Calon Presidennya Menang, Partai Sosialis Evo Morales Kembali Berjaya

  • Whatsapp
Calon Presidennya Menang, Partai Sosialis Evo Morales Kembali Berjaya 1
Megaluh.com – Kemenangan Luis Arce dalam pemilihan Presiden Bolivia membuat partai sosialis bentukan Evo Morales kembali berjaya.

Menyadur The Hindu, Jumat (23/10/2020) hasil awal pemilihan Presiden hari Minggu di Bolivia menunjukkan kemenangan bagi calon dari partai Gerakan Menuju Sosialisme (MAS), bentukan mantan presiden Evo Morales hampir setahun setelah ia digulingkan oleh pengunjuk rasa dan militer.

Read More

Meskipun hasil resmi belum diumumkan, menurut jajak pendapat dan penghitungan independen menyatakan Luis Arce mendapatkan 53% suara sedangkan lawannya yakni Carlos Mesa mendapatkan 29,5%.

Carlos Mesa, mantan Presiden antara tahun 2003 dan 2005, telah mengakui hasil tersebut. Ini adalah kemenangan bagi Morales, pemimpin adat pertama Bolivia dan bagi Arce.

Baca Juga:
Aguero Minta Lionel Messi Pukul Kapten Bolivia dan 4 Berita Bola Terkini

Morales meninggalkan Bolivia, pertama ke Meksiko dan kemudian ke Argentina, setelah para Jenderal memintanya untuk mundur pada November tahun 2019.

Luis Arce, presiden terpilih Bolivia dari partai bentukan Evo Morales.[Twitter]

Sejak itu, Jeanine Añez, Senator konservatif sayap kanan, menjadi Presiden sementara, menarik banyak Kebijakan Morales dan mengejar pendukungnya. Namun, partai MAS memobilisasi pendukungnya untuk melakukan gerakan perlawanan.

Arce berjanji kepada para pendukungnya bahwa jika terpilih, dia akan meneruskan warisan sosialis pro-kaum miskin dari Morales.

MAS juga menggambarkan Mesa sebagai perwakilan dari elit pra-Morales, dengan kebijakan pro-pasar yang memicu aksi protes sering terjadi.

Hasilnya menunjukkan bahwa para pemilih memilih stabilitas sosialis yang berorientasi pada ekuitas, yang ditawarkan MAS, daripada konservatisme pasar bebas dari pesaingnya.

Baca Juga:
Demi Nonton Lionel Messi Latihan, Orang-orang Ini Nekat Naik Genteng

Arce dapat mengambil pelajaran dari pencapaian dan kesalahan Morales, yang berjasa membalikkan keadaan ekonomi negara termiskin di Amerika Selatan.


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *