7 Tips Ampuh Mengatasi Kulit Wajah Kering, Iritasi, Berjerawat, dan Sensitif

  • Whatsapp
logo

Ilustrasi kulit wajah kering – Image from id.pinterest.com

Read More

Loading...

Tips Mudah Mengatasi Kulit Wajah Kering, Iritasi, Berjerawat, dan Sensitif Atasi kulit wajah kering dengan bahan-bahan berikut ini.

Kulit wajah yang kering emang bikin nggak pede, karena wajah jadi terlihat lebih kusam dan tidak bercahaya. 

Lalu bagaimana sih cara mengatasi kulit wajah kering itu? Simak penjelasannya dalam 7 cara mengatasi kulit wajah kering berikut ini.

Tips Ampuh Mengatasi Kulit Wajah Kering

Kulit wajah kering adalah kondisi umum pada kulit yang terjadi akibat kekurangan cairan pada lapisan paling luar kulit. 

Selain wajah, bagian tubuh yang terbuka seperti lengan, tangan, dan kaki merupakan daerah yang paling rentan mengalami gangguan ini. Kulit kering atau dalam dunia medis disebut xerosis, dapat dialami siapa saja tanpa memandang jenis kelamin.

Adapun tanda bahwa kulit mengalami kekeringan adalah permukaan kulit terasa kasar, mengelupas, pecah-pecah bahkan terasa gatal.

Kulit wajah kering dikasih apa, ya? Jangan khawatir, berikut 7 bahan alami yang bisa membantu mengatasi kulit wajah kering dan bersisik.

1. Menggunakan pelembab alami

7 Tips Ampuh Mengatasi Kulit Wajah Kering, Iritasi, Berjerawat, dan Sensitif

Ilustrasi mengatasi kulit wajah kering dengan madu – Image from id.pinterest.com

Cara mengatasi kulit wajah kering dan kasar yang pertama adalah dengan menggunakan pelembab alami. Alih-alih menggunakan produk kosmetik, kamu bisa menggunakan bubuk almond, minyak argan, dan madu sebagai pelembab sehari-hari kamu.

Kamu harus memastikan untuk mencampur bubuk almond hingga halus guna menghilangkan bagian bergeriginya yang bisa saja menggores permukaan kulit.

Hal yang nggak kalah penting adalah, jangan menggunakan pelembab ketika kulit dalam keadaan yang kering. Pasalnya, produk pelembab akan bermanfaat dengan maksimal ketika digunakan saat kulit dalam keadaan lembab atau sesaat setelah mandi.

2. Gunakan petroleum jelly

7 Tips Ampuh Mengatasi Kulit Wajah Kering, Iritasi, Berjerawat, dan Sensitif

Ilustrasi mengatasi kulit wajah kering dengan petroleum jelly – Image from id.pinterest.com

Petroleum jelly bekerja dengan baik untuk mengunci kelembaban wajah sekaligus membantu meringankan kulit wajah kering bersisik. Jika kamu tidak rajin melembabkan kulit, maka kulit akan bekerja ekstra untuk memproduksi lebih banyak minyak demi menjaga kulit agar tidak semakin mengering.

Nah, penggunaan petroleum jelly sendiri bertindak sebagai humektan yang menarik dan menyegel kelembaban ke dalam kulit. Meskipun tekstur petroleum jelly mungkin tampak kental dan terkesan bisa menutupi pori, sebenarnya molekul jeli ini terlalu besar untuk bisa merasuk ke dalam kulit.

Selain mengoleskan petroleum jelly pada kulit yang kering, kamu juga bisa menggunakan minyak organik seperti minyak zaitun, minyak almond, atau minyak kelapa yang cenderung lebih baik untuk mengunci kelembaban ke dalam kulit dibandingkan berbagai krim pelembab yang tersedia di pasaran.

3. Lidah buaya

7 Tips Ampuh Mengatasi Kulit Wajah Kering, Iritasi, Berjerawat, dan Sensitif

Ilustrasi mengatasi kulit wajah kering dengan aloe – Image from id.pinterest.com

Aloe vera atau lidah buaya memiliki kandungan antiseptik, antifungal, dan sensasi sejuk. Selain itu, gel lidah buaya juga dapat membantu mengatasi kulit wajah kering, gatal, dan iritasi sekaligus mencegah kulit pecah-pecah.

Ingat ya, sebaiknya gunakanlah gel lidah buaya asli untuk treatment alami harian yang akan melembabkan kulit serta membuat lapisan perlindungan alami kulit dari kotoran.
Begini cara menggunakan lidah buaya untuk treatment kulit wajah kering dan gatal:

  • Potong lidah buaya segar, belah dan keluarkan gelnya.
  • Oleskan gel ke kulit kering dan gatal.
  • Biarkan selama 10 hingga 15 menit.
  • Bilas dengan air hangat.
  • Untuk hasil yang maksimal, lakukan treatment ini 2 kali sehari.

4. Eksfoliasi

7 Tips Ampuh Mengatasi Kulit Wajah Kering, Iritasi, Berjerawat, dan Sensitif

Ilustrasi mengatasi kulit wajah kering dengan scrub madu gula – Image from id.pinterest.com

Secara alami, kulit kamu akan melakukan pergantian sel-sel kulit mati dan memperbaruinya setiap satu bulan sekali. So, ketika sel kulit mati tersebut menempel di permukaan kulit, maka kulit wajah akan terlihat kering dan mengelupas.

