Agar Bisa Donor Darah, Ini Tips Jaga Kualitas Darah Saat Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
Asyik! Penduduk Padang yang Rajin Donor Darah Bisa Dapat Hadiah Umrah
Megaluh.com – Puasa Ramadan akan datang tak lama lagi. Menjelang bulan puasa tentu saja kita harus menjaga kesehatan lebih ekstra, terutama di tengah wabah virus corona Covid-19 seperti ini.

Kesehatan tubuh yang terjaga tentu akan membuat kualitas darah juga membaik. Terlebih jika Anda berniat untuk mendonorkan darah atau memiliki jatuh tempo donor darah pada bulan puasa nanti.

Read More

Oleh karena itu menjaga kesehatan harus diprioritaskan sejak sekarang.

Kepala Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, dr. Salimar Salim, MARS mengimbau pada pendonor darah sukarela yang sudah rutin mendonasikan untuk terus menjaga kesehatan tubuhnya. Sehingga apabila datang jatuh tempo donor darah sudah siap dan darahnya berkualitas baik.

Lalu bagaimana menjaga kesehatan di tengah physical distancing seperti ini? Menurut Salimar, hal yang paling penting dilakukan adalah perbanyak minum air.

Tindakan Pencegahan Penularan Covid-19 pada Palayanan Donor Darah

Selanjutnya, menjaga kondisi tubuh juga bisa dilakukan dengan tetap berolahraga dan makan-makanan yang seimbang dan bergizi.

“Jangan sampai kebanyakan tidur di rumah. Walaupun sering di depan komputer tetap berolahraga. Kalau keluar jangan lupa cuci tangan dan pakai masker,” katanya saat dihubungi Suara.com, Rabu (1/4/2020).

Apabila Anda tertarik untuk mendonorkan darah dan belum pernah donor darah, maka yang perlu dicatat adalah mempersiapkan tubuh yang sehat serta tak lupa melakukan olahraga dan makan sehat.

Salimar mempersilakan siapapun dengan syarat tersebut untuk datang donor ke PMI. Atau jika ingin melakukannya dengan didatangi PMI, mungkin bisa dikoordinir dengan ketua RT atau RW setempat untuk mengadakan donor darah.

“Walau sepuluh orang tetap kita datangin,” kata Salimar.

Penurunan jumlah pasokan stok darah sebanyak 70 persen dialami oleh Palang Merah Indonesia (PMI) sejak datangnya pandemi virus corona.

Hal ini berimbas pada jumlah kantong yang diterima setiap harinya. Salimar menyatakan di hari-hari biasa bisa mendapatkan 1000 kantong, kini hanya bisa mendapatkan sekitar 300-400 kantong saja.

Nah, Anda yang ingin berbuat untuk sesama melalui donor darah bisa mengisi formulir dengan klik di sini. Setetes darah Anda sangat bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan. Apalagi saat ini PMI sangat kekurangan pasokan stok darah. Yuk donor darah! 


Sumber: Suara.com

Loading...

Related posts

Komentar