Bahaya, Kapal Tanker di Lepas Pantai Arab Saudi Diguncang Ledakan, Siapa Pelakunya?

  • Whatsapp
Bahaya, Kapal Tanker di Lepas Pantai Arab Saudi Diguncang Ledakan, Siapa Pelakunya?
IDTODAY NEWS – Sebuah Ledakan yang disebut berasal dari ‘sumber eksternal’ menimpa kapal tanker minyak di lepas pantai kota pelabuhan Jeddah, Arab Saudi, pada Senin (14/12) pagi.

Sebuah kapal tanker bernama BW Rhine yang berbendera Singapura yang menjadi “sasaran” ledakan tersebut. Disebutkan pemilik kapal, BW Group, dalam pernyataannya bahwa seluruh 22 pelaut yang ada di atas kapal tanker itu tidak mengalami luka-luka dan berhasil selamat. Seperti dilansir Associated Press dan AFP, Senin (14/12/2020).

Read More

Terkait ledakan tersebut, pihak BW Group memperingatkan bahwa ada potensi kebocoran minyak dalam insiden ini.

Sementara itu, perusahaan perkapalan, Hafnia, dalam pernyataannya menegaskan bahwa ledakan tersebut berasal dari luar. Sayangnya, mereka tidak menjelaskan lebih lanjut soal ‘sumber eksternal’ yang dimaksud.

“BW Rhine telah dihantam dari sumber eksternal saat berlayar di Jeddah… yang memicu sebuah ledakan dan kebakaran di atas kapal,” sebagaimana dikutip dari Detik.com (14/12).

Otoritas Saudi belum memberikan pernyataan terkait ledakan yang terjadi di pelabuhan penting dan pusat distribusi untuk perdagangan minyak itu. Namun, insiden itu terjadi setelah bulan lalu, sebuah kapal tanker lainnya diguncang ledakan ranjau laut. Saudi menyalahkan pemberontak Houthi di Yaman atas insiden itu.

Demikian juga dengan pernyataan Perusahaan intelijen maritim, Dryad Global. Akan tetapi, ,, vvv Bplmereka juga tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai penyebab ledakan tersebut.

Sedangkan Operasi Perdagangan Laut Inggris Raya — organisasi di bawah Angkatan Laut Inggris — mendorong kapal-kapal yang melintasi area tersebut untuk ekstra berhati-hati dan menyatakan penyelidikan tengah berlangsung.[detik/brz/nu]

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *