Berisiko Tularkan Corona Covid-19, Ini Cara Setop Kebiasaan Sentuh Wajah

  • Whatsapp
Berisiko Tularkan Corona Covid-19,  Ini Cara Setop Kebiasaan Sentuh Wajah
Megaluh.com – Sudah jadi rahasia umum jika penularan virus corona atau Covid-19 ditularkan melalui droplet atau percikan air liur yang terhirup lalu masuk ke saluran pernapasan.

Biasanya droplet ini terhirup karena tangan yang terkontaminasi virus lalu memegang wajah, hidung, mata dan mulut. Tapi apalah daya jika itu sudah jadi kebiasaan yang sulit diubah.

Read More

Pelindung wajah buatan CIMEDs Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Selasa (24/3/2020). [ist]

Tapi, ada cara yang bisa kamu ikuti untuk mengurangi kebiasaan berikut. Psikolog Klinis, Zachary Sikora, PsyD yang berpraktik di Nortwestern Medicine Huntley Hospital Illinois memberikan kiat agar kita berhenti menyentuh wajah selama pandemi Covid-19, seperti mengutip laman Healthline, Kamis (2/4/2020).

Salah satu caranya adalah dengan menulis dan menempelkan catatan kecil untuk berhati-hati dengan tangan. Notes ditempelkan di rumah dan di kantor atau di tempat yang mudah terlihat oleh Anda.

“Buat tanganmu sibuk, jika sedang di rumah dan menonton televisi, cobalah melipat cucian, menyortir surat, atau memegang sesuatu di tangan Anda,” kata Sikora.

Ia mengatakan mengengam atau menyediakan tisu di tangan juga bisa sangat membantu, selama itu bisa menjauhkan tangan dari wajah Anda.

Ia juga merekomendasikan menggunakan sabun beraroma untuk mengingatkan diri, agar tangan menjauh dari wajah, karena aroma akan menarik perhatian tentang posisi tangan Anda.

Adapun jika sedang rapat atau duduk di kelas, ia menyarankan untuk mengapit jari-jari Anda dan meletakkannya di pangkuan. Jika ada sarung tangan itu bisa jadi pengingat yang lebih efektif.

“Anda bisa menggunakan sarung tangan saat berada di tempat umum, yang kemungkinan ada permukaan benda yang terpapar virus, dan antisipasi Anda menyentuhnya,” jelas Sikora.

“Saat sampai tujuan, Anda bisa melepaskannya. Mungkin ini sangat sulit karena tidak terbiasa. Tapi memakai sarung tangan di rumah juga akan membantu Anda menghentikan kebiadaan menyentuh wajah,” tutupnya.


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Komentar