Anak Alergi Susu Sapi, Ini Tips Jaga Kesehatannya di Masa New Normal

  • Whatsapp
Tanda Anak Alergi Susu Sapi, Punya Tinggi dan Berat Badan yang Lebih Rendah
Megaluh.com – Alergi adalah suatu respon sistem imun yang tidak normal dan berlebihan dalam hal mengenali bahan yang sebenarnya tidak berbahaya bagi orang lain atau alergen.

Alergen merupakan bahan pencetus alergi yang bisa berupa makanan (susu sapi, makanan laut, dan kacang tanah) atau bahan yang terhirup (tungau debu rumah, serbuk sari tanaman, dan jamur).

Read More

Salah satu alergi yang sering terjadi pada anak-anak adalah alergi susu sapi. Ada dua protein dalam susu sapi yakni kasein dan whey yang menjadi penyebabnya.

Selama transisi new normal di tengah pandemi virus corona ini, tentu mengendalikan anak yang memiliki alergi susu sapi menjadi tantangan tersendiri.

Maka dari itu, simak tips dari Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA(k), M.Kes, Konsultan Alergi dan Imunologi Anak berikut ini:

Baca Juga:
Jenis Susu Formula Ini Bisa Diberikan Kepada Anak yang Alergi Susu Sapi

1. Tetap berikan imunisasi

Anak dengan alergi susu sapi tetap harus diberikan imunisasi dan jangan ditunda, Karena nanti ditakutkan akan timbul penyakit atau wabah penyakit lain yang bisa diimunisasi setelah pandemi corona.

2. Pantau tumbuh kembang anak

Baca Juga:
Ketahui Gejala Fisik Pada Anak yang Alergi Susu Sapi

Selama new normal, pemantauan tumbuh kembang anak harus sesuai dengan Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang yang kita kenal sebagai SDIDTK.

Ilustrasi gizi seimbang. [shutterstock]

3. Jaga asupan nutrisi seimbang

Tetap menjaga kesehatan dengan nutrisi yang lengkap dan seimbang, perbanyak makan buah dan sayuran serta aktivitas fisik yang sesuai.

4. Patuhi protokol kesehatan

Ajari anak untuk mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker, dan menghindari kerumunan dan keramaian.

“Karena sudah dibilang adaptasi baru, banyak orangtua yang mengajak si kecil ke mal, ke tempat keramaian, ini mohon untuk dihindari,” kata dr Budi dalam Webinar “Pekan Tanggap Alergi Generasi Maju: Tanggap Alergi di masa Pandemi untuk Generasi Maju”, Senin (29/6/2020).

5. Berjemur

Selama new normal dan seterusnya, si kecil harus berjemur di depan rumah. Jangan biarkan anak terus berada di rumah, setiap pagi ajak anak berjemur di halaman rumah sekitar 10-15 menit untuk mengoptimalkan asupan vitamin D yang sangat penting pada masa pandemi, terutama anak anak dengan alergi susu sapi, dan dapat meningkatkan sistem imun tubuh


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Komentar