Benarkah Pasien Corona Covid-19 Tidak Menular Setelah 11 Hari Terinfeksi?

  • Whatsapp
Dekan FKUI Tak Sarankan Rapid Test Dijual Bebas, Mengapa?
Megaluh.com – Penelitian terbaru menemukan pasien virus corona Covid-19 tidak bisa menginfeksi orang lain setelah 11 hari sakit meskipun hasil tes medisnnya tetepa positif.

Para ilmuwan di Singapura menemukan bahwa orang dengan virus corona Covid-19 mampu menularkan virusnya sekitar 2 hari sebelum mengalami gejalanya.

Read More

Kemudian, pasien virus corona Covid-19 bisa menularkan bug selama 7 hingga 10 hari setelah mereka mulai merasakan kesakitan.

Tetapi, para ahli menemukan bahwa virus corona Covid-19 ini tidak bisa diisolasi atau dikultur setelah 11 hari.

Para ilmuwan dari Pusat Penyakit Menular Nasional Singapura dan Akademi Kedokteran telah mempelajari 73 orang yang menderita Covid-19.

ilustrasi pasein corona Covid-19 (Shutterstock)

Pasien virus corona Covid-19 yang masih menunjukkan gejala setelah 14 hari bisa mengalami penyakit pernapasan yang tidak bisa ditularkan ke orang lain.

“Berdasarkan pada akumulasi data sejak terjadinya pandemi Covid-19, periode infeksi pada individu yang bergejala bisa dimulai sekitar 2 hari sebelum timbulnya gejala dan bertahan selama 7 hingga 10 hari,” jelas para peneliti dikutip dari The Sun.

Harapannya, penelitian ini bisa membantu para dokter mencari tahu waktu yang tepat untuk memulangkan pasien virus corona Covid-19.

Sebelumnya, virus corona Covid-19 ini diduga pertama kali terjadi akibat penularan virus dari hewan ke manusia di Wuhan, China.

Sejak virus itu menyebar ke seluruh dunia dan menewaskan sekitar 344 orang serta menginfeksi lebih dari 5 juta orang di dunia,

Di Indonesia sendiri, virus corona Covid-19 ini telah menginfeksi lebih dari 20 ribu orang dengan jumlah kematian memcapai lebih dari 1.000 jiwa.


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Komentar