara ini dengan bacaan basmalah bersama-sama.

Untuk acara selanjutnya langsung saja kepada yang bersangkutan Sasa beserta orang tua maju kedepan untuk memulai prosesi.

Seperti biasa prosesi yang pertama adalah tiup lilin kemudian dilanjutkan dengan pemotongan kue, dan mari kita semua menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk Naura.

Alhamdulillah ya, prosesi berjalan dengan lancar. Nah langsung saja kita ke acara selanjutnya yaitu sambutan dari orang tua Sasa, dan mungkin ada dari teman-teman yang ingin menyampaikan sesuatu bisa langsung maju kedepan.

Untuk orang tua dari Sasa saya persilahkan.

Dan setelah kita mendengarkan sambutan, mari kita nikmati hidangan yang telah disiapkan sambil kita menikmati hiburannya.

Baik teman-teman semua, akhirnya kita telah sampai diujung acara. Sebelum kita tutup acara ini mari kita berdoa bersama yang akan dipimpin oleh ustadz Adam. Kepada beliau saya persilahkan.

Ya alhamdulillah acara ini dapat berjalan dengan lancar, terima kasih atas partisipasi dan kehadiran teman-teman. Sasa dan keluarga sangat berterima kasih atas semua doa-doa dan semua hadiah yang teman-teman berikan.

Mohon maaf apabila ada kekurangan atau salah kata, sekian dari saya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga : Doa Penutup Acara Latin yang Lengkap Tapi Mudah Dihafal dan Dipahami

Pembawa Acara Perpisahan

Berikut contoh pembawa acara perpisahan sekolah :

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Yang terhormat Bapak Didin selaku kepala sekolah SMPN 1 Malang,
Yang kami hormati Bapak/Ibu guru dan staf karyawan SMPN 1 Malang, serta teman-teman ku semua yang saya cintai.

Pada kesempatan yang bahagia ini, marilah kita panjatkan Puji Syukur Kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-NYA kepada kita semua, sehingga kita dapat melaksanakan acara pelepasan siswa-siswi kelas IX SMPN 1 Malang tahun ajaran 2018/2019. Tak lupa shalawat serta salam kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW.

Hadirin yang berbahagia,
Agar acara hari ini berjalan dengan baik dan tertib, perkenankanlah saya Andini selaku pembawa acara, membacakan susunan acara sebagai berikut. Yang pertama adalah pembukaan, yang kedua sambutan oleh kepala sekolah SMPN 1 Malang. Acara ketiga penerimaan hadiah untuk siswa berprestasi, acara keempat hiburan dan PENSI siswa siswi SMPN 1 Malang, dan kelima adalah acara terakhir yakni doa dan penutup.

Agar acara berjalan lancar, marilah kita buka acara pada pagi hari ini dengan bacaan Basmallah.

Hadirin yang berbahagia,
Marilah kita ikuti acara yang kedua yaitu sambutan. Sambutan pertama akan disampaikan oleh kepala sekolah SMPN 1 Malang Bapak Didin, kepada beliau kami persilakan.

Terima kasih atas sambutannya, mudah-mudahan sambutan beliau dapat menjadi motivasi untuk kakak kelas IX agar lebih semangat mengejar cita-cita.

Hadirin, tak terasa sudah tiga jam kita lewati bersama. Berbagai rangkaian acara telah kita lalui, dan kini berakhir pula acara lepas kenang siswa-siswi kelas IX SMPN 1 Malang tahun ajaran 2018/2019.

Saya Andini selaku pembawa acara, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kepala Sekolah, Bapak/Ibu guru, staf karyawan, dan teman-teman semua.

Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak beserta sponsor yang telah membantu acara ini. Untuk itu jika selama penyelenggaraan acara ini masih ada kekurangan dan hal-hal yang kurang berkenan lainnya, kami mohon maaf.

Roda kehidupan selalu berputar, di setiap pertemuan pasti ada perpisahan.
Jayalah selalu SMPN 1 Malang. Teruslah maju meraih cita-cita.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Demikian artikel tentang contoh pembawa acara ini. Semoga dapat bermanfaat.

Sumber: WajibBaca.com

Loading...

Related posts

loading...