CEK FAKTA: Videonya Viral, Benarkah Pemuda Ini Terkena TikTok Syndrome?

  • Whatsapp
CEK FAKTA: Videonya Viral, Benarkah Pemuda Ini Terkena TikTok Syndrome?
Megaluh.com – Belum lama ini media sosial dihebohkan dengan kabar adanya seorang anak muda yang terserang TikTok syndrome. Pria tersebut tak bisa berhenti menggerakkan badannya seperti saat membuat video TikTok

Informasi ini beredar di media sosial lantaran sebuah video yang diunggah oleh beberapa akun, salah satunya akun bernama @kesarnst via Instagram. Dalam unggahannya itu, ia mengatakan jika video tersebut adalah komedi sarkas.

Read More

Kisah seorang remaja yang terkena TikTok syndrome. Komedi sarkas (awas konten sensitif),” tulis akun @kesarnst.

Namun, beberapa warganet justru menganggap video tersebut dibuat berdasarkan kisah nyata. Hal ini terbukti dengan adanya sebuah akun Facebook bernama Mozaik Karim yang mengunggah ulang video tersebut dengan narasi bahwa hal itu benar-benar terjadi.

Astagfirullah, remaja ini terkena TikTok syndrome. Nggak bisa kontrol gerakan badannya karena kebanyakan main TikTok,” tulis Mozaik Karim via Facebook.

Baca Juga:
Tak Sengaja, Remaja Tewas usai Tembak Diri Sendiri Saat Main TikTok

Unggahan warganet yang mengira TikTok syndrome benar-benar ada (Turnbackhoax.id/Facebook).

Lalu, manakah yang benar? Apakah anak muda yang ada di dalam video tersebut benar-benar mengidap TikTok syndrome?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id — jaringan Suara.com, ditemukan fakta bahwa video tersebut adalah video parodi sehingga isinya tidak benar-benar terjadi.

Baca Juga:
Asyik Goyang Tiktok, Penampilan WAGs Persib Ghea Youbi Bikin Pangling

Konten tersebut sengaja dibuat oleh @kesarnst sebagai sindiran kepada anak-anak muda yang terlampau sering menggunakan TikTok dan membuat video TikTok.

Sindrom tersebut tidak benar-benar ada namun cukup mirip dengan Tourette syndrome yakni sindrom yang mana pengidapnya tak dapat mengontrol gerakan tubuhnya sendiri. Penderita sindrom ini sering melakukan gerakan yang diulang-ulang dan mengeluarkan suara-suara yang sebenarnya tidak dia inginkan.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, maka dapat dipastikan bahwa video tersebut adalah konten parodi yang hanya berisi sindiran semata. Tidak ada TikTok syndrome seperti yang dimaksud oleh akun Facebook Mozaik Karim.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected]


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Komentar