Bank Mana Saja yang Memberlakukan DP 0% untuk Kredit Mobil? Yuk Simak Ulasannya

  • Whatsapp
Bank Mana Saja yang Memberlakukan DP 0% untuk Kredit Mobil? Yuk Simak Ulasannya
Megaluh.com – Kebijakan pelonggaran rasio loan to value (LTV) dan Financing to Value (FTV) yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI) untuk transaksi kredit kendaraan bermotor dan kredit propeti menjadi 100%. Hal ini memiliki pengertian jika pengajuan kredit bisa dilakukan tanpa uang muka seperser pun alias DP 0%.

Namun Anda perlu mencatatan hal ini sebelum mengajukan kredit, karena BI menyebut tidak semua bank bisa memberi kredit dengan DP 0%. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh bank pemberi kredit. Misalnya nih, bank yang memberikan pembiayaan harus mempunyai rasio kredit bermasalah atau non perfoming loan di bawah 5%. Jadi tidak sembarangan bank bisa memberikan ini.

Read More

Makanya untuk itu, Anda perlu berhati-hati dan mengecek benarkah bank ini bisa memberikan kredit dengan DP 0% atau tidak? Jika Anda masih kebingungan. Berikut ini rangkuman bank mana saja yang memberikan kredit dengan DP 0%

Baca Juga: Khusus Buat Kamu Begini Cara Aktifin Paket Telkomsel 6 Gb hanya 12 Ribu

Dilansir dari detik.com, berikut ini bank-bank tersebut:

PT Bank Central Asia Tbk, mencatatkan NPL 1,8% pada 2020.

PT Bank Mandiri Tbk, mencatatkan NPL 3,09% pada 2020.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) sebesar 3,12% pada 2020.

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) sebesar 4,24%.

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) sebesar 4,3%.

Gubernur BI Perri Warjiyo menjelaskan relaksasi itu dilakukan dengan menjunjung tinggi prinsip kehati-hatian. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tidak semua bank dan perusahaan pembiayaan dapat memberikan keringanan itu karena sudah diberi persyaratan yang berlaku.

Baca Juga: Ini Kata Dealer Soal DP 0% untuk Kredit Mobil

“Kami jelaskan pelonggaran ketentuan uang muka kredit bermotor dan Loan to Value/Financing to Value (LTV/FTV) pembiayaan properti dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko,” ucapnya.

Perry menjelaskan hanya bank dan perusahaan pembiayaan yang memiliki rasio kredit bermasalah (NPL) dan rasio pembiayaan bermasalah (NPF) di bawah 5% yang bisa menyalurkan keringanan tersebut.

Baca Juga: Pengunggah Video Desa Miliarder yang Memborong Mobil Berjamaah Malah Tidak Ikut Membeli Mobil, Ini Alasannya

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *