Beli Game PC di Steam Mulai Kena Pajak 10 Persen, Tapi Harganya Masih Sama

  • Whatsapp
Beli Game PC di Steam Mulai Kena Pajak 10 Persen, Tapi Harganya Masih Sama
Megaluh.com – Kini setiap pembelian game PC maupun produk digital lainnya di Steam bakal ditarik pajak 10 persen. Aturan ini mulai berlaku sejak 1 Juli 2020.

Pemberlakuan aturan pajak 10 persen ini bertepatan dengan gelaran Steam Summer Sale 2020 yang berlangsung dari 25 Juni hingga 10 Juli 2020.

Read More

Karena itu tak heran banyak yang langsung berbondong-bondong beli game PC saat awal Steam Summer Sale 2020 untuk berhemat.

Tidak hanya berhemat karena diskon game PC yang diberikan selama gelaran, namun untuk menghindari peraturan pajak 10 persen pada 1 Juli 2020.

Namun siapa sangka, pengenaan pajak 10 persen oleh pemerintah ini tidak berdampak besar pada harga game PC di Steam.

Baca Juga:
Tencent Pamerkan SYN, Game PC dan Konsol Bergaya Cyberpunk

Gaben dan Steam. (HiTekno.com)

Karena setelah pajak 10 persen diberlakukan, harga yang ditawarkan Steam tidak berubah. Harga tersebut telah terhitung bersama pajaknya yang akan ditarik pemerintah.

Tim HiTekno.com pun mencoba membuktikannya dengan membeli game PC di Steam. Yakni Penumbra Collectors Pack dengan harga Rp 8.999.

Harga asli paket game horor berisi Penumbra Overture dan Penumbra: Black Plague Gold Edition sebesar Rp 89.999 namun diskon jadi Rp 8.999.

Baca Juga:
Steam Summer Sale 2020, Ini 10 Game PC yang Menarik Tak Sekadar Murah

Ketika kami membelinya, Steam hanya menarik biaya Rp 8.999 saja. Dari rincian pembayaran, diketahui sudah termasuk pajak sebesar Rp 818.

Sebelum tanggal 1 Juli 2020, harga Penumbra Collectors Pack diketahui juga Rp 8.999 saja. Sehingga tidak ada perubahan harga meski sudah dikenai pajak 10 persen.

Game PC kena pajak 10 persen. (HiTekno.com)
Game PC kena pajak 10 persen. (HiTekno.com)

Dengan kata lain, pajak 10 persen yang ditarik pemerintah untuk pembelian game PC di Steam tidak akan membebani pembeli.

Berapa harga game PC yang ditawarkan Steam, di sana sudah termasuk pajak 10 persen yang akan mengalir ke kas negara.

Sehingga sekarang tidak perlu khawatir pajak 10 persen dari pemerintah akan membuat harga game PC jadi lebih mahal.

Karena pajak yang diberlakukan Steam bersifat inclusive, alias harga game PC yang ditawarkan sudah termasuk pajak di dalamnya. [HiTekno.com]


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Komentar