Arti Abu Vulkanik Warna Hitam Gunung Raung

  • Whatsapp
Arti Abu Vulkanik Warna Hitam Gunung Raung
Megaluh.com – Gunung Raung yang berada di tiga kabupaten di Jawa Timur, yakni Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember, baru-baru ini bereaksi dan memuntahkan material vulkanis ke wilayah di sekitarnya.

Salah satu material itu berupa abu vulkanis yang mengudara cukup luas, hingga ke daratan Bali, akibat diterbangkan oleh angin. Jika umumnya abu vulkanis gunung berapi berwarna abu-abu atau keputihan, salah seorang pengguna Twitter memposting gambar abu vulkanik berwarna hitam.

Read More

Ia menuturkan abu berwarna hitam itu berasal dari Gunung Raung. Postingan itu dibuat oleh akun Twitter @JeyKeyzzz pada Rabu (10/2/2021). Menurut penjelasan yang ditulisnya, abu vulkanik gunung raung yang mengguyur rumahnya dengan warna hitam seperti pasir pantai.

Baca Juga: Angkat Besi yang Memakai Jilbab Pertama Kali

Penjelasan PVMBG

Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Nia Haerani, menyetujui bahwa warna abu vulkanik tidak hanya abu-abu. Abu vulkanis bisa juga memiliki warna lebih gelap atau terang.   “Tidak selalu abu-abu, bisa hitam, bisa lebih terang, abu putih,” kata Nia saat dihubungi Kompas.com, Rabu (10/2/2021).

Ia memberi keterangan, ada perbedaan kandungan mineral yang pada akhirnya menciptakan warna abu vulkanik berbeda-beda. “Warna lebih gelap artinya komposisi lebih basa, kandungan silikanya sedikit. Warna lebih terang komposisi lebih asam,” jelas dia.

Baca Juga: Tidak Perlu Menunggu Lama, Siapkan Nomor KTP untuk Mengecek BLT UMKM

Perbedaan warna abu tersebut juga bisa bersangkutan dengan komposisi batuan atau magma yang berada di dalam tubuh sebuah gunung berapi. Lebih jauh, komposisi dan warna abu itu, kata Nia, menunjukkan kekuatan erupsi yang dihasilkan.

“Komposisi basa atau warna abu gelap artinya kandungan gas pada magma relatif rendah, implikasinya pada intensitas atau kekuatan erupsi yang tidak besar,” ujar Nia. “Sebaliknya, untuk magma komposisi asam (abu berwarna abu-abu atau yang lebih terang), intensitas erupsi bisa besar,” kata dia.

Baca Juga: Jadwal Pembukaan CPNS 2021 Segera Hadir Lo, Sudah Siap Belum?

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *