Biasakan Anak Tidur di Kamar Sendiri, Ini Manfaat yang Akan Ia Dapat

  • Whatsapp

Megaluh.com – Tak sedikit orangtua yang tak tega membiarkan anaknya tidur di kamar sendiri, terlebih saat usia anak masih balita. Alasannya beragam, mulai dari anak masih sering terbangun di malam hari, hingga anak takut tidur sendiri.

Read More

Loading...

Tapi, tahukah Anda bahwa sesungguhnya sangat penting bagi anak untuk bisa tertidur sendiri tanpa bantuan atau dampingan orangtua? Hal ini ditegaskan oleh Laurie Hollman, Ph.D., psikoanalis, ahli parenting, sekaligus penulis buku Unlocking Parental Intelligence: Finding Meaning in Your Child’s Behavior, seperti dikutip dari Huffpost.

Lalu, apa manfaat yang akan didapat anak dengan terbiasa tidur di kamar sendiri?

1. Anak akan mempelajari keterampilan baru, yaitu kemampuan untuk menenangkan dirinya sendiri di malam hari tanpa bantuan kedua orangtuanya.

2. Rasa percaya diri anak akan meningkat ketika mereka merasa bisa menjaga dirinya sendiri.

3. Anak menjadi lebih mandiri, karena mereka akan mulai membiasakan diri berpakaian sendiri di kamarnya, merapikan kamar tidurnya sendiri, dan mengatur barang-barangnya sendiri.

4. Melatih keberanian anak untuk tidur sendiri. Kemampuan ini sangat penting ketika anak sudah semakin besar dan ia akan mulai menginap di rumah sepupu atau nenek dan kakeknya tanpa orangtua.

5. Tidur anak menjadi lebih nyenyak karena minim gangguan, misalnya televisi, gadget, dan perangkat elektronik lainnya yang biasa ada di kamar orangtua.

Bagaimana, sudah siap membiarkan anak tidur di kamar sendiri?


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

loading...

Komentar