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati. Cara yang paling sederhana yaitu dengan menggunakan produk scrub wajah. Namun, kamu juga bisa loh membuat scrub untuk eksfoliasi dari bahan alami, salah satunya yaitu campuran gula dan madu.

Madu berfungsi untuk melembabkan kulitmu, sedangkan butiran gula pasir berguna untuk mengelupas sel-sel kulit mati. Begini cara membuat scrub gula dan madu untuk mengatasi kulit wajah kering mengelupas:

  • Campurkan 1 sdm madu dengan 1 sdt gula pasir halus. 
  • Aduk hingga merata.
  • Gosokkan pada wajah dengan gerakan melingkar. 
  • Ingat, jangan menggosok dengan gerakan yang terlalu keras, ya! 
  • Bilas wajahmu dengan air hingga bersih.
  • Untuk hasil yang optimal, gunakan scrub madu dan gula ini 2 minggu sekali saja.

5. Air mawar

7 Tips Ampuh Mengatasi Kulit Wajah Kering, Iritasi, Berjerawat, dan Sensitif

Ilustrasi mengatasi kulit wajah kering dengan air mawar – Image from id.pinterest.com

Kamu memiliki kulit wajah kering dan perih? Tenang saja, kamu bisa menggunakan bahan alami yang murah meriah dan minim efek samping yaitu air mawar.

Yap, setelah beraktivitas seharian, kamu nggak boleh melewatkan rutinitas membersihkan sisa makeup menggunakan toner dan mencuci wajah dengan sabun yang sesuai.

Hanya saja buat kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif, kamu nggak bisa menggunakan sembarang toner. Pasalnya, ketika kamu tidak memastikan bahwa toner yang kamu pakai itu bebas dari kandungan alkohol dan pewangi buatan, maka kulit wajah kamu akan menjadi merah dan perih.

Nah, sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan air mawar untuk membersihkan wajahmu. Selain memiliki wangi yang alami, air mawar juga berfungsi untuk mengembalikan kekenyalan kulit, refreshing, hingga mencerahkan wajah secara efektif. Dan pastinya, toner air mawar ini aman bagi kulit sensitifmu.

Baca Juga :
1. 8 Cara Menghilangkan Daki 100% Ampuh Kembali Bersih
2. 12 Cara Meniruskan Pipi Secara Alami Dalam Waktu 1 Minggu
3. 7 Cara Menghilangkan Flek Hitam Dalam 1 Jam Dengan Bahan Alami

6. Perhatikan asupan gizi

7 Tips Ampuh Mengatasi Kulit Wajah Kering, Iritasi, Berjerawat, dan Sensitif

Ilustrasi mengatasi kulit wajah kering dengan asupan gizi – Image from id.pinterest.com

Asupan gizi yang lengkap dan seimbang tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat, namun juga membuat kulit wajahmu ternutrisi. Oleh karena itu, kamu wajib mengkonsumsi makanan yang sehat untuk mendapatkan kulit yang mulus bening sekaligus untuk mencegah kulit wajah kering saat hamil.

Kamu wajib mengkonsumsi Vitamin E yang baik untuk kulit, vitamin E sendiri bisa didapatkan dari sayur dan buah-buahan, seperti kacang-kacangan, zaitun, dan juga alpukat.

Selain itu, jangan lupa minum air putih agar kulit terhidrasi, Bumil disarankan untuk mengkonsumsi air putih minimal 2 liter atau 8 hingga 12 gelas setiap harinya.

7. Gunakan obat jerawat untuk kulit kering, dan biarkan beradaptasi

7 Tips Ampuh Mengatasi Kulit Wajah Kering, Iritasi, Berjerawat, dan Sensitif

Ilustrasi mengatasi kulit wajah kering dan berjerawat – Image from id.pinterest.com

Siapa yang punya masalah kulit wajah kering dan berjerawat? Girls, pada dasarnya obat jerawat memang akan membuat kulit wajahmu menjadi kering. Tapi kamu memang harus membiarkan obat jerawat tersebut meresap dan mengerjakan fungsinya.

Namun jika kamu masih mengalami kulit kering dan iritasi selama pemakaian obat jerawat, sebaiknya jangan gunakan obat jerawat tersebut setiap hari.

Kamu bisa menggunakannya tiap dua hari sekali atau tiap tiga hari sekali. Jika ternyata efek yang dirasakan masih terlalu menyakitkan, kamu dapat mengoleskan obat wajah selama 20-30 menit kemudian bilas dengan air. Jangan lupa, berikan waktu pada kulit wajah kamu untuk beradaptasi.

Jika keadaan kulit telah membaik, lanjutkan pemakaian obat jerawat pada kulit kering. Tapi ingat ya, sebelum memilih obat jerawat, kamu harus memastikan tidak ada komposisi yang membuat kamu alergi.

Itulah 7 tips mudah mengatasi masalah kulit wajah kering, iritasi, berjerawat, dan sensitif ini. Semoga bermanfaat ya, girls!

Sumber: WajibBaca.com

Loading...

Related posts

loading...

Komentar